Hari ini saya akan membahas Cara Setting grup email di MS outlook, Mungkin kalian sudah mengetahui jik MS outlook ini memang banyak di gunakan sebagai email client , karena sudah masuk ke bundle nya MS office , jadi tidak usah install email client lagi . Bisa langsung pake ketika sudah install MS Office.
Yang akan kita bahas adalah cara setting group email di outlook , misal saya memiliki akun email test@sukuci.com . Kemudian akun emial sukuci.com ada di grup email sales@sukuci.com atau lebih tepat nya sales@sukuci.com di forward ke test@sukuci.com.
Jadi setiap ada yang kirim ke sales@sukuci.com maka test@sukuci.com akan dapa email juga. Kemudian misal untuk sales@sukuci.com itu hanya nama grup email , artinya email inbox nya / akun email nya sebenarnya tidak ada .
- Setting untuk ke 2 akun email nya :
- Setting test@sukuci.com
- setting sales@sukuci.com
Keterangan :
Untuk user dan pass menggunakan email test@sukuci.com , karena sales@sukuci.com hanya nama grup email, namun bisa di buat sebagai pengirim.
- Setting agar hanya menerima 1 email masuk / tidak duplicate jika dari akun tersebut mau ngirim keluar dan CC email grup nya.
- Masuk ke menu Tools -> Option -> Mail setup (untuk MS 2007) , untuk MS 2010 : PIlih file -> Option -> Advanced -> Send and Receive
- Kemudian pilih send/reicive , lalu pilih edit
- Lalu akan muncul 2 account email , anda tinggal pilih salah satu email, lalu jangan di ceklist untuk recive mail item nya.
- Misal saya pilih untuk akun email sales@sukuci.com yang di disable receive mail item nya.
- Kemudian tinggal kita test email nya :
Keterangan :
Kirim email sebagai sales@sukuci.com dan kirim ke test@sukuci.com
- hasil nya berjalan sukses