Friday, March 29, 2024
hotspot Mikrotik

Cara Membuat Daftar Web yang Bisa Diakses Tanpa Harus Login Hotspot

daftar

“Cara Membuat Daftar Web yang Bisa Diakses Tanpa Harus Login Hotspot”

Pengantar

Jika kita menggunakan sistem WiFi Hotspot Mikrotik, semua user yang konek ke WiFi Hotspot tidak bisa mengakses apapun kecuali halaman login hotspot itu sendiri. Setelah user login barulah ia bisa bebas mengakses berbagai website.

Kemudian muncul pertanyaan, Apakah user hotspot yang belum login bisa mengakses situs/web yang kita tentukan? Maksudnya user tidak perlu login hotspot terlebih dahulu untuk bisa mengakses web tertentu. Jawabannya tentu saja Bisa. 
Fitur ini sudah tersedia di Sistem Hotspot Mikrotik, kita tinggal memanfaatkannya saja. Fitur ini bernama Walled Garden. Dengan menggunakan Walled Garden ini kita bisa mem-bypass proses autentikasi login hotspot untuk bisa mengakses situs tertentu.

Cara Membuat Daftar Web yang Bisa Diakses Tanpa Harus Login Hotspot

1. Masuk ke menu IP –> Hotspot –> Tab Walled Garden –> Tambahkan rule nya –> Isikan Dst Host dengan alamat web yang ingin di bypass –> Pilih Action allow –> OK

2. Kita bisa gunakan simbol wild card pada kolom Dst. Host nya. Misal kita gunakan simbol ‘*’ untuk menggantikan .com. Disini saya lakukan karena blog Mikrotik Indo bisa diakses melalui berbagain macam domain selain .com (misal : .co.id, .au, .de, .mx, dll) Jadi semua karakter setelah . [dot] akan diterima dan di bypass. Sehingga tidak perlu membuat rule satu per satu untuk . [dot] yang lainnya.
3. Selain itu kita juga bisa menambahkan karakter pada Regular Expression (Regex) lainnya pada Walled Garden ini.
4. Setelah itu bisa langsung kita coba akses ke halaman login hotspot nya.

Sumber : https://mikrotikindo.blogspot.com/2016/06/cara-bypass-web-halaman-login-mikrotik.html

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Membuat Daftar Web yang Bisa Diakses Tanpa Harus Login Hotspot . Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 562 times, 1 visits today)

Similar Posts