Monday, June 10, 2024
AWS CLI Ubuntu

Install AWS CLI di Ubuntu 20.04

CLI

“Install AWS CLI di Ubuntu 20.04”

Pengantar

AWS CLI (Amazon Web Services Command Line Interface) adalah sebuah alat baris perintah yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan layanan-layanan yang disediakan oleh Amazon Web Services (AWS) melalui antarmuka baris perintah. AWS CLI dapat digunakan untuk melakukan berbagai tugas seperti membuat dan mengelola sumber daya AWS, mengambil data dari layanan AWS, menjalankan skrip otomatisasi, dan banyak lagi. Dengan menggunakan AWS CLI, pengguna dapat mengakses dan mengelola layanan-layanan AWS tanpa perlu membuka konsol manajemen web AWS. AWS CLI tersedia untuk platform Windows, Linux, dan Mac OS.

AWS CLI (Amazon Web Service Command Line Interface) adalah alat utilitas baris perintah sumber terbuka untuk mengelola layanan web Amazon. AWS CLI adalah alat utilitas yang disediakan oleh AWS untuk mengelola sumber daya. AWS API dapat diakses langsung melalui AWS CLI. Menggunakan utilitas

AWS CLI, Anda dapat membuat skrip untuk mengotomatiskan Layanan Web Amazon. AWS CLI tersedia dalam versi 1 dan versi 2. AWS merekomendasikan untuk menggunakan AWS CLI versi 2. Jika Anda sudah memiliki versi 1, sarankan untuk mencopotnya atau membuat symlink/alias dengan nama yang berbeda.

Keunggulan dan Kelemahan

Berikut adalah beberapa keunggulan dan kelemahan dari AWS CLI:

Keunggulan:

  1. Skalabilitas: AWS CLI dapat digunakan untuk mengelola banyak sumber daya AWS secara bersamaan, memungkinkan untuk melakukan tugas-tugas seperti membuat dan menghapus banyak instance EC2 sekaligus.
  2. Otomatisasi: AWS CLI dapat digunakan untuk membangun skrip otomatisasi, sehingga memungkinkan untuk melakukan tugas-tugas seperti menjalankan snapshot EC2 secara terjadwal.
  3. Konsistensi: AWS CLI menyediakan antarmuka yang konsisten dan mudah digunakan untuk semua layanan AWS, sehingga pengguna dapat dengan mudah berpindah dari satu layanan ke layanan lainnya tanpa perlu mempelajari antarmuka yang berbeda.
  4. Fleksibilitas: AWS CLI dapat digunakan di berbagai platform dan diintegrasikan dengan berbagai alat dan sistem manajemen konfigurasi lainnya.
Baca Juga :  Cara Install Jenkins pada Amazon Linux

Kelemahan:

  1. Tidak User Friendly: AWS CLI memerlukan pengetahuan teknis dan kemampuan bahasa pemrograman yang cukup, sehingga pengguna baru mungkin mengalami kesulitan dalam menggunakannya.
  2. Kesalahan Pemrograman: Pengguna harus sangat berhati-hati ketika menggunakan AWS CLI karena kesalahan dalam kode dapat menyebabkan kerusakan atau kehilangan data yang tidak dapat dikembalikan.
  3. Perlu Pemahaman yang Kuat tentang Layanan AWS: Pengguna harus memahami layanan-layanan AWS dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain, karena AWS CLI hanya menyediakan antarmuka untuk berinteraksi dengan layanan tersebut, tetapi tidak memberikan pemahaman tentang bagaimana layanan tersebut bekerja.
  4. Tidak Dilengkapi dengan Fitur Visual: AWS CLI tidak menyediakan antarmuka visual, sehingga pengguna harus memahami dan mengingat sintaks perintah yang digunakan untuk berinteraksi dengan layanan AWS.

Install AWS CLI di Ubuntu 20.04

Cara 1 -> Menggunakan APT

yum update -y
apt install awscli -y
  • Cek Versi
aws --version

Cara 2 -> Menggunakan Script

sudo curl "https://awscli.amazonaws.com/awscli-exe-linux-x86_64.zip" -o "awscliv2.zip"

unzip awscliv2.zip

sudo ./aws/install

aws --version

Cara 3 -> Menggunakan Python PIP

sudo apt-get install python3-pip

sudo pip3 install --upgrade pip

sudo pip3 install awscli

python3 -m awscli --version

Konfigurasi CLI AwS

  • Buka Console AWS
  • Buat dulu User IAM di AWS
  • Kemudian tambahkan Access key dan Secret Key pada User tersebut
  • Buat juga user group dan policies nya

Buka server Ubuntu kembali .

aws configure
  • Masukan Access key dan Secret Key

Test Command

  • Cek list S3
aws s3 ls
  • Create S3
 aws s3api create-bucket     --bucket my-bucketxx123456as1     --region us-east-1
  • Hasil nya
aws s3api delete-bucket     --bucket my-bucketxx123456as1     --region us-east-1
  • cek list bucket
aws s3 ls
  • Coba Push / Upload konten
aws s3 cp example.txt s3://my-bucketxx123456as1

Uninstalling AWS CLI

which aws
/usr/local/bin/aws
ls -l /usr/local/bin/aws

# remove symlink

sudo rm /usr/local/bin/aws sudo rm /usr/local/bin/aws_completer

# Delete Install dir

sudo rm -rf /usr/local/aws-cli

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Install AWS CLI di Ubuntu 20.04. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 83 times, 1 visits today)

Similar Posts