Tuesday, March 19, 2024
Mikrotik Switch

Pengertian Dan Fungsi Port Acces Dan Port Trunk pada Manageable switch

trunk

“Pengertian Dan Fungsi Port Acces Dan Port Trunk pada Manageable switch”

Pengantar

Mungkin sebagian dari anda tidak mengetahui atau kurang paham mengenai fungsi port access dan port trunk pada manageable switch.

Apa itu Port Acces Dan Port Trunk pada Switch ?

Access Port

Acces Port (port akses) adalah port yang hanya bisa dilewati oleh 1 vlan saja. itulah mengapa mode access biasanya diset ke end device. mode access bisa saja di set antara 2 switch jika memang benar2 hnya dilewati oleh 1 vlan saja. Pada access port, semua frame nya adalah untagged. Artinya tidak akan ada penambahan VLAN tag pada ethernet frame jika masuk dan keluar melalui port ini. hal ini dikenal dengan untagged frame/ untagged vlan.

Trunk Port

Trunk Port(port trunk) adalah port yang bisa membawa beberapa vlan sekaligus. Pada trunk port, frame nya adalah tagged. Artinya akan ada penambahan VLAN tag pada ethernet frame jika keluar melalui port ini. Hal ini dikarenakan pada umumnya trunk port di switch terhubung ke perangkat layer 3 (router, firewall, dll). jadi ethernet frame yang keluar lewat trunk port di switch dan mengarah ke router akan di tag agar router tahu traffic tersebut datang dari VLAN berapa. Dalam VLAN trunking, hal ini dikenal sebagai tagged frames atau tagged VLAN.

Analogi Kasus

Ada 2 Ruangan di sebuah Rumah , Rungan Dapur dan Ruang Tamu

Ruang Dapur menggunakan Vlan 100 dan

Baca Juga :  Cara Setting Load Balancing Mikrotik dengan Metode PPC

Ruang Tamu menggunaka Vlan 200

Kedua Ruangan berdiri dalam satu jaringan yang sama namun beda vlan.

  1. Jika ingin menghubungkan antra ruang dapur dengan ruang tamu maka gunakanlah port mode trunk
  2. Jika ingin membatasi antara ruang dapur dan ruang tamu cukup gunakan port mode access

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Dan Fungsi Port Acces Dan Port Trunk pada Manageable switch. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 183 times, 1 visits today)

Similar Posts