Thursday, September 29, 2022
GCP Terraform

Belajar Terraform di GCP

Terraform

“Belajar Terraform di GCP”

Pengantar

Terraform memungkinkan Anda membuat, mengubah, dan meningkatkan infrastruktur dengan aman dan dapat diprediksi. Ini adalah alat open source yang mengkodifikasi API ke dalam file konfigurasi deklaratif yang dapat dibagikan di antara rekan kerja, diperlakukan sebagai kode, diedit, ditinjau, dan diversi.

Apa itu Terraform ?

Terraform adalah alat untuk membangun, mengubah, dan membuat versi infrastruktur dengan aman dan efisien. Terraform dapat mengelola penyedia layanan populer yang ada dan solusi internal khusus.

File konfigurasi menjelaskan kepada Terraform komponen yang diperlukan untuk menjalankan satu aplikasi atau seluruh pusat data Anda. Terraform menghasilkan rencana eksekusi yang menjelaskan apa yang akan dilakukan untuk mencapai keadaan yang diinginkan, dan kemudian mengeksekusinya untuk membangun infrastruktur yang dijelaskan. Saat konfigurasi berubah, Terraform dapat menentukan apa yang berubah dan membuat rencana eksekusi tambahan yang dapat diterapkan.

Infrastruktur yang dapat dikelola Terraform mencakup komponen tingkat rendah seperti instans komputasi, penyimpanan, dan jaringan, dan komponen tingkat tinggi seperti entri DNS dan fitur SaaS.

Fitur – Fitur dari Terraform

  • Infrastructure as code

Infrastruktur dijelaskan menggunakan sintaks konfigurasi tingkat tinggi. Ini memungkinkan cetak biru pusat data Anda untuk diversi dan diperlakukan seperti yang Anda lakukan pada kode lainnya. Selain itu, infrastruktur dapat dibagi dan digunakan kembali.

  • Execution plans

Terraform memiliki langkah perencanaan yang menghasilkan rencana eksekusi. Rencana eksekusi menunjukkan apa yang akan dilakukan Terraform saat Anda menjalankan perintah apply. Ini memungkinkan Anda menghindari kejutan saat Terraform memanipulasi infrastruktur.

Baca Juga :  Cara Daftar Google Coud Platform (GCP) 2021
  • Memiliki Graph

Terraform membuat grafik semua sumber daya Anda dan memparalelkan pembuatan dan modifikasi sumber daya yang tidak bergantung. Karena itu, Terraform membangun infrastruktur seefisien mungkin, dan operator mendapatkan wawasan tentang dependensi dalam infrastruktur mereka.

  • Change automation

Kumpulan perubahan kompleks dapat diterapkan ke infrastruktur Anda dengan interaksi manusia yang minimal. Dengan rencana eksekusi dan grafik sumber daya yang disebutkan sebelumnya, Anda tahu persis apa yang akan diubah Terraform dan dalam urutan apa, yang membantu Anda menghindari banyak kemungkinan kesalahan manusia.

Menggunakan Terraform di GCP

  • Ketikan command berikut dan eksekusi
terraform

Membuat Infrastruktur dengan Terraform

  • Di dalam cloud shell buat file baru
touch instance.tf
  • Click Open Editor pada Cloud Shell toolbar. Untuk berpindah antara Cloud Shell dan code editor, click Open Editor atau Open Terminal , atau click Open in a new window to meninggalkan Editor dan membuka tab baru.
  • Klik Click instance.tf , lalu masukan script berikut -> ganti project id dengan milikmu
resource "google_compute_instance" "terraform" {
  project      = "<PROJECT_ID>"
  name         = "terraform"
  machine_type = "n1-standard-1"
  zone         = "us-central1-a"
  boot_disk {
    initialize_params {
      image = "debian-cloud/debian-9"
    }
  }
  network_interface {
    network = "default"
    access_config {
    }
  }
}
  • Initialization -> Setiap ada konfigurasi baru
terraform init
  • Buat execution plan
terraform plan
  • Simpan perubahan -> ketik yes lalu Enter
terraform apply
  • cek list terraform
terraform show

Cek Hasil Create VM via terraform

Buka Navigation menu, click Compute Engine > VM instances

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Belajar Terraform di GCP. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 185 times, 1 visits today)
Klik untuk berbagi dengan orang lain

Similar Posts