Tuesday, October 3, 2023
Linux Pi-Hole Ubuntu

Install Pi-Hole di Ubuntu 22.04

22.04

“Install Pi-Hole di Ubuntu 22.04”

Pengantar

Pi-hole adalah sebuah perangkat lunak open-source yang berfungsi sebagai DNS sinkhole atau blackhole yang dapat menghentikan akses ke situs web yang tidak diinginkan pada jaringan yang terhubung ke perangkat yang menjalankan Pi-hole. Pi-hole berjalan pada Raspberry Pi atau perangkat lunak yang serupa dan mengalihkan permintaan DNS dari perangkat di jaringan ke server DNS yang dikelola oleh Pi-hole. Pi-hole kemudian memblokir akses ke situs web yang telah ditentukan oleh daftar yang dikonfigurasi oleh pengguna, yang dapat membantu mencegah pengunjung situs web yang tidak diinginkan, pelacak, dan iklan. Dengan menggunakan Pi-hole, pengguna dapat meningkatkan keamanan jaringan dan mengurangi tampilan iklan di perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut.

Fungsi Pi-Hole

Fungsi utama Pi-hole adalah sebagai DNS sinkhole atau blackhole yang bertujuan untuk memblokir akses ke situs web yang tidak diinginkan pada jaringan yang terhubung ke perangkat yang menjalankan Pi-hole. Dengan mencegah akses ke situs web yang tidak diinginkan, Pi-hole dapat membantu meningkatkan keamanan jaringan dan mengurangi tampilan iklan di perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut.

Selain itu, Pi-hole juga dapat membantu meningkatkan privasi pengguna dengan memblokir pelacak (tracker) dan domain yang digunakan untuk melacak pengguna di internet. Pi-hole juga memberikan kemampuan untuk mengontrol dan mengelola akses ke situs web yang tidak diinginkan, sehingga dapat membantu orang tua atau administrator jaringan untuk mengontrol dan membatasi akses ke konten tertentu.

Pi-hole juga memiliki fitur untuk melacak dan mencatat lalu lintas jaringan dan permintaan DNS, sehingga dapat membantu administrator jaringan untuk memantau dan menganalisis kinerja jaringan serta mengidentifikasi masalah atau ancaman keamanan yang muncul.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Pi-hole antara lain:

  1. Meningkatkan keamanan jaringan: Dengan memblokir akses ke situs web yang tidak diinginkan, Pi-hole dapat membantu meningkatkan keamanan jaringan dan mencegah serangan cyber atau infeksi malware.
  2. Mengurangi tampilan iklan: Pi-hole dapat membantu mengurangi tampilan iklan di perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut, sehingga dapat mempercepat waktu pemuatan halaman web dan menghemat bandwidth internet.
  3. Meningkatkan privasi pengguna: Pi-hole dapat membantu meningkatkan privasi pengguna dengan memblokir pelacak dan domain yang digunakan untuk melacak pengguna di internet.
  4. Mudah digunakan: Pi-hole memiliki antarmuka pengguna yang mudah digunakan, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengonfigurasi dan mengelola Pi-hole untuk jaringan mereka.

Beberapa kekurangan Pi-hole antara lain:

  1. Dapat memblokir situs web yang tidak seharusnya diblokir: Pi-hole menggunakan daftar domain yang dikonfigurasi oleh pengguna, sehingga mungkin terjadi kesalahan dalam memblokir situs web yang tidak seharusnya diblokir.
  2. Dapat memperlambat waktu pemuatan halaman web: Ketika Pi-hole memblokir akses ke situs web, halaman web dapat memakan waktu lebih lama untuk dimuat atau bahkan tidak dimuat sama sekali.
  3. Tidak memberikan perlindungan yang sempurna: Pi-hole hanya dapat memblokir akses ke situs web atau domain tertentu, sehingga tidak memberikan perlindungan yang sempurna terhadap ancaman cyber atau infeksi malware.
  4. Bergantung pada koneksi internet: Pi-hole bergantung pada koneksi internet untuk mengalihkan permintaan DNS ke server DNS yang dikelola oleh Pi-hole, sehingga jika koneksi internet bermasalah, Pi-hole tidak dapat berfungsi dengan baik.

Install Pi-Hole di Ubuntu 22.04

sudo apt update && sudo apt upgrade -y
sudo apt install git curl -y
  • Install pi-hole
curl -sSL https://install.pi-hole.net | bash
  • Skrip instalasi Pi-hole akan meminta Anda untuk memilih opsi konfigurasi Pi-hole. Anda dapat memilih opsi konfigurasi default atau menyesuaikan konfigurasi Pi-hole sesuai kebutuhan Anda.
  • Setelah konfigurasi selesai, Pi-hole akan mulai diinstal di sistem Anda.
  • Setelah instalasi selesai, buka browser web dan akses halaman konfigurasi Pi-hole dengan membuka tautan http://IP-pi.hole/admin. Di sana, Anda dapat mengelola konfigurasi Pi-hole dan melihat laporan tentang lalu lintas jaringan dan permintaan DNS.
  • Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menginstal Pi-hole di Ubuntu 22.04 dan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh perangkat lunak tersebut.
Baca Juga :  Block SSH Server Attacks (Brute Force Attacks) dengan DenyHosts di RHEL

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Install Pi-Hole di Ubuntu 22.04. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 69 times, 1 visits today)

Similar Posts