Friday, September 13, 2024
Clickhouse Rocky Linux

Cara Install Clickhouse pada Rocky Linux 8

image

“Cara Install Clickhouse pada Rocky Linux 8”

Pengantar

ClickHouse adalah sistem manajemen basis data kolom (columnar database management system) yang bersifat open-source dan dirancang untuk melakukan query analitik secara real-time. Ini terutama digunakan untuk menangani dan menganalisis data besar (big data) dengan performa tinggi.

Berikut adalah beberapa fitur utama dari ClickHouse:

  1. Columnar Storage: Data disimpan secara kolom, bukan baris, yang memungkinkan optimisasi query analitik dan mengurangi jumlah data yang harus dibaca dari disk.
  2. Real-Time Analytics: ClickHouse dirancang untuk melakukan query analitik dalam waktu nyata dengan kecepatan sangat tinggi, bahkan pada dataset yang sangat besar.
  3. Scalability: ClickHouse mampu menangani data dalam skala besar dan dapat diskalakan baik secara vertikal (dengan meningkatkan sumber daya pada satu server) maupun horizontal (dengan menambahkan lebih banyak server ke cluster).
  4. High Performance: Dengan teknik kompresi data dan eksekusi paralel, ClickHouse dapat melakukan query yang kompleks dengan sangat cepat, menjadikannya ideal untuk analisis data besar.
  5. Distributed Architecture: ClickHouse mendukung arsitektur yang terdistribusi, yang memungkinkan replikasi dan partisi data untuk ketersediaan tinggi dan toleransi kesalahan.
  6. SQL Compatibility: ClickHouse menggunakan SQL sebagai bahasa query, sehingga mudah dipelajari dan digunakan oleh mereka yang sudah familiar dengan SQL.

ClickHouse sering digunakan dalam kasus penggunaan yang memerlukan analisis data cepat, seperti dalam industri periklanan, telekomunikasi, keuangan, dan lainnya.

Cara Install Clickhouse pada Rocky Linux 8

dnf update -y
  • Install Clickhouse
yum-config-manager --add-repo https://packages.clickhouse.com/rpm/clickhouse.repo
dnf install -y clickhouse-server clickhouse-client
  • Start service
sudo systemctl enable clickhouse-server
sudo systemctl start clickhouse-server
sudo systemctl status clickhouse-server
# masuk ke client :
clickhouse-client # or "clickhouse-client --password" if you set up a password.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Install Clickhouse pada Rocky Linux 8. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Similar Posts