Wednesday, June 12, 2024
CPNS PPPK Techno Info

Pendaftaran CPNS & PPPK 2023

cpns

“Pendaftaran CPNS & PPPK 2023”

Pengantar

Pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) adalah proses yang berbeda untuk menjadi seorang pegawai di sektor pemerintahan di Indonesia. Berikut penjelasan singkat tentang keduanya:

  1. Pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil):
    • CPNS adalah jalur rekrutmen untuk menjadi pegawai negeri sipil di berbagai instansi pemerintah di Indonesia.
    • Proses pendaftaran CPNS biasanya diumumkan oleh instansi pemerintah yang bersangkutan melalui situs web resmi dan media sosial mereka.
    • Calon pelamar harus memenuhi persyaratan yang ditentukan, termasuk kualifikasi pendidikan, usia, dan syarat-syarat lainnya sesuai dengan instansi yang mengumumkan lowongan.
    • Pelamar harus mendaftar melalui portal resmi yang dibuka untuk pendaftaran CPNS. Mereka kemudian akan mengikuti serangkaian tes, seperti ujian tulis, ujian kompetensi, dan wawancara.
    • Hasil seleksi akan menentukan apakah pelamar berhasil menjadi CPNS atau tidak.
  2. Pendaftaran PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja):
    • PPPK adalah jalur rekrutmen yang lebih baru yang memungkinkan pemerintah untuk merekrut pegawai non-PNS (bukan CPNS) dengan menggunakan perjanjian kerja tertentu.
    • PPPK sering digunakan untuk mengisi kebutuhan pegawai non-PNS di berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, dan administrasi.
    • Persyaratan dan proses pendaftaran PPPK dapat berbeda-beda tergantung pada instansi yang membuka lowongan. Pendaftaran biasanya diumumkan melalui situs web resmi instansi tersebut.
    • Calon pelamar harus memenuhi persyaratan yang ditentukan, dan mereka juga akan mengikuti proses seleksi yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah yang bersangkutan.

Pendaftaran CPNS dan PPPK adalah proses yang kompetitif, dan persaingan biasanya cukup ketat. Jika Anda tertarik untuk mendaftar, pastikan untuk memantau pengumuman resmi dari instansi yang bersangkutan dan mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti proses seleksi yang diperlukan.

Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan waktu pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 berakhir pada tanggal 11 October 2023. BKN mencatat berdasarkan data statistik pelamar pagi ini, sudah ada 1.134.112 calon pelamar untuk formasi CPNS yang sudah membuat akun di sscasn.bkn.go.id. Untuk pelamar formasi PPPK Tenaga Kesehatan, jumlah orang yang sudah membuat akun sebanyak 401.118.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Pendaftaran CPNS & PPPK 2023. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 70 times, 1 visits today)

Similar Posts