Tuesday, March 19, 2024
Techno Info VPS Server

Daftar VPS Gratis Indonesia untuk Pemula

vps

“Daftar VPS Gratis Indonesia untuk Pemula”

Pengertian VPS

Virtual Private Server (VPS) adalah server pribadi yang keseluruhan resource-nya hanya digunakan oleh satu pengguna saja dan tidak dipengaruhi oleh pengguna lain. Pengguna dapat mengelola secara penuh semua konfigurasi dan resource yang ada pada VPS dan melakukan apa pun yang diinginkan.

Teknologi yang digunakan VPS adalah virtualisasi hardware server fisik yang kemudian dibagi menjadi beberapa resource berbeda. Disebut virtual karena pembagian ini dilakukan dengan menggunakan software sehingga dalam satu server fisik bisa terdapat beberapa VPS yang dijalankan.

FUNGSI VPS

Setelah menjelaskan mengenai apa itu VPS, saya akan sedikit membahas tentang fungsi dari VPS itu sendiri. Berikut beberapa fungsi VPS yang paling banyak diterapkan oleh pengguna:

Apa itu VPS sebagai server website?. Sebagian besar VPS digunakan untuk mengeksekusi halaman website atau disebut juga sebagai layanan web hosting. Pengguna akan menggunakan VPS di saat layanan mereka membutuhkan resource yang lebih tinggi. Biasanya sampai melewati batas penggunaan resource sehingga layanan hosting tidak dapat memenuhi permintaan. Sebagian besar pengguna yang menggunakan VPS adalah para developer yang memiliki klien atau perusahaan dengan load tinggi. Meskipun ada juga pribadi yang menggunakan layanan VPS karena traffic website yang dikelolanya sudah sangat padat.

  • Sebagai File Hosting

Apa itu VPS hosting?. Selain file halaman website, VPS juga menyimpan file-file pribadi agar dapat diakses menggunakan jaringan internet di mana saja. Sebagian besar file hosting diperbolehkan pada layanan VPS saja dan tidak diizinkan pada layanan hosting karena hanya akan membebani server dan tentu saja mengganggu pengguna lain. Besarnya kapasitas penyimpanan pada VPS tergantung pada paket yang digunakan pengguna. Semakin besar disk space, semakin mahal pula biaya berlangganan per bulannya.

Sebagian pengguna memanfaatkan VPS sebagai mesin yang menjalankan bisnis mereka. Pengguna yang menerapkan ini akan menaruh bot di dalam server. Bot akan menjalankan perintah yang sudah ditanamkan secara otomatis dalam rentang waktu tertentu. Ketika Bitcoin masih menjadi pembicaraan yang hangat , banyak pengguna mencoba menggunakan VPS untuk menambang BitCoin. Namun, hampir semua penyedia layanan VPS melarang penggunaan untuk tujuan seperti itu karena akan membuat server berada pada posisi load yang tinggi dalam waktu lama..

Beberapa pengguna memanfaatkan layanan VPS untuk dijadikan server Virtual Private Network (VPN). VPN adalah sambungan koneksi pribadi dan hanya bisa digunakan oleh pengguna terdaftar yang memiliki username dan password untuk melakukan sambungan. VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antarperangkat. Server VPN ini dapat berupa komputer atau VPS yang sudah terinstall VPN server di dalamnya.

Terkadang developer melakukan pengembangan dan pengetesan aplikasi yang sedang dikembangkannya menggunakan VPS yang dimanfaatkan sebagai hosting aplikasi. VPS juga dapat digunakan untuk membangun custom mission critical software tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi.

  • Mesin Percobaan

Pada proses pengembangan website, terkadang Anda harus melakukan pengetesan yang mencakup kebutuhan sistem yang akan dijalankan. Dengan adanya VPS, segala bentuk kekurangan dapat diubah secepat mungkin. Selain itu, spesifikasi ini akan memudahkan pengembang untuk menggunakan hosting yang sesuai dengan kebutuhan website dan sistem.

Semua server rentan terhadap kehilangan data. Hal itu bisa terjadi karena adanya kesalahan konfigurasi bahkan pembobolan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tujuan ditambahkannya backup server adalah untuk menyimpan data terakhir server secara up-to-date Sehingga ketika terjadi masalah yang tidak diinginkan pada server utama, akan ada backup server yang bisa di-restore sewaktu-waktu.

Baca Juga :  Cara Install Virtualizor untuk OpenVZ bagi pemula

Berikut daftar VPS gratis di Indonesia.

1. Cloudmatika.co.id

VPS Gratis Indonesia Trial 7 Hari / 1 Minggu!
Spesifikasi VPS: CPU 3 Core hingga 6 Core, RAM 1 GB sampai 4 GB, OS Windows, Disk Space 50 GB – 150 GB, dll
Cara mendapatkan VPS gratis di Cloudmatika cukup mudah. Sila cek disini:
cloudmatika.co.id/­cloud-vps-windows/

2. Dewaweb.com

VPS Gratis Indonesia Trial 30 Hari!
Spesifikasi VPS: Max 1 CPU, Max RAM 1 GB, SSD 20 – 30 GB, Server Indonesia / Singapura, OS Windows / Linux, dll.
Cara mendapatkan VPS gratis di Dewaweb cukup mudah. Cukup isi form disini :
https://­www.dewaweb.com/blog/­vps-free-trial-60-har­i-ssd-cloud-server/

3. Fastacenter.com

VPS Gratis Indonesia Trial 12 Jam! Spesifikasi VPS: RAM 512 MB – 4 GB, CPU 2 Core hingga 4 Core, Disk Space 20 GB sampai 75 GB, dll

Cara mendapatkan VPS gratis di Fastacenter cukup mudah. Sila cek disini:
https://­fastacenter.com/trial

4. Idcloudhost.com

VPS Gratis Indonesia Trial 1 Hari / 24 Jam!
Spesifikasi VPS: CPU 1 Core sampai 3 Core, RAM 256 MB hingga 4 GB, SSD 30 – 200 GB, dll.

Cara mendapatkan VPS gratis di Idcloudhost cukup mudah. Tinggal order vps seperti biasanya, namun sebelum klik Complete Order, masukkan format catatan pada additional notes seperti ini:
[TRIAL LAYANAN IDCLOUDHOST]

5. Masterweb.com

VPS Gratis Indonesia Trial 5 Hari!
Spesifikasi VPS: Disk Space 5 GB, RAM 512 MB, 3 OS pilihan (debian, ubuntu, centos), dll
Cara mendapatkan VPS gratis di Masterweb cukup mudah.

– Cukup buat akun di Masterweb, Gratis!
– Kemudian pilih menu tiket support > buka tiket support baru > technical support > pertanyaan lain soal teknikal support > submit (Jangan lupa lampirkan KTP)

(Visited 643 times, 2 visits today)

Similar Posts