Thursday, April 4, 2024
Mikrotik

Solusi Interface Ethernet Status Selalu “R” Running

status

“Solusi Interface Ethernet Status Selalu “R” Running”

Pengantar

Kenapa Interface Ethernet Mikrotik status nya selalu “R” Running, padahal tidak ada kabel yang nyolok ke port Ethernet nya? Pertanyaan ini juga ada di benak saya ketika Saya meng-Install Mikrotik x86 pada PC. Sebagai catatan Mikrotik RouterOS x86 adalah versi RouterOS yang khusus di desain untuk PC/Server dengan arsitektur x86 (32 bit). Usai proses instalasi Mikrotik x86 di PC, saya coba cek apakah interface ether nya terbaca atau tidak, mengingat saya pasang juga 2 x 4 port RB44GE.

Sedikit terkejut ketika melihat status Interface Ethernet Mikrotik nya “R” semua yang mengindikasikan kalau port ethernet nya ada kabel yang nyolok. Padahal PC belum konek ke mana-mana. Jika dilihat pada status detail pada interface nya pun keterangan Rate nya unknown, walaupun state nya Running tapi indikasi no link.

Alasannya

Secara default, Mikrotik x86 menempatkan konfigurasi pada Ether untuk command disable-running-check pada posisi yes. Hal ini menyebabkan Semua Ether dalam status ‘R’. Kenapa? Berikut penjelasan dari wiki.mikrotik.com.

Disable running check. If this value is set to ‘no’, the router automatically detects whether the NIC is connected with a device in the network or not. Default value is ‘yes’ because older NICs do not support it. (only applicable to x86)

Pada intinya, command disable-running-check=yes ini sengaja dibuat default, karena tidak semua NIC (Network Interface Card) bisa mendeteksi apakah port ether nya konek ke perangkat lain apa tidak, terutama pada NIC jadul. Namun, untuk perangkat jaman sekarang sepertinya sudah tidak memerlukan hal tersebut.

Baca Juga :  Solusi Lupa Password Mikrotik di Winbox Terbaru

Solusi Interface Ethernet Status Selalu “R” Running

1. Masuk ke Terminal Mikrotik 2. Ganti command disable-running-check=yes ke no. Berikut command nya :

interface ethernet set disable-running-check=no numbers=0

itu command untuk ether 1, untuk ether lainnya ganti numbers nya. Jika ether nya banyak, bisa gunakan koma.

Contoh nya untuk ether 1 – ether 10 berikut command nya :

interface ethernet set disable-running-check=no numbers=0,1,2,3,4,5,6,7,8,9

Sumber : https://mikrotikindo.blogspot.com/2016/03/solusi-interface-ethernet-status-selalu-R.html

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Solusi Interface Ethernet Status Selalu “R” Running . Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 430 times, 1 visits today)

Similar Posts