Monday, September 26, 2022
AWS

Pengertian dan Cara Kerja Amazon EC2

EC2

“Pengertian dan Cara Kerja Amazon EC2”

Pendahuluan

Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2) adalah layanan web yang memberikan kapasitas komputasi yang aman dan berukuran fleksibel di cloud. Amazon EC2 dirancang untuk membuat komputasi cloud berskala web lebih mudah bagi pengembang. Antarmuka layanan web sederhana Amazon EC2 memungkinkan Anda mendapatkan dan mengonfigurasi kapasitas dengan friksi minimal. Amazon EC2 memberi Anda kendali penuh atas sumber daya komputasi dan memungkinkan Anda bekerja di lingkungan komputasi Amazon yang telah terbukti.

Amazon EC2 menawarkan platform komputasi terluas dan terdalam dengan pilihan prosesor, penyimpanan, jaringan, sistem operasi, dan model pembelian. Kami menawarkan prosesor tercepat di cloud dan kami satu-satunya cloud dengan jaringan eternet 400 Gbps. Kami memiliki instans GPU paling kuat untuk pelatihan pembelajaran mesin dan beban kerja grafis, serta instans dengan biaya per inferensi terendah di cloud. Makin banyak beban kerja SAP, HPC, Machine Learning, dan Windows yang dijalankan di AWS dibanding cloud lainnya.

Tipe Instance Amazon EC2

Setiap tipe instance dikelompokkan dalam satu instance family (keluarga instance) dan dioptimalkan untuk jenis tugas tertentu. Tipe instance menawarkan berbagai kombinasi dari kapasitas CPU, memori, penyimpanan, jaringan, serta memberi Anda fleksibilitas untuk memilih kombinasi sumber daya yang sesuai untuk aplikasi Anda.

Instance family di Amazon EC2 memiliki fungsi yang berbeda-beda. Di antaranya ada general purpose, compute optimized, memory optimized, accelerated computing (komputasi terakselerasi), dan storage optimized. Berikut uraiannya:

  • General purpose instances (Instance tujuan umum)
    Tipe ini memberikan keseimbangan yang baik dari segi sumber daya komputasi, memori, dan jaringan. Selain itu, opsi ini juga dapat digunakan untuk berbagai beban kerja yang beragam seperti server aplikasi web atau repositori kode.
  • Compute optimized instances (Instance teroptimasi untuk komputasi)
    Tipe yang satu ini ideal untuk tugas komputasi yang intensif dan berpusat pada prosesor dengan performa tinggi, seperti server game, HPC (high-performance computing/komputasi dengan performa tinggi), atau bahkan pemodelan ilmiah.

    Anda juga bisa menggunakan tipe compute optimized instances untuk beban kerja batch processing yang membutuhkan banyak proses transaksi di satu grup.
  • Memory optimized instances (Instance teroptimasi untuk memori)
    Opsi ini didesain untuk memberikan performa tinggi untuk beban kerja yang memproses kumpulan data besar di dalam memori, seperti relasional dan nonrelasional database atau HPC (high-performance computing).
  • Accelerated computing instances (Instance terakselerasi untuk komputasi)
    Tipe ini menggunakan perangkat keras akselerator untuk menjalankan beberapa fungsi secara lebih efisien dibandingkan dengan perangkat lunak yang berjalan pada CPU. Contohnya adalah penghitungan bilangan floating-point, pemrosesan grafik, dan data pattern matching (pencocokan pola data).
  • Storage optimized instance (Instance teroptimasi untuk penyimpanan)
    Opsi ini didesain untuk beban kerja yang membutuhkan akses read (baca) dan write (tulis) yang tinggi dan berurutan untuk kumpulan data yang besar di penyimpanan lokal.

Cara Kerja Amazon EC2

Amazon EC2 dapat digunakan dengan mudah dengan beberapa langkah saja.

  1. Luncurkan
    Mulailah dengan memilih sebuah template dengan konfigurasi dasar untuk instance Anda. Konfigurasi dasar ini termasuk sistem operasi, server aplikasi, atau aplikasi lainnya. Anda juga dapat memilih tipe instance, yaitu konfigurasi perangkat keras tertentu dari instance Anda.

    Selagi menyiapkan peluncuran instance, tentukanlah pengaturan keamanan untuk mengontrol lalu lintas jaringan yang dapat mengalir masuk dan keluar instance Anda. Nanti kita akan menjelajahi fitur keamanan Amazon EC2 secara lebih detail di materi selanjutnya.
  2. Hubungkan
    Anda dapat terhubung ke instance dengan beberapa cara. Program dan aplikasi Anda memiliki beberapa metode berbeda untuk terhubung dan bertukar data langsung ke instance. Anda dapat terhubung juga ke instance dengan mengaksesnya dari desktop.
  3. Gunakan
    Setelah terhubung ke instance, Anda dapat mulai menggunakannya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan Amazon EC2 instance, seperti menginstal perangkat lunak, menambah penyimpanan, menyalin dan mengatur file.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Pengertian dan Cara Kerja Amazon EC2. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 167 times, 1 visits today)
Klik untuk berbagi dengan orang lain
Baca Juga :  Cara Install Python pada Amazon Linux

Similar Posts