Monday, July 4, 2022
Bitcoin Techno Info

Bitcoin Legal di Indonesia

legal

Bitcoin Legal di Indonesia”

Pengantar

Seiring dengan peningkatan dari sorotan masyarakat Indonesia terhadap Bitcoin dan berbagai cryptocurrency lainnya membuat banyak orang bertanya tentang legalitas bitcoin di Indonesia.

Selain dapat digunakan untuk investasi, mata uang digital seperti Bitcoin mulai diterima sebagai alat pembayaran di berbagai penjuru dunia. Namun terlepas dari itu, Bitcoin sebelumnya dikenal sebagai alat pembayaran berbagai jual beli ilegal di dalam Dark Web. Sifat dari cryptocurrency sebagai mata uang digital yang anonim dan tidak terlacak juga membuatnya beresiko untuk digunakan untuk pencucian uang. Ini lah yang menjadi kecemasan dari pihak pemerintah.

Regulasi cryptocurrency di Indonesia berada di bawah pengawasan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Setiap pelaku usaha yang ingin mendapatkan sertifikat dari BAPPEBTI harus melewati serangkaian tes dan seleksi yang ketat, seperti sistem penyelenggaraan elektronik, manajemen risiko, kelayakan sumber daya dan infrastruktur penunjang operasional lainnya.

Sementara itu, peraturan jual beli bitcoin dan aset kripto lainnya diperbolehkan sebagai komoditas tertuang dalam Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor 5 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka. Aturan ini ditandatangani pada 8 Februari 2019. Bitcoin dan aset kripto lainnya juga diawasi secara ketat oleh Bank Indonesia dan OJK, yang melarang Bitcoin dan mata uang digital lainnya sebagai bentuk pembayaran karena bukan berasal dari industri keuangan.

Oleh karena itu, selain digunakan sebagai alat pembayaran, jual beli Bitcoin dan mata uang digital lainnya legal di Indonesia.

Ada beberapa syarat untuk memperdagangkan aset cryptocurrency, yakni:

1. Berbasis distributed ledger technology

2. Berbentuk aset kripto utility (utility crypto)

3. Berbentuk kripto beragunan aset (crypto backed asset)

4. Nilai kapitalisasi pasar masuk ke dalam peringkat 500 besar kapitalisasi pasar aset kripto (coinmarketcap)

5. Masuk ke dalam transaksi bursa aset kripto (crypto exchange) terbesar di dunia

6. Memiliki manfaat ekonomi, seperti perpajakan, menumbuhkan industri informatika dan kompetensi tenaga ahli di bidang informatika (digital talent)

7. Telah dilakukan penilaian risikonya, termasuk risiko pencucian uang dan pendanaan terorisme serta proliferasi senjata pemusnah massal.

Aturan ini juga membahas berbagai macam persyaratan lain yang harus dipenuhi oleh setiap pelaku bisnis yang ingin terjun ke dalam industri cryptocurrency dan blockchain di Indonesia, mulai dari bursa berjangka, lembaga kliring berjangka, hingga pedagang fisik aset kripto.

Selain itu, regulasi di atas juga membahas tentang mekanisme perdagangan aset kripto yang mencakup cara membuka rekening, menyimpan aset kripto, penarikan dana, dan transaksi aset crypto.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Bitcoin Legal di Indonesia. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 3 times, 1 visits today)
Klik untuk berbagi dengan orang lain
Baca Juga :  Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 1443 H

Similar Posts