Thursday, September 29, 2022
Mikrotik

Penjelasan Chain Mikrotik : Input, Forward, Prerouting

chain

“Penjelasan Chain Mikrotik : Input, Forward, Prerouting”

Pengantar

Perbedaan dan penjelasan Chain Mikrotik Input, Output, Forward, Prerouting, dan Postrouting akan dibahas pada artikel berikut ini.

forward :

– Digunakan untuk proses paket data yang melewati router, koneksi yang terjadi dari public ke local atau – Koneksi yang terjadi dari local ke public dengan ketentuan tanpa ada proses di dalam router, artinya koneksi tersebut adalah langsung dan hanya numpang lewat di router tidak ada terjadi suatu proses di dalam router.

input :

– Digunakan untuk memproses paket memasuki router melalui salah satu interface dengan alamat IP tujuan yang merupakan salah satu alamat router. Chain input berguna untuk membatasi akses konfigurasi terhadap Router Mikrotik. atau – Koneksi yang terjadi dari local menuju router dan berakhir di router contoh : penggunaan proxy internal (proxy internal kan di dalem router tempatnya)

output :

– Digunakan untuk proses paket data yang berasal dari router dan meninggalkan melalui salah satu interface, koneksi yang terjadi dari router menuju public. atau – Koneksi yang terjadi dari router menuju local. artinya koneksi tercipta karena router sendiri yang meminta (kebutuhan router itu, bukan dari local / public), contoh : hasil dari proxy internal mikrotik yang di kirimkan ke client.

prerouting :

Pre routing artinya koneksi yang akan masuk router (gak peduli dari mana/tergantung setting mangle in intercafe nya nanti) koneksi ini akan di proses di dalam router, bisa proses pembelokan ke proxy external, bisa filtering port, bisa apa aja deh, pokoknya ada proses, nah prerouting itu menandai koneksi sebelum terjadi proses tersebut.

postrouting :

Postrouting adalah koneksi yang akan keluar router setelah terjadi proses di dalam router.

Sumber : https://mikrotikindo.blogspot.com/2013/09/penjelasan-chain-mikrotik-input-forward-prerouting-postrouting.html

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Penjelasan Chain Mikrotik : Input, Forward, Prerouting. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 306 times, 1 visits today)
Klik untuk berbagi dengan orang lain
Baca Juga :  Pengertian Routing dan jenis-jenis Routing

Similar Posts