Domain Techno Info

Daftar List Penyedia Domain gratis untuk Pemula

domain

Daftar List Penyedia Domain gratis untuk Pemula”

Pengertian Domain

Domain adalah suatu nama unik yang berfungsi untuk mengidentifikasi nama server komputer. Nama domain ini bertujuan untuk mempermudah mengakses ke suatu alamat situs, daripada menggunakan deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Untuk membangun suatu website diperlukan nama domain dan webhosting agar nama domain dapat digunakan dan diakses pada dunia internet. Nama domain sendiri mempunyai ragam jenis dan penggunaannya tergantung dengan tujuan dan lokasi negara tersebut.

Domain mempunyai jenis seperti .com , .net , .org , .info , .edu , .mil , .gov dan .id. Untuk nama domain ini disebut dengan TLD (Top Level Domain). TLD sendiri terbagi beberapa macam seperti:

Top Level Domain (TLD)
TLD merupakan nama domain yang paling sering digunakan dan termasuk top level. TLD termasuk umum dan mudah diingat sehingga banyak sekali yang menggunakan. Banyak website yang sering menggunakannya antara lain yaitu .com, .net, .org, .edu. Domain tersebut juga tidak merujuk pada organisasi tertentu jadi bebas digunakan oleh situs personal.

Generic Top Level Domain (gTLD)
gTLD awalnya merupakan nama domain yang dikhususkan untuk oraganisasi atau bidang tertentu. Namun kini sudah tidak demikian, banyak situs biasa yang menggunakan tipe gTLD. Contoh dari gTLD antara lain yaitu .edu untuk bidang pendidikan, .mil untuk bidang militer, .gov untuk pemerintahan, .org untuk organisasi tertentu, dan .net untuk penyedia layanan intenet.

Second Level Domain (SLD)
Dalam pembahasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa domain sebagai alamat yang memudahkan para pengunjung situs. Nah second level domain sendiri menggambarkan alamat lebih rinci dan khusus. Contoh penggunaan SLD yaitu .co.id, .ac.us, .co.uk, dan masih banyak contoh lainnya. Menggunakan SLD menunjukkan tempat lebih khusus dari situs yang hendak dikunjungi.

Baca Juga :  Cara Mengganti Nama di Zoom Meeting (PC dan HP) untuk Pemula

Subdomain
Tipe yang terakhir ini merupakan domain tambahan yang biasanya digunakan oleh situs-situs besar. Adanya sub tambahan ini menjadi tanda bahwa situs tersebut memiliki divisi atau cabang tertentu. Jadi situs dengan sub bisa dikatakan masih dalam satu kepemilikan.

Berikut daftar list penyedia domain gratis untuk pemula

1. Biz.nf

Apabila kamu sedang mencari penyedia domain gratis yang ampuh, maka tidak ada salahnya untuk mencoba layanan Biz.nf.

Menurut PR Checker, Biz.nf adalah salah satu fasilitator hosting dan domain website gratis yang memungkinkan kamu untuk mendaftarkan domain tak berbayar dengan ekstensi domain .co.nf.

Jadi, sebagai contoh, nanti domain yang terdaftar adalah “www.sitename.co.nf”.

Biz.nf sendiri telah menjalankan bisnis sejak tahun 2008. Mereka menawarkan layanan hosting yang ramah dan mudah digunakan sehingga cocok untuk digunakan pemula.

2. Freeenom.com

Freenom merupakan satu-satunya penyedia domain pertama dan gratis di seluruh dunia. Misi kami adalah menghubungkan semua orang secara online dan membantu semua negara dalam mengembangkan ekonomi digital mereka. Domain gratis bekerja persis sama seperti nama domain lainnya. Anda dapat menggunakannya untuk situs web, blog, akun email Anda dan masih banyak lagi! Anda dapat memilih untuk menjalankan domain gratis Anda dengan URL Forwarding, Layanan DNS (Domain Name Server/Sistem Penamaan Domain) Freenom yang gratis atau DNS Anda sendiri (Nama server). Domain ekstensi yang tersedia saat ini untuk pendaftaran gratis: tk, ml, ga, cf dan gq.

3. Dot TK

Dot.tk merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di pulau Tokelau, sama seperti halnya Freenom, dan menyediakan domain gratis dengan ekstensi .tk.
Nantinya, ketika kamu mendaftarkan domain di Dot.tk, nama ekstensi domain yang ada di website akan menjadi “www.sitename.tk”.
Dot.tk sendiri telah menyediakan domain .tk gratis sejak tahun 2001 silam.
Akan tetapi, seperti yang sudah dijelaskan di atas, domain gratis memiliki beberapa kekurangan. Sebagai contoh, Dot.tk memiliki server yang kinerjanya cukup lambat.

4. TMD Hosting

Menurut Build This, TMD Hosting merupakan salah satu industri penyedia domain gratis veteran. Pembekal domain satu ini unggul dalam hal kecepatan, keandalan, dan yang keamanan.

Baca Juga :  Team Nigma Dan Galaxy Racer Resmi Merger menjadi Nigma Galaxy - Dota 2

Tak hanya menyediakan domain gratis, TMD Hosting juga menyediakan beberapa paket hosting yang bisa kamu gunakan untuk website-mu.

Ada baiknya kamu membeli paket hosting dari TMD agar website lebih terjamin keamanannya.

Harga paket bersama di TMD Hosting mulai dari angka Rp42,071/bulan. Tidak ada salahnya, lho, untuk membeli hosting demi keamanan website-mu.

5. Biz Ly

Penyedia domain gratis satu ini bisa menjadi alternatif di saat kamu sedang membutuhkan domain yang jitu untuk situs website-mu.

Menurut PR Checker, Biz.ly menyediakan domain gratis yang sangat singkat dengan domain .biz.ly yang berarti bisnis.

Dengan menggunakan Biz.ly, maka nama website kamu akan menjadi “www.sitename.biz.ly”.

Biz.ly sendiri telah menyediakan layanan domain gratis sejak tahun 2002. Layanan mereka terbilang cukup sederhana, sehingga bisa digunakan bagi kamu yang masih pemula.

6. wix

Dengan paket level awal gratis yang dilengkapi dengan subdomain untuk aksesibilitas ke situs web, Wix kini dianggap sebagai raja pembuat situs.

Tak hanya itu, menurut laman Wix, karena kualitasnya yang sudah terkenal, domain mereka bisa meningkatkan kredibilitas situsmu dan secara instan membuat tampilan laman web terlihat lebih profesional.

Klik untuk berbagi dengan orang lain

Similar Posts