Wednesday, June 12, 2024
Linux Ubuntu Ubuntu Budgie

Review OS Ubuntu Budgie

budgie

“Review OS Ubuntu Budgie”

Pengantar

Ubuntu Budgie merupakan salah satu varian resmi dari sistem operasi Linux yang disebut “Ubuntu”. Ubuntu Budgie menggabungkan lingkungan desktop Budgie dengan dasar Ubuntu, menyediakan pengalaman pengguna yang bersih, ringan, dan mudah digunakan.

Budgie adalah lingkungan desktop yang dikembangkan oleh tim Solus dan ditujukan untuk memberikan antarmuka yang elegan, sederhana, dan intuitif bagi pengguna. Dengan menggunakan Budgie di atas Ubuntu, pengguna dapat menikmati kombinasi antara stabilitas dan kehandalan Ubuntu dengan desain yang estetis dari lingkungan desktop Budgie.

Ubuntu Budgie menyediakan berbagai aplikasi bawaan, utilitas, dan kemampuan kustomisasi yang memungkinkan pengguna untuk mengatur desktop sesuai dengan preferensi mereka. Ini termasuk dukungan untuk tema, panel, dan fitur-fitur lain yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas sistem sesuai keinginan mereka.

Keunggulan

Beberapa keunggulan dari Ubuntu Budgie antara lain:

  1. Antarmuka Pengguna yang Elegan: Ubuntu Budgie menggunakan lingkungan desktop Budgie yang menawarkan antarmuka pengguna yang bersih, estetis, dan mudah digunakan. Ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengakses aplikasi dan fungsi sistem.
  2. Ringan dan Responsif: Budgie dikenal karena kinerjanya yang ringan, sehingga Ubuntu Budgie dapat berjalan dengan baik pada berbagai jenis perangkat, bahkan yang memiliki spesifikasi yang lebih rendah.
  3. Kemudahan Penggunaan: Sebagai bagian dari keluarga Ubuntu, Ubuntu Budgie mendukung berbagai aplikasi populer, memiliki dokumentasi yang baik, serta mendapatkan dukungan dari komunitas pengguna Linux yang luas. Hal ini membuatnya mudah digunakan, terutama bagi pemula yang baru terjun ke dunia Linux.
  4. Kustomisasi yang Luas: Pengguna Ubuntu Budgie dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan desktop sesuai preferensi mereka. Dengan dukungan untuk berbagai tema, widget, dan kemampuan kustomisasi lainnya, pengguna dapat mengatur tampilan desktop sesuai dengan gaya dan kebutuhan mereka.
  5. Keandalan dan Dukungan Jangka Panjang: Sebagai varian Ubuntu resmi, Ubuntu Budgie mendapatkan manfaat dari dukungan jangka panjang, pembaruan keamanan, dan pemeliharaan yang teratur dari komunitas dan tim pengembang Canonical, yang membuatnya menjadi pilihan yang andal untuk pengguna Linux.
Baca Juga :  Cara Penggunaan Yum History pada Centos 7

Keunggulan-keunggulan ini membuat Ubuntu Budgie menjadi pilihan menarik bagi pengguna yang mencari kombinasi antara kehandalan Ubuntu dan antarmuka desktop yang elegan dan mudah disesuaikan dari lingkungan Budgie.

Spesifikasi Minimum Hardware

Spesifikasi minimum hardware untuk menjalankan Ubuntu Budgie biasanya mencakup:

  1. Prosesor: Prosesor Intel Pentium 4 atau AMD Athlon 64 atau yang lebih baru.
  2. RAM: Minimal 2 GB RAM untuk menjalankan sistem secara lancar, namun disarankan memiliki 4 GB RAM atau lebih untuk kinerja yang lebih baik.
  3. Penyimpanan: Sekitar 25 GB ruang kosong pada hard drive atau SSD untuk instalasi sistem dan aplikasi.
  4. Grafis: Kartu grafis yang mendukung resolusi layar minimal 1024×768 piksel.
  5. Koneksi Internet: Koneksi internet saat menginstal sistem dan untuk memperbarui perangkat lunak.

Namun, disarankan untuk memiliki spesifikasi hardware yang lebih tinggi jika memungkinkan, terutama jika Anda berencana untuk menjalankan aplikasi atau tugas yang lebih berat, seperti pengeditan video, pemrosesan grafis yang intensif, atau penggunaan berbagai aplikasi secara bersamaan.

Perlu diingat bahwa spesifikasi ini bersifat minimum dan sementara sistem mungkin dapat berjalan dengan spesifikasi ini, kinerja optimal akan tercapai dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Jika memungkinkan, selalu disarankan untuk memiliki hardware yang lebih kuat untuk pengalaman pengguna yang lebih baik.

Download ISO

download

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Review OS Ubuntu Budgie. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 92 times, 1 visits today)

Similar Posts