Wednesday, June 12, 2024
Access Point Mikrotik Ruijie

Cara Setup Acces Point Ruijie

ruijie

“Cara Setup Acces Point Ruijie”

Pengantar

Access Point Ruijie adalah produk dari Ruijie Networks, sebuah perusahaan teknologi jaringan yang berbasis di Tiongkok. Access Point (AP) Ruijie dirancang untuk menyediakan solusi jaringan nirkabel yang andal dan berkinerja tinggi. Ini digunakan dalam berbagai lingkungan, termasuk perusahaan, institusi pendidikan, rumah, dan sektor lainnya. Berikut beberapa fitur umum yang sering terkait dengan Access Point Ruijie:

  1. Manajemen Sentral: Sebagian besar AP Ruijie dapat dikelola secara sentral melalui perangkat lunak manajemen yang disediakan oleh Ruijie. Ini memungkinkan pengguna untuk mengelola konfigurasi, pemantauan, pembaruan firmware, dan keamanan AP dari satu antarmuka.
  2. Keamanan: AP Ruijie mendukung berbagai protokol keamanan seperti WPA2, WPA3, dan mekanisme keamanan lainnya untuk melindungi jaringan nirkabel dari ancaman keamanan.
  3. Kecepatan dan Kinerja: AP Ruijie sering didesain untuk menyediakan kecepatan tinggi dan kinerja yang dapat diandalkan. Beberapa model mungkin mendukung standar Wi-Fi terbaru seperti 802.11ac atau 802.11ax (Wi-Fi 6).
  4. Cakupan Jaringan: AP Ruijie hadir dalam berbagai model yang sesuai dengan cakupan jaringan yang berbeda. Ada model yang cocok untuk lingkungan dalam ruangan dan luar ruangan.
  5. Manajemen Pengguna: Anda dapat mengelola pengguna dan perangkat yang terhubung ke jaringan melalui antarmuka manajemen Ruijie, termasuk pengaturan hak akses dan pemantauan penggunaan jaringan.
  6. Pemantauan Kinerja: Ruijie Networks biasanya menyediakan alat pemantauan kinerja yang memungkinkan Anda untuk memahami bagaimana jaringan Anda digunakan dan mengidentifikasi masalah kinerja.

Ruijie Networks adalah salah satu perusahaan yang berkembang dalam industri jaringan dan telah mendapatkan pengakuan di pasar Asia dan internasional. Seperti halnya dengan merek Access Point lainnya, pemilihan Access Point Ruijie harus didasarkan pada kebutuhan khusus jaringan Anda, termasuk cakupan, kinerja, dan fitur keamanan yang diperlukan.

Kelebihan

Beberapa kelebihan dari Access Point Ruijie dapat mencakup:

  1. Kinerja Tinggi: Access Point Ruijie sering didesain untuk menyediakan kinerja Wi-Fi yang cepat dan andal, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses data dengan cepat dan lancar.
  2. Manajemen Sentral: Ruijie Networks menyediakan perangkat lunak manajemen yang kuat untuk mengelola dan mengawasi semua Access Point dalam jaringan Anda dari satu antarmuka. Ini membuat manajemen jaringan lebih efisien.
  3. Keamanan: Access Point Ruijie biasanya menawarkan berbagai opsi keamanan, termasuk enkripsi kuat dan manajemen akses yang canggih, untuk melindungi jaringan nirkabel Anda dari ancaman keamanan.
  4. Skalabilitas: Anda dapat dengan mudah menambahkan lebih banyak Access Point Ruijie ke jaringan Anda saat kebutuhan tumbuh. Ini membuat jaringan dapat diperluas sesuai kebutuhan tanpa gangguan besar.
  5. Cakupan Wi-Fi yang Fleksibel: Ruijie menyediakan beragam model Access Point yang sesuai untuk berbagai lingkungan, termasuk model dalam ruangan dan luar ruangan. Anda dapat memilih model yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
  6. Pemantauan dan Pemecahan Masalah: Perangkat lunak manajemen Ruijie sering menyertakan alat pemantauan kinerja dan pemecahan masalah yang dapat membantu Anda mengidentifikasi dan mengatasi masalah jaringan dengan cepat.
  7. Dukungan Teknis: Ruijie Networks biasanya menyediakan dukungan teknis yang baik, yang dapat membantu Anda dengan konfigurasi, pemecahan masalah, dan pembaruan perangkat.

Penting untuk diingat bahwa kelebihan yang spesifik dapat bervariasi tergantung pada model dan versi perangkat tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan penelitian lebih lanjut dan berkonsultasi dengan vendor atau perusahaan Ruijie untuk memastikan bahwa Access Point Ruijie yang Anda pilih memenuhi kebutuhan jaringan Anda.

Setup AP Ruijie via Cloud

  • Untuk Setup ruijie bisa lewat cloud portal
  • buat account atau login dulu ke https://cloud-as.ruijienetworks.com
  • Tampilan dashboard
Baca Juga :  Membuat Jaringan Internet Untuk Gedung 4 Lantai Dengan 2 ISP – Part 5 – Setup AP untuk Hotspot Mikrotik
  • Buat Project dahulu Jika Baru pertama login
  • Klik Menu AP untuk melihat list AP
  • Uniknya disini untuk setup device AP ruijie hanya butuh SN ( Serial Number ) dari device nya.
  • Colokan dahulu AP ruijie ke switch dari port 6 dengan segment IP 10.10.10.0/24.
  • Klik Add Untuk menambahkan AP baru
  • Klik Add a Device
  • Masukan SN dan alias ( unutk nama Device AP nya)
  • Klik OK
  • Nanti tinggal tunggu proses syncronisasi sampai config status nya jadi Synchronized

Menambahkan SSID pada AP Ruijie

  • Klik menu Configuration
  • Klik tanda Plus (+) untuk menambahkan SSID
  • tambahkan nama SSID dan password untuk login
  • Klik OK
  • Klik Save
  • Nanti SSID akan ada otomatis di semua Device AP ruijie yang sudah di setup di device list
  • Gampang kan jadi kita bisa bikin multi SSID dari cloud .

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Setup Acces Point Ruijie. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 117 times, 1 visits today)

Similar Posts