Monday, September 26, 2022
Aplikasi Techno Info

Cara Blokir YouTube di Google Chrome Biar Anak Konsentrasi Belajar

anak

“Cara Blokir YouTube di Google Chrome Biar Anak Konsentrasi Belajar”

Pengantar

Sekarang, karena pandemi mengubah metode belajar jadi pembelajaran jarak jauh, alias tidak ada tatap muka langsung. jadi adaptasi untuk hal ini masih terus dilakukan baik oleh guru dan murid. Para guru sudah pasti harus muncul terus wajahnya, sementara anak-anak ada tidak wajib setor muka terus-terusan, kalaupun setor muka di Google Meet atau Zoom, bisa jadi anak lebih santai karena tidak ada guru yang mengawasi atau menegur langsung ketika murid sedang sibuk sendiri. Orangtua yang anaknya masih di bangku sekolah dasar mungkin harus standby di sebelah anak terus-terusan selama proses pembelajaran online ini, untuk membantu di kala ada masalah dan juga mengawasi, terutama untuk anak lower class (kelas 1 sd kelas 3). Anak-anak yang sudah lebih besar, sudah masuk SMP dan SMA, seharusnya sudah bisa lebih bertanggung jawab, namun orang tua tetap harus pasang mata juga sesekali.

Lalu bagaimana caranya agar anak bisa berkonsentrasi belajar tanpa terganggu notifikasi yang muncul di browser, dan kita orang tua juga bisa tenang melakukan aktivitas lain tanpa harus terus-terusan ngecek laptop yang dipakai anak.

Cara Memblokir Situs di Google Chrome Desktop

  • Buka link ini
  • Tambahkan pada browser chrome -> klik add to chrome
  • Klik “Add extension” pada pop up window
  • Cek apakah Ikon dari extension sudah muncul di sudut kanan atas
  • Klik Block Site
  • Masukan web yang akan di block misal : https://www.youtube.com/
  • Klik Enter
  • Setelah masuk ke list blacklist coba akses youtube.com
  • Untuk menambahkan web lain nya klik tanda plus (+)

Cara Memblokir Situs di Google Chrome Mobile Android dan IOS

Download dahulu aplikasi nya :

Android

IOS

Cara mengaktifkannya juga tidak jauh berbeda dengan versi desktop, ketika aplikasi sudah berhasil diinstall, tinggal buka aplikasinya dan klik tanda + untuk memasukkan list situs web yang ingin diblokir. Aplikasi ini juga secara default sudah memblokir banyak situs web pornografi.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Blokir YouTube di Google Chrome Biar Anak Konsentrasi Belajar. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 47 times, 1 visits today)
Klik untuk berbagi dengan orang lain
Baca Juga :  Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 1443 H

Similar Posts