Tuesday, June 11, 2024
KVM OpenVZ Proxmox

Cara Backup Vm di Proxmox Terbaru

vm

“Cara Backup Vm di Proxmox Terbaru”

Pengantar

Proxmox Virtual Environment (Proxmox VE) adalah sebuah platform virtualisasi yang menggabungkan dua teknologi utama: virtualisasi berbasis kontainer dengan menggunakan teknologi OpenVZ dan virtualisasi berbasis hypervisor dengan menggunakan teknologi KVM (Kernel-based Virtual Machine). Proxmox VE memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola mesin virtual (VM) dan kontainer dalam lingkungan yang terpusat.

Fitur Andalan Proxmox

Berikut beberapa fitur utama dari Proxmox VE:

  1. Virtualisasi KVM: Proxmox VE menggunakan KVM sebagai hypervisor untuk membuat dan mengelola mesin virtual. Ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan sistem operasi yang berbeda secara bersamaan di dalam mesin virtual.
  2. OpenVZ Containers: Selain virtualisasi KVM, Proxmox VE juga mendukung virtualisasi berbasis kontainer dengan menggunakan teknologi OpenVZ. Kontainer adalah unit isolasi yang lebih ringan daripada mesin virtual, memungkinkan efisiensi sumber daya yang lebih baik.
  3. Manajemen Sentral: Proxmox VE menyediakan antarmuka web berbasis grafis yang memungkinkan pengguna untuk mengelola mesin virtual dan kontainer, serta mengakses fitur-fitur konfigurasi dan pemantauan.
  4. Penjadwalan Backup dan Pemulihan: Proxmox VE menyediakan fasilitas penjadwalan untuk membuat cadangan mesin virtual dan kontainer. Ini juga memudahkan pemulihan dari cadangan tersebut.
  5. Cluster dan HA (High Availability): Proxmox VE mendukung pembentukan cluster untuk meningkatkan ketersediaan sistem. Dengan menggunakan HA, mesin virtual dapat otomatis di-migrate ke node yang aktif jika terjadi kegagalan pada node utama.
  6. Integrasi dengan Storage Berbagai Jenis: Proxmox VE mendukung berbagai jenis penyimpanan, termasuk penyimpanan lokal, NFS, iSCSI, Ceph, dan lainnya. Hal ini memberikan fleksibilitas dalam manajemen penyimpanan untuk mesin virtual dan kontainer.
  7. Komunitas Terbuka dan Versi Berbayar: Proxmox VE memiliki versi komunitas yang gratis dan versi berbayar yang menyediakan fitur-fitur tambahan dan dukungan teknis yang lebih baik.
Baca Juga :  Cara Install Virtualizor untuk OpenVZ bagi pemula

Proxmox VE digunakan oleh organisasi dan profesional IT untuk membangun dan mengelola infrastruktur virtualisasi mereka dengan efisien. Platform ini memberikan solusi yang andal dan fleksibel untuk kebutuhan virtualisasi dan manajemen sumber daya di lingkungan data center.

Download Proxmox

Download

Cara Backup Vm di Proxmox Terbaru

  • Masuk ke dashboard proxmox
  • Pilih container atau VM yang akan di backup
  • pilih menu backup
  • pilih backup now , hasil nya seperti berikut

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Backup Vm di Proxmox Terbaru. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 65 times, 1 visits today)

Similar Posts