Sunday, February 5, 2023
IP Cloud Mikrotik Winbox

Cara Remote Mikrotik Via Internet Menggunankan Fitur IP Cloud di Mikrotik hEX RB750Gr3

IP Cloud

“Cara Remote Mikrotik Via Internet Menggunankan Fitur IP Cloud di Mikrotik hEX RB750Gr3”

Pengantar

Dengan habisnya IPv4 membuat IP Public semakin mahal. Untuk berlangganan IP Public static tentu akan memaksa kita untuk merogoh kocek lebih dalam. Sedangkan IP Public dynamic biasanya lebih murah. Dengan harga murah IP Public dynamic, terkadang menimbulkan kesulitan tersendiri bagi admin jaringan yang hendak membuat router menyediakan service yang bisa diakses dari jaringan internet menggunakan IP Public. Misalnya VPN, atau hanya sekedar meremote router dari internet. 

Akan tetapi, IP Public Dynamic sudah tidak lagi menjadi masalah di MikroTik RouterOS mulai versi 6.14. Di versi ini terdapat fitur baru yang bernama IP Cloud. Fitur ini menyediakan layanan yang bisa dikatakan hampir sama seperti service DDNS (Dynamic DNS) yang banyak tersedia di Internet. Dengan fitur ini, service router yang sebelumnya diakses dengan IP Public, diganti dengan DNS yang disediakan oleh MikroTik.com. Dan ketika IP Public berubah, router akan melakukan update ke MikroTik.com sehingga service router tetap bisa diakses dengan DNS yang telah diberikan sebelumnya.

Cara Remote Mikrotik Via Internet Menggunankan Fitur IP Cloud di Mikrotik hEX RB750Gr3

  • Masuk ke menu IP -> Cloud
  • Kemudain tinggal enable DDNS Enabled dan Update Time
  • Klik Apply -> OK
  • Nanti akan muncul domain dan Public IP.
  • Selanjutnya anda tinggal login Via winbox via domain tersebut
  • Sekarang anda bebas remote untuk Router mikrotik anda dari koneksi apa pun , jadi bisa di remote dari mana saja. Dan membuat pekerjaan lebih mudah.
  • Kemudian bisa juga untuk setting VPN via domain misal via PPTP

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Remote Mikrotik Via Internet Menggunankan Fitur IP Cloud di Mikrotik hEX RB750Gr3 . Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 20 times, 1 visits today)
Baca Juga :  Cara Setting Mikrotik RouterBoard sebagai Switch

Similar Posts