Monday, June 10, 2024
Centos Clamav

Install Clamav pada Centos 7

clamav

“Install Clamav pada Centos 7”

Pengantar

lamAV adalah singkatan dari “Clam AntiVirus,” yang merupakan sebuah perangkat lunak antivirus sumber terbuka (open-source) yang dirancang untuk mendeteksi dan menghapus berbagai jenis malware, seperti virus, worm, trojan, dan program berbahaya lainnya dari sistem komputer. ClamAV awalnya dikembangkan untuk sistem operasi Unix dan Linux, tetapi seiring waktu, versi-versi untuk berbagai platform lain, termasuk Windows, juga telah tersedia.

Salah satu keunggulan ClamAV adalah bahwa ia bisa digunakan secara gratis dan sumber terbuka, yang berarti siapa saja dapat mengakses dan memodifikasi kode sumbernya sesuai dengan kebutuhan. Ini memungkinkan banyak pengembang dan organisasi untuk berkontribusi pada perkembangan dan perbaikan perangkat lunak ini.

ClamAV bekerja dengan mendeteksi tanda-tanda karakteristik dari malware yang ada pada file atau dokumen yang diperiksa. Ini dilakukan dengan membandingkan tanda-tanda ini dengan definisi dan pola yang telah terdaftar dalam basis data virus. Jika ada kecocokan, ClamAV akan mengidentifikasi file tersebut sebagai malware dan memberikan tindakan yang sesuai, seperti memberi tahu pengguna atau mengisolasi file tersebut.

Meskipun ClamAV merupakan alat yang berguna untuk deteksi malware, perlu diingat bahwa tidak ada program antivirus tunggal yang dapat memberikan perlindungan sempurna terhadap semua ancaman keamanan. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan ClamAV bersama dengan langkah-langkah keamanan lainnya, seperti memperbarui sistem operasi dan perangkat lunak secara teratur, menghindari membuka lampiran atau tautan yang mencurigakan, dan menjaga backup data yang penting.

Install Clamav pada Centos 7

yum -y update
yum -y install epel-release

yum -y install clamav-server clamav-data clamav-update clamav-filesystem clamav clamav-scanner-systemd clamav-devel clamav-lib clamav-server-systemd

Cek Versi

clamscan –V

Configuring ClamAV

sed -i -e "s/^Example/#Example/" /etc/clamd.d/scan.conf
sed -i -e "s/#LocalSocket /LocalSocket /" /etc/clamd.d/scan.conf
sed -i -e "s/^Example/#Example/" /etc/freshclam.conf

freshclam

Buat Service

nano /usr/lib/systemd/system/freshclam.service

[Unit]
Description = freshclam scanner
After = network.target

[Service]
Type = forking
ExecStart = /usr/bin/freshclam -d -c 1
Restart = on-failure
PrivateTmp =true

[Install]
WantedBy=multi-user.target

Enable Service

systemctl enable clamd@scan
systemctl enable freshclam
systemctl start clamd@scan
systemctl start freshclam

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Install Clamav pada Centos 7. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 84 times, 1 visits today)

Similar Posts