Proxy Techno Info

Apa itu Proxy ? Pengertian, Cara Kerja, Manfaat dan Jenis-jenis Proxy

proxy

” Apa itu Proxy ? Pengertian, Cara Kerja, Manfaat dan Jenis-jenis Proxy “

Apa kalian tau apa itu proxy ? Untuk pengertian nya sangat sederhana. Pada saat ini akses internet yang secara bebas diikuti pula dengan berbagai bahaya yang melekat pada pelanggaran keamanan data dan pencurian identitas. Setelah anda terkoneksi ke internet dengan perangkat smartphone, laptop atau PC. Setelah perangkat tersebut terhubung ke jaringan internet lalu mendapatkan alamat IP, maka informasi mengenai perangkat Anda bisa diketahui. Contohnya seperti lokasi perangkat, jenis perangkat dan bahkan informasi yang menggunakan perangkat tersebut.

Oleh karena itu Anda perlu selalu waspada saat mengakses internet, terutama jika Anda tidak menggunakan perlindungan Proxy. Tanpa perlindungan Proxy maka IP Address Anda terlihat jelas dan melalui IP seseorang berpotensi menggunakannya untuk hal yang tidak baik. 

Pengertian

Proxy adalah sistem yang membuat pengguna bisa mengakses jaringan internet atau mencari informasi di internet menggunakan alamat IP atau IP Address yang berbeda dengan yang diterima perangkat. 

Server proxy bertindak sebagai pintu gerbang antara Anda dan internet. Ini adalah server perantara yang memisahkan pengguna akhir dari website yang dijelajahi. Server proxy menyediakan berbagai tingkat fungsionalitas, keamanan, dan privasi tergantung pada kasus penggunaan, kebutuhan, atau kebijakan.

Server proxy juga bisa disebut sebagai firewall dan web filter, menyediakan koneksi jaringan bersama dan data cache untuk mempercepat permintaan umum. Server proxy yang baik menjaga pengguna dan jaringan internal terlindungi dari hal-hal buruk yang hidup di internet. Terakhir, server proxy juga dapat memberikan privasi tingkat tinggi.

Cara kerja

Setiap komputer yang menggunakan internet memerlukan IP address. Ibarat alamat rumah, IP address bisa membantu proxy mengetahui ke manakah data akan dikirim.

Baca Juga :  Cara Live Streaming di Facebook Untuk Pemula

Ketika kamu melakukan request atau permintaan berupa pencarian di mesin pencari atau mengakses sebuah website, server proxy akan mengirimkan permintaan ini ke server website, mengambil respon dari server website, dan mengantarkannya ke tampilan browser-mu.

Ketika server proxy meneruskan permintaanmu, proxy dapat mengubah alamat IP milikmu sehingga server website tidak mengetahui persis lokasimu mengakses data. Alhasil, datamu bisa terenkripsi dan tidak dapat dibaca saat melakukan transit.

Manfaat Proxy

  • Mengontrol penggunaan internet.

Dengan adanya Proxy kita bisa mengontrol penggunaan internet misal client , keluarga atau karyawan. Sehingga dengan adanya proxy kita bisa memonitor penggunaan internet yang ada saat ini.

  • Menyimpan bandwidth dan meningkatkan kecepatan

Salah satu manfaat proxy adalah kemamupuannya untuk menyimpan cache. Jadi, saat kamu hendak mengakses data dari website yang pernah dikunjungi sebelumnya, proxy hanya perlu mengakses dari penyimpanan sehingga dapat meningkatkan kecepatan website.

  • Privacy yang terjaga

Individu dan organisasi yang menggunakan proxy biasanya bisa lebih menjaga kerahasiaan data pribadi mereka. Sebab, salah satu manfaat proxy server adalah dapat mengubah alamat IP dan informasi pribadi lainnya sehingga server website tidak dapat mengakses data pengguna.

  • Keamanan yang lebih baik

Selain kerahasiaan data, kamu juga bisa memanfaatkan pengaturan proxy untuk meningkatkan keamanan, misalnya merahasiakan data transaksi atau mencegah akses ke situs malware. Tak hanya itu, organisasi juga dapat menggabungkan server proxy mereka dengan Virtual Private Network (VPN) sehingga pengguna jarak jauh selalu mengakses internet melalui proxy kantor.

  • Akses ke Sumber Daya yang Diblokir  

Dengan adanya proxy , memungkinkan pengguna untuk menghindari pembatasan konten yang diberlakukan oleh perusahaan atau pemerintah.

Jenis – Jenis Proxy

– Transparent Proxy

Transparent Proxy memberi tahu situs web bahwa itu adalah server proxy dan masih akan meneruskan alamat IP Anda, mengidentifikasi Anda ke server web. Bisnis, perpustakaan umum, dan sekolah sering kali menggunakan Transparent Proxy untuk pemfilteran konten. Keduanya mudah disiapkan di sisi klien dan server.

– Anonymous Proxy

Anonymous proxy akan mengidentifikasi dirinya sebagai proxy, tetapi tidak akan meneruskan alamat IP Anda ke situs web. Ini membantu mencegah pencurian identitas dan menjaga kebiasaan menjelajah Anda tetap pribadi. Mereka juga dapat mencegah situs web menyajikan konten pemasaran yang ditargetkan berdasarkan lokasi Anda. Misalnya, jika CNN mengetahui Anda tinggal di Bogor, Indonesia mereka akan menampilkan berita yang menurut mereka relevan dengan Bogor, Indonesia. Menjelajah secara anonim akan mencegah situs web menggunakan beberapa teknik penargetan iklan, tetapi bukan jaminan 100%.

– Distorting Proxy

Distorting Proxy meneruskan alamat IP palsu untuk Anda saat mengidentifikasi dirinya sebagai proxy. Ini memiliki tujuan yang sama dengan Anonymous Proxy, tetapi dengan mengirimkan alamat IP palsu, Anda dapat terlihat dari lokasi berbeda untuk menghindari pembatasan konten.

– High Anonymity Proxy

High Anonymity Proxy secara berkala mengubah alamat IP yang mereka berikan ke server web, sehingga sangat sulit untuk melacak lalu lintas milik siapa. High Anonymity Proxy, seperti Jaringan TOR yang mana adalah cara paling pribadi dan aman untuk mengakses internet.

Klik untuk berbagi dengan orang lain

Similar Posts