Tuesday, March 19, 2024
Techno Info

Cara Cek Penerima PIP di website pip.kemdikbud.go.id 2021

PIP

“Cara Cek Penerima PIP di website pip.kemdikbud.go.id 2021”

Pengantar

Data penerima Program Indonesia Pintar atau PIP bisa dicek melalui situs pip.kemdikbud.go.id 2021 dengan mudah. Penerima PIP juga bisa melihat apakah bantuan sudah masuk atau belum.

PIP sendiri merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah kepada anak dari keluarga kurang mampu yang masih duduk di bangku SD, SMP, dan SMA/SMK sederajat.

Penerima bantuan PIP adalah siswa yang memiliki atau terdaftar pada Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang disalurkan melalui sekolah masing-masing siswa. Bantuan ini dicairkan secara bertahap setiap bulannya sejak bulan Juli dan Agustus lalu. Pencairan tersebut terus berlanjut di bulan Desember 2021.

Cara Cek Penerima PIP di pip.kemdikbud.go.id 2021

Untuk mengecek penerima PIP, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke situs pip.kemdikbud.go.id.
  2. Setelah masuk laman SIPINTAR, akan muncul fitur ‘Cari Penerima PIP’ yang dapat diakses tanpa perlu login
  3. Isi data NISN siswa, tanggal lahir dan nama ibu kandung
  4. Secara otomatis akan muncul nama siswa penerima PIP. Jika tidak muncul, siswa tersebut belum menerima bantuan PIP

Cara Mencairkan Bantuan PIP di pip.kemdikbud.go.id 2021

Setelah berhasil login di pip.kemdikbud.go.id 2021 dengan NISN Siswa dan mendapatkan data PIP, peserta yang terpilih bisa mencairkan dana tersebut.

Untuk siswa SMA, bisa langsung mendatangi bank penyalur terdekat, seperti BRI dan BNI. Sedangkan untuk siswa SD/SMP harus didampingi oleh orang tua/wali/guru untuk mencairkan dana PIP.

Sebelum mencairkan dana PIP, pastikan siswa menyiapkan data pendukung yang sah. Pengambilan dana PIP ini bisa dilakukan secara perorangan maupun kolektif.

Informasi lengkap dan update terkait pengumuman bantuan PIP bisa cek di laman pip.kemdikbud.go.id 2021.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Cek Penerima PIP di website pip.kemdikbud.go.id 2021. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 359 times, 1 visits today)

Similar Posts