Install dan Konfigurasi NFS Server pada Rocky Linux

Hari ini saya akan membahas cara Install dan Konfigurasi NFS Server pada Rocky Linux.

NFS (Network File System) adalah sebuah protokol berbagi pakai berkas melalui jaringan. NFS ini meng-share file ataupun resource melalui network atau jaringan tanpa peduli sistem operasi yang digunakan apa. Sederhananya NFS (Network File System) Merupakan komputer/host yang menyediakan sistem file(via direktori) yang dapat diakses oleh komputer lain. Langkah server adalah menyiapkan direktori yang akan di-share, kemudian melakukan konfigurasi sharing direktori yang sudah disiapkan.

NFS merupakan sebuah sistem berkas terdistribusi yang dikembangkan oleh Sun Microsystems Inc. pada awal dekade 1980-an yang menjadi standar de facto dalam urusan sistem berkas terdistribusi. NFS didesain sedemikian rupa untuk mengizinkan pengeksporan sistem berkas terhadap jaringan yang heterogen (yang terdiri dari sistem-sistem operasi yang berbeda dan platform yang juga berbeda).

Teknologi NFS ini dilisensikan kepada lebih dari 200 vendor komputer dan jaringan, dan telah dibuat implementasinya pada banyak platform dan sistem operasi, termasuk di antaranya adalah UNIX, GNU/Linux, Microsoft Windows, dan lingkungan mainframe.

Berikut langkah – langkahnya :

1. Install NFS Packages

dnf install nfs-utils -y

2. Configure NFS Server

- update host domain

nano /etc/idmapd.conf
#Domain = local.domain.com

- Define NFS Server Shares

nano /etc/exports

/home 192.168.3.18(rw) -> misal IP yang boleh akses dari IP 192.168.3.18

3. Allow Firewall

firewall-cmd --add-service={nfs,nfs3,mountd,rpc-bind} --permanent
firewall-cmd --reload

4. Running service

systemctl enable --now nfs-server rpcbind

Klik untuk berbagi dengan orang lain
Baca Juga :  Install Grafana pada Rocky Linux
%d bloggers like this: