Site icon Learning & Doing

Apa itu VPN? Mengenal Prinsip & Cara Kerja VPN

prinsip

“Apa itu VPN? Mengenal Prinsip & Cara Kerja VPN”

Pengantar

VPN (Virtual Private Network) yaitu sebuah koneksi private yang melalui jaringan publik (dalam hal ini internet). Disini ada 2 kata yang dapat kita garis bawahi yaitu:

Dengan VPN ini kita seolah-olah membuat jaringan didalam jaringan atau biasa disebut tunnel (terowongan). Tunneling adalah suatu cara membuat jalur privat dengan menggunakan infrastruktur pihak ketiga. VPN menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada yaitu: PPTP, L2TP dan standar terbaru, Internet Protocol Security (biasa disingkat menjadi IPSec). VPN merupakan perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi.
Dibawah ini adalah gambaran tentang koneksi VPN yang menggunakan protokol PPTP. PPTP (Pont to Point Tunneling Protocol) adalah sebuah protokol yang mengizinkan hubungan Point-to Point Protocol (PPP) melewati jaringan IP, dengan membuat Virtual Private Network (VPN).

Cara Kerja VPN

Dari gambar diatas secara sederhana cara kerja VPN(dengan protokol PPTP) adalah sebagai berikut:

Keuntungan atau Manfaat VPN

Kekurangan atau Kelemahan VPN

Sumber :

Sumber : https://mikrotikindo.blogspot.com/2014/07/apa-itu-vpn-mengenal-prinsip-cara-kerja-vpn.html

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Apa itu VPN? Mengenal Prinsip & Cara Kerja VPN . Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

Exit mobile version