Thursday, March 28, 2024
Bitcoin Blockchain Cryptocurrency Techno Info

Mengenal Bitcoin dan Cryptocurrency

bitcoin

“Mengenal Bitcoin dan Cryptocurrency”

Pengantar

Pada tahun 2021 Bitcoin semakin di kenal di kalangan masyarakat umum , perkembangannya sangatlah cepat sehingga semua orang banyak yang sudah menggunakan bitcoin ini sebagai investasi .

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah sebuah aset digital yang lahir pada tahun 2009. Kemunculannya berawal dari klaim seorang pengembang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto, yang menyatakan bahwa ia telah berhasil menciptakan mata uang yang terdesentralisasi dan tanpa perantara. Bitcoin sendiri berada di atas teknologi blockchain (distributed ledger).

Metode pembayaran bitcoin yang terdesentralisasi membuat tidak ada satupun entitas resmi yang mengendalikannya, sehingga memungkinkan kamu untuk menerima pembayaran mata uang digital dari siapa pun di seluruh dunia. Bitcoin sendiri juga memiliki karakter borderless dan dapat dikonversi menjadi hampir semua mata uang lokal di seluruh dunia berdasarkan permintaan.

Bitcoin memiliki harga yang sangat volatil dan dapat mengalami perubahan harga dalam hitungan menit. Banyak orang percaya Bitcoin adalah emas digital baru. Nilai Bitcoin telah meningkat 2300% antara Januari 2015 dan Januari 2020.

Apa itu cryptocurrency?

Cryptocurrency (biasa disingkat menjadi crypto saja) adalah aset mata uang digital yang diamankan menggunakan metode cryptography diatas open database yang disebut blockchain.

Terdapat 2 jenis crypto, yaitu coin dan tokenCoin adalah cryptocurrency yang berdiri diatas blockchain-nya sendiri dengan contoh bitcoin dan ethereum, sedangkan token adalah cryptocurrency yang “menumpang” diatas blockchain dari native aset lain, contohnya IDRT dan USDT yang menumpang pada blockchain Ethereum.

Kegunaan crypto yang paling populer saat ini:

Instrumen Investasi (Trading)
Volatilitas (ketidak-stabilan nilai) aset crypto dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai instrumen investasi jangka panjang. Nilai bitcoin sendiri telah melonjak sebesar 3000 % dari tahun 2015 – 2020. Selain itu, crypto dapat pula digunakan sebagai hedge atau save haven (aset dengan resiko lebih rendah dibandingkan instrumen lainnya) layaknya emas untuk menghadapi deflasi mata uang yang tinggi karena resesi.

Ilustrasi investasi:
Jika Anggita membeli dan hold Bitcoin di tahun 2010 senilai 100,000 Rupiah, saat ini nilai investasi Anggita sudah mencapai 1,7 Milyar Rupiah!

Contoh lainnya, jika kamu mulai membeli bitcoin di bulan maret 2019 kamu akan mendapat ROI 40% Year on Year pada Maret 2020, dengan kata lain, jika kamu membeli bitcoin senilai 1.000.000 Rupiah pada bulan maret 2019, maka saat ini (maret 2020) nilai dari bitcoinmu sudah senilai 1.400.000 Rupiah!

Value Transfer
Crypto memungkinkan kamu untuk mengirim value/uang secara cepat, kemana saja, dan kapan saja. Kelebihan crypto dibandingkan legacy system/banking (sistem keuangan perbankan saat ini), kamu dapat mengirim uang ke teman atau relasi yang berada di negara berbeda secara 24/7 dan akan sampai dalam hitungan menit!
Ditambah lagi, transaksi crypto bersifat transparan dan dapat diverifikasi secara real-time dikarenakan seluruh transaksi akan tercatat pada blockchain sehingga mudah di telusuri oleh siapa saja melalui blockchain explorer.

Meskipun transaksi dapat dilakukan dengan cepat, ada masalah volatilitas harga yang membuat nilai crypto dapat berubah dengan cepat. Untungnya, dengan Pintu, Kamu dapat mengirim aset crypto dengan nilai yang lebih stabil seperti Rupiah Token (IDRT) dan Tether (USDT) yang merupakan stablecoin.

Baca Juga :  5 Jenis Aset Kripto yang Populer 2021

Ilustrasi value transfer:
Hendra harus membeli barang dagangan pada supplier yang berada di Tiongkok dan barang tersebut terbatas sehingga Hendra harus melakukan transaksi secepatnya. Dengan crypto, Hendra dapat mengirim USDT yang telah dibeli di Pintu ke wallet supplier tersebut dan dana tersebut akan langsung diterima oleh sang supplier dalam hitungan menit sehingga transaksi dapat diselesaikan dengan cepat. Selain itu, status transaksi tersebut dapat dilacak oleh kedua belah pihak di blockchain explorer sehingga lebih transparan.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Mengenal Bitcoin dan Cryptocurrency. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 110 times, 1 visits today)

Similar Posts