Thursday, November 30, 2023
Mikrotik scheduler

Cara Membuat Auto Restart (Reboot) Mikrotik dengan WinBox menggunakan Script Schedule 2023

auto

“Cara Membuat Auto Restart (Reboot) Mikrotik dengan WinBox menggunakan Script Schedule 2023”

Pengantar

MikroTik adalah sebuah perusahaan asal Latvia yang terkenal karena mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak (software) untuk jaringan komputer. Perusahaan ini terutama dikenal dengan produk-produknya yang berfokus pada perangkat keras jaringan seperti router, switch, dan perangkat akses nirkabel (wireless access point). MikroTik juga mengembangkan sistem operasi bernama RouterOS yang digunakan dalam perangkat keras mereka.

Produk-produk MikroTik banyak digunakan oleh penyedia layanan internet (ISP), administrator jaringan, dan pengguna rumahan yang memiliki kebutuhan jaringan yang kompleks. RouterOS adalah sistem operasi yang kuat dan serbaguna yang memungkinkan konfigurasi yang sangat fleksibel untuk mengelola dan mengoptimalkan jaringan. Beberapa fitur utama dari produk MikroTik termasuk routing, switching, firewall, VPN (Virtual Private Network), manajemen bandwidth, dan banyak lagi.

MikroTik juga dikenal karena harga yang terjangkau, yang membuat produk-produknya populer di kalangan pengguna yang memiliki anggaran terbatas tetapi membutuhkan solusi jaringan yang andal.

Selain perangkat keras dan perangkat lunaknya, MikroTik juga menyediakan berbagai macam pelatihan dan sertifikasi untuk membantu para profesional jaringan dalam menguasai penggunaan produk-produk MikroTik. Produk dan layanan MikroTik telah menjadi bagian integral dari infrastruktur jaringan di berbagai jenis organisasi di seluruh dunia.

Cara Membuat Auto Restart (Reboot) Mikrotik

  • Login ke mikrotik lewat Winbox
  • Pilih menu System -> Scheduler
  • Klik tanda + ( plus )
  • Kemudian isi seperti berikut :
Ket :

Name : reboot-2minggu
Start date : 2 okto 2023 | Tanggal mulai, dimana schedule itu akan dijalankan
Start Time : 00:00:10 | Waktu/Jam, dimana schedule itu akan dijalankan
Interval : 14d 00:00:00 | Rentang waktu schedule akan dijalankan kembali ( 1d / 7d /     14d / 30d / 40d )
On Event : Action dari schedule ketika waktu sudah sesuai, dalam hal ini reboot router mikrotik dengan perintah /system reboot
  • Klik apply nanti muncul next run ( kapan schedul akan di eksesuki lagi )
Baca Juga :  Cara Memproteksi Mikrotik dari Serangan Hacker dengan Port Knocking

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Membuat Auto Restart (Reboot) Mikrotik dengan WinBox menggunakan Script Schedule 2023 . Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 76 times, 1 visits today)

Similar Posts