Tuesday, June 11, 2024
Centos Centos 8 Kernel Linux

Cara Romove Old Kernel pada Centos 7

old

“Cara Romove Old Kernel pada Centos 7”

Pengantar

Kernel CentOS adalah bagian inti dari sistem operasi CentOS, yang merupakan distribusi Linux berbasis komunitas yang berasal dari kode sumber terbuka dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Kernel adalah bagian inti dari sistem operasi yang menghubungkan perangkat keras komputer dengan perangkat lunak dan aplikasi yang berjalan di atasnya.

Kernel CentOS, seperti halnya kernel Linux pada umumnya, bertanggung jawab atas manajemen sumber daya komputer, termasuk manajemen memori, manajemen CPU, manajemen perangkat keras, serta menyediakan antarmuka bagi aplikasi untuk berinteraksi dengan perangkat keras.

Kernel CentOS secara khusus dikembangkan dan disesuaikan dengan distribusi CentOS untuk memastikan kompatibilitas, kinerja, keamanan, dan dukungan terhadap perangkat keras yang berbeda.

Setiap versi dari distribusi CentOS biasanya memiliki kernel yang dioptimalkan dan disesuaikan untuk menyediakan dukungan terhadap berbagai perangkat keras, memperbaiki keamanan, serta memperbaiki dan meningkatkan fungsionalitas sistem secara keseluruhan.

Fungsi kernel

Kernel memiliki beberapa fungsi utama dalam sistem operasi, termasuk dalam distribusi seperti CentOS:

  1. Manajemen Memori: Kernel mengelola memori komputer dengan cara mengalokasikan dan membagi sumber daya memori kepada berbagai aplikasi dan proses yang berjalan di sistem. Ini mencakup manajemen memori fisik dan virtual.
  2. Manajemen CPU: Kernel mengelola penggunaan CPU, termasuk penjadwalan proses, alokasi sumber daya CPU, dan pengaturan prioritas untuk menjalankan berbagai tugas pada komputer.
  3. Manajemen Perangkat Keras: Kernel berfungsi sebagai perantara antara perangkat keras komputer dan perangkat lunak/aplikasi yang berjalan di atasnya. Ini melibatkan pengenalan, pengelolaan, dan pengaturan perangkat keras seperti disk drive, jaringan, kartu grafis, USB, dan lainnya.
  4. Sistem File: Kernel menyediakan akses ke sistem file, memungkinkan aplikasi untuk membaca, menulis, dan mengelola data yang disimpan di dalamnya.
  5. Keamanan: Kernel menyediakan lapisan keamanan dengan mengendalikan akses ke sumber daya sistem dan memastikan bahwa proses yang berjalan di sistem memiliki akses yang sesuai sesuai dengan kebijakan keamanan yang telah ditetapkan.
  6. Manajemen Jaringan: Kernel mengelola protokol jaringan, termasuk pengaturan dan pemrosesan data yang dikirim dan diterima melalui jaringan, serta mengatur koneksi antara perangkat yang terhubung dalam jaringan.
  7. Pengelolaan Input/Output (I/O): Kernel mengontrol aliran data masuk dan keluar dari perangkat, termasuk transfer data antara perangkat penyimpanan seperti hard drive, solid-state drive, dan perangkat lainnya.
  8. Menyediakan antarmuka sistem: Kernel menyediakan antarmuka bagi pengembang dan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi, baik melalui perintah shell, antarmuka grafis, atau aplikasi.
Baca Juga :  Manage Docker Containers dengan Yacht

Dengan fungsi-fungsi ini, kernel menjadi inti dari sistem operasi yang menjembatani perangkat keras dan perangkat lunak serta memberikan lingkungan yang diperlukan agar komputer dapat beroperasi dengan baik.

Cara Romove Old Kernel pada Centos 7

 yum install yum-utils -y
  • Cek kernel yang digunakan saat ini
uname -a
uname -r
  • Cek list Kernel
rpm -qa kernel
package-cleanup --oldkernels --count=1 -y
reboot

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Romove Old Kernel pada Centos 7. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 40 times, 1 visits today)

Similar Posts