Saturday, May 28, 2022
Load Balancer Mikrotik

Load Balance / Load Balancing Mikrotik

balance

Load Balance / Load Balancing Mikrotik

Pengantar

Load Balance atau Load Balancing adalah sebuah teknik atau metode untuk membagi beban ke dalam beberapa jalur (link) sehingga penggunaan jalur (link) menjadi lebih baik. Load balance digunakan supaya tidak ada link yang mendapatkan beban lebih besar dari link lainnya, sehingga akan tercipta keseimbangan (balance) pada penggunaan link tersebut. Penggunaan load balance dapat dilakukan bersadarkan basis koneksi maupun paket nya.

Topology Load Balance

Load balance yang sering diterapkan dan dijumpai yaitu penerapan load balance pada jaringan lokal yang mempunyai dua koneksi internet atau lebih baik dari ISP yang sama maupun berbeda. Selain itu teknik load balance juga sering digunakan pada jaringan lokal antar router yang memiliki dua atau lebih jalur yang bisa dilalui.

Teknik Load balance pada Mikrotik dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode seperti Firewall Marking, ECMP (Equal Cost Multi-Path), PCC (Per Connection Classifier), Nth, Bonding, OSPF, BGP, dsb. Untuk lebih jelas nya tentang metode Load balancing pada Mikrotik silakan kunjungi halaman ini :
http://wiki.mikrotik.com/wiki/Load_Balancing

Sumber : https://mikrotikindo.blogspot.com/2013/08/load-balance-load-balancing-mikrotik.html

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Load Balance / Load Balancing Mikrotik . Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 24 times, 1 visits today)
Klik untuk berbagi dengan orang lain
Baca Juga :  Membangun Tunnel dengan IPIP di Mikrotik

Similar Posts