Friday, March 29, 2024
Mikrotik

Cara Install dan Seting User Manager Mikrotik

manager

“Cara Install dan Seting User Manager Mikrotik”

Pengantar

User Manager di Mikrotik sangat berguna untuk menegemen user di Mikrotik, misalnya user pada hotspot. Dengan User Manager kita dapat menambahkan, mengatur, dan memantau user dengan mudah. User Manager adalah suatu aplikasi manajemen sistem di dalam mikrotik yang juga berfungsi sebagai radius server yang dapat digunakan untuk :

  •  HotSpot users,
  •  PPP (PPtP/PPPoE) users,
  •  DHCP users,
  •  Wireless users,
  •  RouterOS users.
  • dll

Cara Install dan Seting User Manager Mikrotik

Cek apakah paket User Manager sudah terinstall di Mikrotik. Buka Winbox, masuk menu System –> Packages Jika belum ada user-manager pada daftar packages berarti user manager belum terinstall

Anda juga bisa mengecek dengan mengakses user manager langsung dari browser. Buka browser akses http://ipaddressmikrotik/userman, misalnya : http://192.168.10.5/userman Jika fitur User Manager belum terinstall maka akan muncul pesan Error code 404 Not Found.

Selanjutnya silakan anda masuk ke halaman mikrotik.com/download. Pilih jenis RouterBoard Mikrotik anda –>  Pilih versi RouterOS Mikrotik anda –> download All packages. Misalnya seperti gambar berikut:

Extract file hasil download –> copy file user-manager.npk

Buka menu Files pada Winbox Mikrotik –> klik menu paste –> pastikan paket user manager sudah muncul di daftar files dan ter-upload di root direktori, bukan di sub direktori.

Reboot (restart) Mikrotik untuk menginstall paket user manager secara otomatis.
Silakan cek lagi di menu System –> Packages apakah paket user manager sudah terinstall apa belum.

Baca Juga :  Cara Memblokir Pencarian Winbox Mikrotik

Jika sudah muncul di daftar packages, coba akses user manager nya di browser seperti sebelumnya. Buka browser, akses http://ipmikrotik/userman, misal : http://192.168.10.5/userman Harusnya akan muncul halaman login User Manager Mikrotik. 

Sumber : https://mikrotikindo.blogspot.com/2013/03/cara-install-dan-seting-user-manager.html

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Install dan Seting User Manager Mikrotik . Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 833 times, 1 visits today)

Similar Posts