Saturday, May 18, 2024
Nginx

Cara Mengatasi 413 request entity too large pada Nginx

large

“Cara Mengatasi 413 request entity too large pada Nginx”

Pengantar

Nginx adalah sebuah web server yang dikenal karena kinerja tinggi, fleksibilitas, dan efisiensinya. Nama “Nginx” sendiri merupakan singkatan dari “Engine-X” yang berarti “Engine Sepuluh Ribu” dalam bahasa Rusia. Nginx awalnya dikembangkan oleh Igor Sysoev pada tahun 2002 untuk memecahkan masalah C10k (Concurrency of 10,000 clients), yaitu bagaimana menghadapi beban tinggi hingga 10.000 klien secara bersamaan dengan koneksi internet yang cepat.

Nginx didesain untuk menjadi ringan dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti:

  1. Web server: Nginx dapat digunakan sebagai server untuk melayani berkas statis dan dinamis, seperti HTML, CSS, JavaScript, dan gambar.
  2. Reverse proxy: Nginx berfungsi sebagai perantara antara klien (seperti browser) dan server aplikasi di belakangnya. Hal ini membantu dalam mempercepat akses ke server aplikasi dan menyediakan fitur-fitur keamanan tambahan.
  3. Load balancer: Nginx dapat melakukan distribusi beban (load balancing) ke beberapa server backend untuk meningkatkan kinerja dan toleransi kesalahan.
  4. Proxy Cache: Nginx dapat menyimpan (cache) konten dari server backend untuk mengurangi beban pada server backend dan meningkatkan waktu akses.
  5. SSL Termination: Nginx dapat meng-handle protokol SSL/TLS untuk mengamankan koneksi antara klien dan server.
  6. WebSockets: Nginx mendukung protokol WebSocket untuk mengizinkan komunikasi dua arah antara klien dan server.

Nginx berjalan di berbagai sistem operasi dan sering digunakan bersama dengan aplikasi web modern, seperti WordPress, Drupal, Django, Ruby on Rails, dan lainnya. Kelebihan utamanya adalah efisiensi dan skalabilitas, sehingga sering dipilih sebagai solusi untuk menghadapi lalu lintas situs web yang padat dan beban tinggi.

Problem

Saat anda melakukan upload terdapat error ” 413 request entity too large “

Solusi

  • Masuk ke config nginx.conf
  • Ubah bagian berikut :
vi /etc/nginx/nginx.conf

client_max_body_size 100M;
  • Restart nginx

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Mengatasi 413 request entity too large pada Nginx. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 88 times, 1 visits today)

Similar Posts