SEO Techno Info Tips

Tools untuk Test Kecepatan Website

kecepatan

“Tools untuk Test Kecepatan Website”

Kecepatan merupakan salah satu kunci bagi keberlangsungan sebuah situs web. Untuk itu, tools untuk cek kecepatan website menjadi hal yang penting bagi para pengelolanya.

Bagaimana tidak, salah satu faktor untuk dapat berada di halaman pertama Google adalah kecepatan website. Jika sebuah situs lambat saat dibuka, besar kemungkinan Google tak akan memberinya penilaian lebih.

Tidak hanya itu, pengunjung pun akan meninggalkan website yang memiliki proses loading lama. Hal itu akan menimbulkan tingkat bounce rate yang tinggi.

Dengan kondisi seperti itu, penting untuk terus memeriksa kecepatan website dan memperbaiki apa saja yang mengganggu proses loading-nya.

Hal ini juga berpengaruh ke pengguna google adsense , karena jika web yang memiliki adsense di akses sangat lambat , maka berpengaruh ke visitor yang mengunjungi website anda . Bahkan visitor anda bisa meninggalkan website yang anda kelola.

1. GTmetrix

GTmetrix cukup populer digunakan karena gratis dan tampilannya cukup sederhana.

Akan tetapi, dilansir dari situs resminya, GTmetrix juga menyediakan fitur GTmetrix PRO dengan berbagai macam paket dan fitur-fitur yang lebih lengkap.

Lewat tools ini kamu dapat membaca nilai kecepatan website-mu mulai dari A-F. Nilai A menunjukkan indikator bahwa website-mu sudah memiliki performa yang bagus.

GTmetrix juga akan mengidentifikasi masalah yang dialami oleh website dan memberikan rekomendasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Google PageSpeed Insight

Google PageSpeed Insight merupakan tools yang dirilis langsung oleh Google pada tahun 2010. Tools ini dirilis bersamaan dengan Google yang memasukkan kecepatan website sebagai salah satu indikator penilaian untuk SEO.

Dilansir dari PageSpeed Insight, tools ini akan melaporkan kinerja halaman website yang ditampilkan dari handphone maupun desktop.

Selain itu, PageSpeed Insight (PSI) juga memberikan saran kepada pengguna tentang apa saja yang harus diperbaiki.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Gaming untuk Pemula

Berbeda dengan GTmetrix, nilai yang ditunjukkan dari angka 0-100%. Nilai 0-49% menunjukkan website-mu lambat.

Lalu, 50-89% menunjukkan kecepatan website-mu sudah mencapai rata-rata. Sementara itu, 90-100% menunjukkan website-mu sudah tergolong cepat.

PSI merupakan tool yang dapat kamu gunakan secara gratis tanpa mengeluarkan biaya apapun.

3. Pingdom

Pingdom merupakan salah satu tools yang cukup terkenal. Bagaimana tidak, tools ini mudah digunakan karena menyajikan tampilan yang sederhana dan informasi yang lengkap.

Sama seperti Google PSI, Pingdom juga menggunakan skala 0-100% untuk menilai kecepatan website.

Tak hanya itu, Pingdom juga memunculkan masalah apa saja yang harus kamu perbaiki untuk mencapai tingkat kecepatan website yang lebih baik.

4. KeyCDN Website Speed Test

Dilansir dari KeyCDN, tools ini akan menyajikan informasi secara rinci mengenai kinerja website-mu. Kamu akan mengetahui apa saja yang harus diperbaiki dari situs.

KeyCDN dapat dinikmati secara gratis. Namun, tools ini juga menyediakan fiturnya yang berbayar dengan berbagai macam paket yang tersedia.

Apabila kamu ingin memeriksa kecepatan website, KeyCDN bisa menjadi salah satu alternatif terbaikmu saat ini.

5. Google Mobile Website Speed Testing Tool

Selain kecepatan di desktop, Google juga akan menilai keramahan website saat dibuka lewat handphone. Dengan begitu, pastikan website-mu sudah mobile-friendly agar menciptakan user experience yang tinggi.

Google Mobile Website Speed Testing Tool hadir untuk menjawab keresahan tersebut. Tools ini didukung oleh teknologi Google PageSpeed Insight, tetapi lebih berfokus pada penilaian kecepatan di handphone.

Cara penggunaannya sangat mudah, kamu tinggal memasukkan situsmu saat memasuki website resminya.

Kemudian, akan ada tampilan-tampilan yang menarik sebelum pada akhirnya menunjukkan hasil kinerja website-mu saat dibuka lewat handphone.

6. WebPageTest

Baca Juga :  Cara Menambahkan Background pada Zoom untuk Pemula

WebPageTest memungkinkanmu untuk mengecek kecepatan website dari beberapa lokasi di seluruh dunia dengan menggunakan browser gratis.

Tampilannya pun terbilang cukup sederhana sehingga cocok digunakan oleh pemula. Kamu bisa menggunakan tools ini untuk memperbaiki kecepatan website-mu karena menyajikan informasi yang sangat rinci.

Sumber

Klik untuk berbagi dengan orang lain

Similar Posts