Monday, September 26, 2022
Cisco

Pengertian Cisco

cisco

“Pengertian Cisco”

Pengantar

Cisco adalah peralatan namun juga merupakan nama perusahaan yang menciptakan serta mengembangkan alat untuk membuat jaringan ini.

Asal Usul Cisco

Menurut pengertiannya dari segi alat, Cisco adalah peralatan yang digunakan untuk jarrian are luas atau dikenal dengan Wide Area Network (WAN).

Cisco router menjadi alat yang membantu informasi agar bisa diteruskan ke banyak alamat berjauhan serta jaringan komputer lain. Tujuannya adalah bisa meneruskan paket dari antar jaringan LAN. Terdapat tabel dan protokol routing yang fungsinya mengatur lalu lintas data. Nantinya paket data akan diperiksa terlebih dahulu saat tiba di router baru diteruskan ke alamat tujuan.

Ada sebuah proses data yang sebaiknya dilakukan dengan cepat hingga akhirnya data diteruskan. Di sinilah Cisco router berfungsi dengan memanfaatkan CPU dan Central Processing Unit (CPU) dalam memproses lalu lintas data.

Dilihat dari pengertiannya, maka tanpa adanya Cisco, paket data mungkin saja tidak bisa diteruskan dengan waktu cepat. Inilah yang sering membuat jaringan lambat atau tidak sampai sama sekali.

Asal usul dari Cisco ternyata sudah dimulai sejak tahun 1980 oleh pasangan suami istri yitu Len dan Sandy Bosack. Keduanya yang bekerja di perusahaan komputer berbeda mengalami kesulitan bekerja dengan komputer yang tidak bisa berkomunikasi dengan cepat.

Melalui kesulitan tersebutlah, Len dan Sandy menciptakan gateway yang ditempatkan di ruang tamu. Baru pada tahun 1984, muncul produk bernama cisco yang menjadi asal mula dunia networking. Terciptakan server cisco mengubah dunia networking bahkan sampai sekarang.

Baca Juga :  MEMBUAT JARINGAN SEDERHANA MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER

Hingga barulah pada tahun 1992, didirikan perusahaan Cisco System. Apabila dilihat dari asal usulnya, maka sudah sangat jelas bahwa cisco sebenarnya merupakan alat bukan perusahaan. Setelah server cisco diciptakan, barulah perusahaannya dibentuk dan masih berdiri hingga sekarang.

Produk Keluaran Cisco

Berikut inilah yang merupakan produk keluaran cisco pertama kali.

  • AGS yaitu Advanced Gateway Server
  • MGS yaitu Mid Range Gateway Server
  • CGS yaitu Integrated Gateway Server
  • AGS+ yaitu Advanced Gateway Server Plus

Fungsi Cisco sesuai Bagian-Bagiannya

Alatnya pun terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi masing-masing yaitu:

1. RAM

Pada alat cisco tertanam RAM yang fungsi utamanya sebagai penyimpanan konfigurasi saat berjalan serta sistem IOS yang digunakan. Selain itu juga berfungsi dalam penyimpanan routing table, pengelolaan antrian paket,

RAM pada cisco bekerja sebagai penyedia memori sementara saat terjadi konfigurasi file dan menangani paket buffer. Ketika nantinya sumber daya hilang hilang saat direstart maka data juga ikut hilang.

2. Flash Memory

Penyimpanan Operating System Image terjadi di dalam flash memory dan ada banyak versi IOS di dalamnya yang bisa disimpan. Berkat flash memory, ketika router cisco kehilangan power maka isinya tetap tersimpan dengan baik.

3. NVRAM

Atau yang disebut dengan Non Volatile RAM yaitu berfungsi untuk penyimpanan konfigurasi start up. Sama seperti flash memory, isinya akan tetap ada walaupun router kehilangan power.

4. ROM

Fungsi rom dalam router cisco adalah untuk penyimpanan sistem bootstrap. Sehingga bisa digunakan untuk pengaturan proses serta menjalankan POST atau Power on self test serta IOS image.

Teknologi Cisco Packet Tracer

Salah satu teknologi yang juga cukup terkenal adalah cisco packet tracer.

Baca Juga :  Apa itu VPN? Mengenal Prinsip & Cara Kerja VPN

Teknologi ini dibuat untuk memudahkan pembelajaran dan pelatihan. Cisco packet tracer adalah simulator jaringan cisco.

Program ini disediakan gratis untuk digunakan di fakultas serta mahasiswa yang masuk ke akademik Cisco.

Dengan adanya alat ini, maka banyak siswa yang paham betul dengan jaringan komputer. Sehingga mampu membangun skill dalam pengoperasian beragai alat jaringan yang disediakan Cisco.

Apa saja fungsi dari cisco packet tracer? Disamping dari tujuannya tersebut yang memudahkan mahasiswa, ada beberapa fungsi yang dimiliki simulator ini.

Pertama adalah memudahkan dalam konfigurasi hingga membangun jaringan antar muka dengan mudah.

Kedua bisa digunakan untuk melatih kemampuan dalam menyelesaikan proyek di kehidupan nyata.

Ketiga berfungsi sebagai pemantauan logistik transfer paket, hingga data lainnya dalam waktu nyata.

Masih banyak, keuntungan yang diberikan oleh teknologi ini. Soal akademi cisco akan dibahas lebih lanjut sebagai berikut ini.

Akademi Network Cisco dan Sertifikasinya

Beberapa sertifikat yang diberikan dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan tingkatan sebagai berikut ini:

1. Sertifikasi Level Associate

Disebut juga dengan Cisco Certified Network Associate atau CCNA. Merupakan sertifikasi dasar yang diberikan sebelum mendapatkan sertifikasi selanjutnya.

Bagi mereka yang mendapatkan sertifikasi ini artinya sudah menguasai dasar jaringan, operasi, konsep serat konfigurasi atau penyelesaian masalah.

Apabila ilmu dasar ini sudah dikuasai, maka ada beberapa sertifikasi lanjutan yang akan diberikan yaitu CCNA Security, CCNA Voice CCNP serta CCNA WIreless.

2. Sertifikasi Profesional

Sertifikasi profesional yang diberikan ini khusus untuk mereka yang sudah memiliki sertifikat CCNA masih valid. Ada beberapa macam dari sertifikasi ini yaitu:

  • CCNP atau Cisco Certified Network Professional
  • CCDP atau Certified Design Professional
  • CCIP atau Certified Internetwork Professional
  • CCSP atau Cisco Certified Security Professional
  • CCVP atau Cisco Certified Voice Professional
Baca Juga :  Cara Memantau dan Memonitor Jaringan Mikrotik Menggunakan The Dude

3. Sertifikasi Ahli atau Expert

Pada jenis yang ketiga ini terbagi menjadi dua macam saja yaitu CCDE atau Cisco Certified Design Expert.

Sertifikat ini diberikan untuk mereka yang memiliki kemampuan handal dalam optimalisasi, mengembangkan dan memberikan solusi hingga dukungan teknis dan strategis.

Sertifikasi kedua adalah CCIE atau Certified Internetwork Expert yang paling tinggi dengan ujian paling susah.

Dengan adanya sertifikasi ini, maka orang tersebut memiliki kemampuan tentang CIsco meluas baik itu hardware, software serta solusi penggunaan bahkan bisa memberikan konsultasi.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Cisco. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya

(Visited 97 times, 1 visits today)
Klik untuk berbagi dengan orang lain

Similar Posts