Monday, June 10, 2024
Mikrotik Router RouterOS Virtual Machine VirtualBox

Cara Install RouterOS Mikrotik Di Virtualbox

di

“Cara Install RouterOS Mikrotik Di Virtualbox”

Pengantar

RouterOS MikroTik adalah sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh perusahaan MikroTik. MikroTik sendiri adalah perusahaan asal Latvia yang terkenal dalam pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak untuk keperluan jaringan komputer. RouterOS dirancang khusus untuk digunakan pada perangkat keras MikroTik, seperti router dan switch.

Berikut adalah beberapa fitur utama dari RouterOS MikroTik:

  1. Routing: RouterOS mendukung berbagai protokol routing termasuk RIP, OSPF, dan BGP. Ini memungkinkan perangkat MikroTik untuk diintegrasikan dengan berbagai jenis jaringan dan infrastruktur.
  2. Firewall dan Keamanan: RouterOS dilengkapi dengan fitur firewall yang kuat untuk melindungi jaringan dari serangan dan memungkinkan konfigurasi kebijakan keamanan yang canggih.
  3. Hotspot dan Manajemen Akses: RouterOS mendukung layanan hotspot untuk manajemen akses internet publik. Ini sangat berguna dalam lingkungan yang memerlukan autentikasi pengguna sebelum dapat mengakses internet.
  4. Wireless Networking: MikroTik juga terkenal dengan perangkat keras wireless mereka. RouterOS memiliki dukungan penuh untuk konfigurasi jaringan nirkabel dan menyediakan fitur-fitur seperti point-to-point dan point-to-multipoint.
  5. Virtual Private Network (VPN): RouterOS mendukung berbagai protokol VPN, termasuk PPTP, L2TP, dan OpenVPN. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat koneksi aman antara jaringan yang berbeda.
  6. Proxy Server: RouterOS menyediakan fitur proxy server yang dapat digunakan untuk menyaring lalu lintas web dan mempercepat akses ke situs web dengan caching.
  7. Manajemen Bandwidth: RouterOS memungkinkan pengguna untuk mengontrol dan membatasi penggunaan bandwidth, baik secara keseluruhan maupun untuk setiap pengguna atau kelompok pengguna.
  8. Manajemen Jaringan dan Monitoring: RouterOS dilengkapi dengan alat-alat manajemen jaringan dan pemantauan kinerja, termasuk antarmuka grafis yang mempermudah konfigurasi dan pengawasan.
Baca Juga :  Monitoring Server,router dan switch dengan Netwach pada mikrotik dan alert via Email

RouterOS MikroTik cocok digunakan dalam berbagai skenario jaringan, mulai dari jaringan rumah tangga hingga jaringan perusahaan yang lebih besar. Kelebihan RouterOS meliputi fleksibilitas konfigurasi, kinerja yang baik, dan dukungan untuk berbagai fitur jaringan.

VirtualBox adalah sebuah perangkat lunak virtualisasi yang dikembangkan oleh Oracle Corporation. Fungsinya adalah membuat mesin virtual di dalam komputer yang memungkinkan Anda menjalankan sistem operasi (SO) tambahan di atas sistem operasi utama yang sudah ada pada perangkat fisik Anda. Dengan kata lain, VirtualBox memungkinkan Anda membuat dan menjalankan mesin virtual yang berperilaku seolah-olah itu adalah komputer mandiri dengan sistem operasi sendiri.

Beberapa fitur utama dari VirtualBox meliputi:

  1. Dukungan untuk Berbagai Sistem Operasi: VirtualBox mendukung berbagai sistem operasi sebagai tamu (guest), termasuk Windows, Linux, macOS, dan lainnya. Ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan berbagai jenis perangkat lunak pada mesin virtual.
  2. Snapshots: VirtualBox memungkinkan Anda membuat “snapshots” atau gambaran keadaan mesin virtual pada suatu titik waktu tertentu. Ini memudahkan pengguna untuk kembali ke kondisi yang telah disimpan jika terjadi masalah atau perubahan yang tidak diinginkan.
  3. Dukungan USB: VirtualBox mendukung penggunaan perangkat USB pada mesin virtual, memungkinkan Anda menyambungkan dan menggunakan perangkat USB secara langsung pada mesin virtual.
  4. Jaringan dan Konfigurasi NAT: VirtualBox menyediakan opsi konfigurasi jaringan, termasuk pengaturan Network Address Translation (NAT) yang memungkinkan mesin virtual untuk terhubung ke internet melalui koneksi internet host.
  5. Berbagi Folder: Anda dapat mengonfigurasi folder yang dapat dibagikan antara sistem host dan sistem tamu, memudahkan pertukaran file antara keduanya.
  6. Pengaturan Sumber Daya: VirtualBox memungkinkan Anda mengatur sumber daya sistem seperti jumlah CPU, RAM, dan ruang penyimpanan yang dialokasikan untuk mesin virtual.
  7. Dukungan Pengembang dan VDI: VirtualBox mendukung berbagai format file mesin virtual, termasuk Virtual Disk Image (VDI) yang merupakan format file bawaan untuk VirtualBox.
Baca Juga :  Identity Mikrotik

VirtualBox sering digunakan untuk tujuan pengembangan, pengujian perangkat lunak, dan demonstrasi sistem operasi tanpa memerlukan instalasi langsung pada perangkat fisik. Selain itu, VirtualBox bersifat gratis dan open source, membuatnya menjadi pilihan populer di kalangan pengguna yang mencari solusi virtualisasi yang kuat dan fleksibel.

Cara Install RouterOS Mikrotik Di Virtualbox

Tambahkan , nama dan lokasi iso image mikrotik

  • Sesuaikan RAM dan Processor
  • Sesuaikan Virtual HDD
  • Finish, dan coba running
  • Setelah di start VM nya
  • klik a , jadi semua terceklist , kemudian pilih i dan y.
  • tunggu proses installasinya
  • Setelah selesai dan Reboot , matikan dahulu VM nya lalu masuk ke settingan storage, dan hapus mirkotik ISO nya.
  • kemudian Start lagi VM nya.

Masukan user : admin , passwordnya jangan di isi

  • Mikrotik sudah berhasil di install

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Install RouterOS Mikrotik Di Virtualbox. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 80 times, 1 visits today)

Similar Posts