Monday, June 10, 2024
DNS DOH (DNS Over HTTPS) Mikrotik

Cara Konfigurasi DOH (DNS Over HTTPS) di MikroTik

DOH

“Cara Konfigurasi DOH (DNS Over HTTPS) di MikroTik”

Pengantar

DNS over HTTPS (DOH) adalah protokol yang mengenkripsi pertukaran data DNS antara perangkat pengguna dan server DNS menggunakan protokol HTTPS. Ini dirancang untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna dengan menyembunyikan detail permintaan DNS dari penyedia layanan internet dan pihak ketiga yang mungkin ingin memantau atau memanfaatkannya.

Untuk mengaktifkan DNS over HTTPS di MikroTik, Anda dapat menggunakan fitur DNS pada RouterOS dan mengarahkannya ke server DNS yang mendukung DOH.

Cara Konfigurasi DOH (DNS Over HTTPS) di MikroTik

  • Masuk ke menu IP > DNS
  • Tambahkan DOH server, Saya disini menggunakan DOH server punyanya cloudflare yaitu https://cloudflare-dns.com/dns-query
  • Allow remote request = enable, ketika allow remote request di enable maka Router MikroTik akan merespon permintaan DNS TCP dan UDP.
  • Tambahkan DNS Static, masuk ke menu IP > DNS > Static > Add. Buat dua DNS static dengan nama cloudflare-dns.com dan address : 104.16.248.249 dan 104.16.249.249
  • Kita bisa mengecek apakah DOH kita bekerja atau tidak di website https://1.1.1.1/help

Noted -> Setelah melakukan perubahan pada konfigurasi DNS, sebelum melakukan test diwajibkan untuk menghapus cache dns pada router terlebih dahulu.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Konfigurasi DOH (DNS Over HTTPS) di MikroTik. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 193 times, 1 visits today)
Baca Juga :  Cara Memproteksi Mikrotik dari Serangan Hacker dengan Port Knocking

Similar Posts