Monday, June 10, 2024
Android USB Windows

Solusi tidak muncul Pilihan USB MTP / MSC di Perangkat Android

MSC

“Solusi tidak muncul Pilihan USB MTP / MSC di Perangkat Android”

Pengantar

USB MTP adalah salah satu mode koneksi USB yang digunakan pada perangkat Android untuk menghubungkan perangkat ke komputer atau perangkat lainnya. MTP adalah singkatan dari Media Transfer Protocol, dan mode koneksi ini memungkinkan perangkat Android untuk memperlihatkan dirinya sebagai perangkat penyimpanan eksternal saat terhubung ke komputer.

Dalam mode USB MTP, perangkat Android dapat mentransfer file dan media ke dan dari komputer. Mode ini berguna saat Anda ingin mentransfer musik, video, foto, atau file lainnya dari perangkat Android ke komputer atau sebaliknya.

Setelah perangkat Android terhubung dalam mode USB MTP, Anda dapat mengakses folder di perangkat Android dan mentransfer file ke dan dari folder tersebut seperti halnya Anda mengakses folder di hard drive komputer. Namun, untuk menggunakan mode USB MTP, Anda harus mengaktifkannya pada perangkat Android Anda dan menghubungkannya ke komputer melalui kabel USB.

Solusi tidak muncul Pilihan USB MTP / MSC di Perangkat Android

Jika pilihan USB MTP / MSC tidak muncul di perangkat Android saat terhubung ke komputer, berikut adalah beberapa cara untuk memperbaikinya:

  1. Pastikan perangkat Android Anda dalam mode pengembang

Untuk memastikan bahwa perangkat Android Anda terdeteksi sebagai perangkat MTP atau MSC saat terhubung ke komputer, pastikan bahwa opsi “USB Debugging” atau “Developer Options” telah diaktifkan pada perangkat Anda. Anda dapat mengaktifkannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka “Settings” di perangkat Android Anda
  • Gulir ke bawah dan pilih “About Phone” atau “About Device”
  • Ketuk “Build Number” sebanyak 7 kali hingga muncul pesan “You are now a developer!”
  • Kembali ke “Settings” dan pilih “Developer Options”
  • Aktifkan opsi “USB Debugging”
  1. Ganti kabel USB
Baca Juga :  Cara Menambahkan Storage Disk VM di Proxmox

Jika perangkat Anda tidak terdeteksi saat terhubung ke komputer, cobalah untuk mengganti kabel USB dengan yang baru atau yang berbeda. Pastikan kabel USB yang Anda gunakan mendukung transfer data.

  1. Periksa driver USB

Pastikan bahwa driver USB perangkat Android Anda terinstal dengan benar di komputer Anda. Jika belum terinstal, Anda dapat mencari dan mengunduh driver USB terbaru dari situs web produsen perangkat Android atau dari situs web resmi Google.

  1. Aktifkan mode MTP / MSC secara manual

Jika pilihan USB MTP / MSC tidak muncul secara otomatis, Anda dapat mencoba untuk mengaktifkannya secara manual dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Hubungkan perangkat Android ke komputer dengan kabel USB
  • Pada perangkat Android Anda, buka “Settings”
  • Pilih “Storage” atau “Storage & USB”
  • Ketuk opsi “USB Connection” atau “USB Mode”
  • Pilih “MTP” atau “MSC” dari daftar opsi
  1. Periksa port USB

Coba hubungkan perangkat Android ke port USB yang berbeda pada komputer Anda. Beberapa port USB pada komputer mungkin tidak berfungsi dengan baik dan dapat menyebabkan perangkat Android tidak terdeteksi.

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba untuk memperbaiki perangkat Android Anda dengan mereset pengaturan atau mengembalikan perangkat ke pengaturan awal. Namun, pastikan untuk mem-backup data penting Anda terlebih dahulu. Jika permasalahan masih berlanjut, sebaiknya hubungi produsen perangkat Android atau teknisi terlatih untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Solusi tidak muncul Pilihan USB MTP / MSC di Perangkat Android. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 201 times, 2 visits today)

Similar Posts