Tuesday, June 11, 2024
Windows

Cara Memperbaiki Error “The disk structure is corrupted and unreadable” Pada Windows 11

disk

“Cara Memperbaiki Error “The disk structure is corrupted and unreadable” Pada Windows 11”

Pengantar

“The disk structure is corrupted and unreadable” adalah pesan kesalahan umum yang muncul pada komputer Windows ketika sistem operasi tidak dapat membaca atau mengakses file atau folder pada disk yang terhubung.

Penyebab

Beberapa penyebab umum pesan kesalahan ini antara lain:

  1. Kerusakan pada sistem file: Sistem file pada hard disk Anda dapat rusak karena beberapa alasan, seperti serangan virus, gangguan listrik, penggunaan yang berlebihan, atau kesalahan dalam proses pengaturan partisi. Hal ini dapat menyebabkan disk tidak dapat dibaca atau diakses oleh sistem operasi.
  2. Bad sector pada hard disk: Bad sector adalah area pada hard disk yang rusak secara fisik dan tidak dapat diakses oleh sistem operasi. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor seperti keausan, kerusakan fisik pada disk, atau kegagalan sektor pada disk.
  3. Penggunaan yang berlebihan pada hard disk: Jika Anda menggunakan hard disk Anda secara terus-menerus dan mengisi disk dengan file yang besar atau melakukan operasi membaca/tulis yang intensif, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem file atau bad sector.
  4. Masalah kabel dan konektor: Kadang-kadang, pesan kesalahan “disk structure is corrupted and unreadable” dapat disebabkan oleh masalah kabel dan konektor pada hard disk. Koneksi yang tidak stabil atau rusak dapat mengganggu transfer data yang benar antara hard disk dan motherboard.
  5. Masalah pada sistem operasi: Terkadang, masalah pada sistem operasi Windows seperti file sistem yang rusak atau driver yang tidak cocok dapat menyebabkan pesan kesalahan “disk structure is corrupted and unreadable” muncul.
  6. Masalah pada hardware lain: Beberapa masalah pada hardware lain seperti kerusakan pada RAM atau motherboard juga dapat menyebabkan pesan kesalahan ini muncul.
Baca Juga :  Cara Memperbaiki Windows Error Recovery pada Windows 7/8/10

Jika Anda mengalami pesan kesalahan “disk structure is corrupted and unreadable”, Anda dapat mencoba mengatasi masalah tersebut dengan menjalankan perintah “chkdsk” di command prompt atau menggunakan software pihak ketiga untuk memperbaiki bad sector atau kerusakan pada sistem file pada hard disk Anda. Namun, sebelum melakukan tindakan apa pun, pastikan untuk melakukan backup data Anda terlebih dahulu.

Solusi

Berikut adalah beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk mengatasi pesan kesalahan “disk structure is corrupted and unreadable”:

  1. Jalankan perintah “chkdsk” di Command Prompt: Perintah “chkdsk” (Check Disk) adalah perintah bawaan di Windows yang dapat digunakan untuk memeriksa dan memperbaiki kesalahan pada disk. Anda dapat membuka Command Prompt (CMD) dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter. Di jendela Command Prompt, ketik “chkdsk [drive letter]: /f /r /x” (misalnya “chkdsk C: /f /r /x”) dan tekan Enter. Perintah ini akan memeriksa dan memperbaiki kesalahan pada disk, termasuk kerusakan pada sistem file dan bad sector.
  2. Gunakan software pihak ketiga: Ada banyak software pihak ketiga yang dapat membantu memperbaiki disk yang rusak. Beberapa software populer antara lain EaseUS Partition Master, MiniTool Partition Wizard, dan DiskGenius. Anda dapat mengunduh dan menginstal software tersebut, lalu ikuti petunjuk yang diberikan untuk memperbaiki disk yang rusak.
  3. Ganti kabel SATA atau port SATA: Jika pesan kesalahan “disk structure is corrupted and unreadable” disebabkan oleh masalah kabel atau konektor pada hard disk, maka Anda dapat mencoba mengganti kabel SATA atau port SATA. Cobalah menggunakan kabel SATA atau port SATA yang baru dan pastikan koneksi terhubung dengan baik.
  4. Format ulang hard disk: Jika semua upaya perbaikan tidak berhasil, maka Anda dapat mencoba untuk memformat ulang hard disk. Namun, pastikan Anda telah membackup data Anda terlebih dahulu karena proses ini akan menghapus semua data pada hard disk. Anda dapat memformat hard disk menggunakan fitur bawaan Windows atau menggunakan software pihak ketiga seperti EaseUS Partition Master atau MiniTool Partition Wizard.
Baca Juga :  How To Install MongoDB on Windows Step by Step

Jika masalah ini terus berlanjut, maka kemungkinan besar ada kerusakan pada hardware hard disk dan perlu diganti dengan yang baru. Namun, sebelum mengambil keputusan untuk mengganti hard disk, pastikan untuk membackup data Anda terlebih dahulu untuk menghindari kehilangan data yang tidak tergantikan.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Memperbaiki Error “The disk structure is corrupted and unreadable” Pada Windows 11. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 191 times, 1 visits today)

Similar Posts