Thursday, July 18, 2024
Ahrefs Keyword Generator Google Keyword Planner Google Search Google Trends Keyword Keywordtool.io MOZ Keyword Explorer Semrush SEO Ubersuggest Wordstream Wordtracker

10 Keyword Tools Gratis Untuk Riset Keyword SEO Terbaik

riset

“10 Keyword Tools Gratis Untuk Riset Keyword SEO Terbaik”

Pengantar

SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization.” Ini adalah praktik untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas lalu lintas ke situs web melalui hasil organik (non-bayar) dari mesin pencari seperti Google, Bing, dan lainnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas situs web Anda di halaman hasil mesin pencari untuk kata kunci tertentu, yang pada gilirannya dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke situs Anda. Praktik SEO melibatkan berbagai strategi, termasuk pengoptimalan konten, penggunaan kata kunci, pengembangan tautan, dan pemahaman tentang algoritma mesin pencari.

Keyword Tools adalah alat atau perangkat lunak yang digunakan oleh profesional pemasaran digital dan SEO untuk melakukan penelitian kata kunci. Penelitian kata kunci merupakan langkah penting dalam strategi SEO dan pemasaran konten, karena membantu menentukan kata kunci yang paling relevan dan berpotensi menghasilkan lalu lintas organik tertinggi untuk suatu situs web atau konten tertentu.

Keyword Tools biasanya menyediakan fitur-fitur berikut:

  1. Penelitian Kata Kunci: Memungkinkan pengguna untuk mencari kata kunci tertentu atau topik tertentu dan melihat data terkait, seperti volume pencarian bulanan, tingkat kesulitan persaingan, dan saran kata kunci terkait.
  2. Analisis Persaingan: Menyediakan wawasan tentang kata kunci yang digunakan oleh pesaing, serta performa kata kunci tersebut di mesin pencari.
  3. Saran Kata Kunci: Memberikan rekomendasi kata kunci yang relevan berdasarkan topik atau kata kunci yang dimasukkan pengguna.
  4. Volume Pencarian: Menunjukkan seberapa sering suatu kata kunci dicari oleh pengguna dalam rentang waktu tertentu.
  5. Tingkat Kesulitan: Menilai seberapa sulitnya untuk bersaing di halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk suatu kata kunci, berdasarkan faktor-faktor seperti jumlah situs web yang bersaing untuk kata kunci tersebut dan otoritas situs-situs tersebut.
  6. Pemantauan Peringkat: Beberapa alat juga dapat memantau peringkat kata kunci suatu situs web di SERP dari waktu ke waktu.

10 Keyword Tools Gratis Untuk Riset Keyword SEO Terbaik

1. Google Trends

Google Trends adalah layanan yang disediakan oleh Google yang memungkinkan pengguna untuk melihat seberapa sering kata kunci tertentu atau topik tertentu dicari dalam mesin pencari Google. Ini membantu pengguna memahami tren pencarian dan minat pengguna dari waktu ke waktu.

Fitur utama dari Google Trends termasuk:

  1. Pencarian Tren: Pengguna dapat memasukkan kata kunci atau topik tertentu dan melihat bagaimana minat pencarian terhadap topik tersebut telah berubah seiring waktu. Data dapat dilihat dalam rentang waktu tertentu, serta dibagi berdasarkan lokasi geografis dan bahasa.
  2. Perbandingan Tren: Pengguna dapat membandingkan tren pencarian antara beberapa kata kunci atau topik dalam periode waktu yang sama. Ini membantu dalam memahami perbandingan popularitas antara topik-topik tertentu.
  3. Kategori Pencarian: Google Trends juga menyediakan kategori pencarian yang memungkinkan pengguna untuk melihat tren pencarian dalam kategori-kategori tertentu seperti bisnis, hiburan, teknologi, olahraga, dan lain-lain.
  4. Pencarian Terkait dan Pencarian Teratas: Google Trends menampilkan kata kunci terkait dan pencarian teratas yang terkait dengan kata kunci atau topik yang dimasukkan pengguna, memberikan wawasan tambahan tentang minat pengguna terkait topik tersebut.
  5. Peta Tren: Pengguna dapat melihat tren pencarian berdasarkan lokasi geografis, baik di tingkat negara, wilayah, atau kota. Ini membantu dalam memahami perbedaan dalam minat pencarian antara area geografis yang berbeda.

Google Trends merupakan alat yang berguna untuk pemahaman tren pencarian dan minat pengguna yang dapat digunakan oleh profesional pemasaran digital, peneliti, jurnalis, dan siapa pun yang tertarik untuk memahami perilaku pencarian online.

2. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah sebuah alat yang disediakan oleh Google sebagai bagian dari platform iklan Google Ads. Alat ini dirancang untuk membantu pengiklan merencanakan kampanye iklan mereka di Google Ads dengan memberikan wawasan tentang kata kunci yang relevan dan berpotensi menghasilkan lalu lintas.

Fitur utama dari Google Keyword Planner termasuk:

  1. Penelitian Kata Kunci: Pengguna dapat memasukkan kata kunci atau URL situs web untuk mendapatkan saran kata kunci baru yang relevan. Alat ini juga memberikan statistik seperti volume pencarian bulanan, tingkat kesulitan persaingan, dan perkiraan biaya per klik (CPC) untuk setiap kata kunci.
  2. Perkiraan Volume Pencarian: Menunjukkan jumlah rata-rata pencarian bulanan untuk setiap kata kunci dalam rentang waktu tertentu.
  3. Ide Grup Iklan: Memberikan saran untuk grup iklan berdasarkan kata kunci yang dimasukkan pengguna, membantu dalam pengelompokan kata kunci yang relevan untuk kampanye iklan.
  4. Perkiraan Kinerja Kampanye: Alat ini juga dapat memberikan perkiraan tentang bagaimana kampanye iklan Anda dapat berkinerja berdasarkan kata kunci yang dipilih, termasuk jumlah klik, biaya per klik, dan estimasi hasil konversi.
  5. Penargetan Lokasi dan Bahasa: Memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan penelitian kata kunci berdasarkan lokasi geografis dan bahasa pengguna, sehingga dapat memperoleh wawasan yang relevan dengan pasar target mereka.
Baca Juga :  Penting nya SEO untuk website Businis online / toko online

Google Keyword Planner adalah alat yang sangat berguna bagi pengiklan yang ingin melakukan penelitian kata kunci yang efektif untuk kampanye iklan mereka di Google Ads. Meskipun alat ini dimaksudkan untuk pengguna iklan Google Ads, beberapa fitur seperti penelitian kata kunci dan perkiraan volume pencarian juga dapat bermanfaat bagi profesional SEO dan pemasaran konten untuk mendapatkan wawasan tentang kata kunci yang relevan.

3. Google Search

Google Search adalah mesin pencari yang dikembangkan oleh Google. Ini adalah salah satu mesin pencari paling populer dan sering digunakan di dunia. Google Search memungkinkan pengguna untuk mencari informasi di web dengan memasukkan kata kunci atau frasa tertentu, dan kemudian menampilkan hasil yang paling relevan berdasarkan algoritma pencarian yang kompleks.

Fitur utama dari Google Search termasuk:

  1. Pencarian Web: Pengguna dapat memasukkan kata kunci atau frasa untuk mencari informasi di web. Hasil pencarian termasuk situs web, artikel, gambar, video, dan banyak lagi.
  2. Pencarian Gambar: Pengguna dapat mencari gambar dengan memasukkan kata kunci tertentu. Google Search akan menampilkan gambar yang paling relevan berdasarkan kata kunci tersebut.
  3. Pencarian Berita: Google Search juga menyediakan fitur untuk mencari berita terkini berdasarkan kata kunci tertentu.
  4. Pencarian Lokasi: Pengguna dapat mencari lokasi bisnis, alamat, atau tempat tertentu dengan memasukkan kata kunci yang relevan. Google Search akan menampilkan hasil berupa peta, informasi bisnis, dan detail lokasi lainnya.
  5. Pencarian Langsung: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari informasi tertentu tanpa perlu membuka situs web terpisah. Misalnya, pengguna dapat mencari definisi kata, perhitungan matematika, informasi cuaca, dan banyak lagi langsung dari hasil pencarian.

4. Ahrefs Keyword Generator

Ahrefs Keyword Generator adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Ahrefs, sebuah platform alat SEO dan pemasaran online yang populer. Fitur ini dirancang untuk membantu profesional pemasaran digital dan SEO dalam penelitian kata kunci.

Ahrefs Keyword Generator memungkinkan pengguna untuk melakukan penelitian kata kunci dengan menghasilkan saran kata kunci baru yang relevan berdasarkan kata kunci atau topik yang dimasukkan pengguna. Fitur ini menawarkan berbagai kemampuan yang berguna, termasuk:

  1. Saran Kata Kunci: Ahrefs Keyword Generator memberikan saran kata kunci baru berdasarkan kata kunci atau topik yang dimasukkan pengguna. Ini membantu dalam menemukan kata kunci yang relevan dan berpotensi menghasilkan lalu lintas organik.
  2. Volume Pencarian: Fitur ini memberikan informasi tentang volume pencarian bulanan untuk setiap kata kunci yang dihasilkan. Ini membantu pengguna memahami seberapa banyak kata kunci tersebut dicari oleh pengguna.
  3. Tingkat Kesulitan: Ahrefs Keyword Generator juga menyediakan estimasi tentang tingkat kesulitan untuk bersaing di halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk setiap kata kunci. Ini membantu pengguna memahami seberapa sulitnya untuk memperoleh peringkat yang baik untuk kata kunci tertentu.
  4. Saran Kata Kunci Terkait: Fitur ini memberikan saran kata kunci terkait yang juga relevan dengan kata kunci yang dimasukkan pengguna. Ini membantu dalam memperluas daftar kata kunci yang relevan yang dapat digunakan dalam strategi SEO dan pemasaran konten.
  5. Filter dan Penyesuaian: Ahrefs Keyword Generator memungkinkan pengguna untuk menyaring hasil berdasarkan berbagai kriteria seperti volume pencarian, tingkat kesulitan, dan banyak lagi. Ini membantu pengguna memfokuskan penelitian mereka pada kata kunci yang paling relevan dan berpotensi menguntungkan.

5. Keywordtool.io

Keywordtool.io adalah sebuah alat penelitian kata kunci online yang digunakan oleh profesional pemasaran digital, pengembang situs web, dan ahli SEO untuk mendapatkan saran kata kunci yang relevan untuk meningkatkan visibilitas situs web mereka dalam hasil pencarian mesin pencari.

Baca Juga :  Cara Terbaik meningkatkan SEO website

Fitur utama dari Keywordtool.io termasuk:

  1. Penelitian Kata Kunci: Pengguna dapat memasukkan kata kunci atau topik tertentu untuk mendapatkan saran kata kunci yang relevan. Alat ini menghasilkan daftar kata kunci yang berpotensi meningkatkan lalu lintas organik ke situs web.
  2. Saran Kata Kunci Terkait: Keywordtool.io menyediakan saran kata kunci terkait yang dapat membantu pengguna memperluas daftar kata kunci yang relevan untuk digunakan dalam kampanye SEO dan pemasaran konten.
  3. Volume Pencarian: Alat ini menyediakan informasi tentang volume pencarian bulanan untuk setiap kata kunci yang dihasilkan. Ini membantu pengguna memahami seberapa banyak kata kunci tersebut dicari oleh pengguna potensial.
  4. Tingkat Kesulitan: Keywordtool.io juga menyediakan estimasi tentang tingkat kesulitan untuk bersaing di halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk setiap kata kunci. Ini membantu pengguna memahami seberapa sulitnya untuk memperoleh peringkat yang baik untuk kata kunci tertentu.
  5. Filter dan Penyesuaian: Alat ini memungkinkan pengguna untuk menyaring hasil berdasarkan berbagai kriteria seperti negara, bahasa, dan mesin pencari. Ini membantu pengguna menyesuaikan penelitian mereka untuk pasar target mereka.

6. Ubersuggest

Ubersuggest adalah sebuah alat penelitian kata kunci dan analisis situs web yang dikembangkan oleh Neil Patel, seorang ahli pemasaran digital terkenal. Ubersuggest dirancang untuk membantu profesional pemasaran digital, pemilik bisnis online, dan ahli SEO dalam meningkatkan visibilitas situs web mereka dan menarik lalu lintas organik dengan menawarkan berbagai fitur yang berguna.

Fitur utama dari Ubersuggest termasuk:

  1. Penelitian Kata Kunci: Ubersuggest memungkinkan pengguna untuk melakukan penelitian kata kunci dengan memasukkan kata kunci atau topik tertentu. Alat ini menyediakan saran kata kunci baru yang relevan bersama dengan statistik seperti volume pencarian bulanan, tingkat kesulitan persaingan, dan biaya per klik (CPC) rata-rata.
  2. Analisis Situs Web: Pengguna dapat memasukkan URL situs web mereka untuk melakukan analisis yang menyeluruh terhadap kinerja SEO situs web tersebut. Ubersuggest memberikan informasi tentang backlink, jumlah kata kunci yang terpantau, peringkat halaman, dan banyak lagi.
  3. Ide Konten: Alat ini juga menawarkan saran ide konten berdasarkan kata kunci tertentu. Ini membantu pengguna dalam mengembangkan strategi konten yang relevan dan menarik.
  4. Pemantauan Peringkat: Ubersuggest memungkinkan pengguna untuk memantau peringkat kata kunci situs web mereka di mesin pencari dari waktu ke waktu.
  5. Analisis Persaingan: Alat ini juga menyediakan informasi tentang kata kunci yang digunakan oleh pesaing, serta performa kata kunci tersebut di mesin pencari.

7. MOZ Keyword Explorer

MOZ Keyword Explorer adalah salah satu alat penelitian kata kunci yang disediakan oleh perusahaan MOZ, yang merupakan salah satu perusahaan terkemuka dalam industri SEO dan pemasaran digital. Keyword Explorer dirancang untuk membantu profesional pemasaran digital dan ahli SEO dalam menemukan kata kunci yang relevan dan berpotensi menghasilkan lalu lintas organik yang tinggi untuk situs web mereka.

Fitur utama dari MOZ Keyword Explorer meliputi:

  1. Penelitian Kata Kunci: Pengguna dapat memasukkan kata kunci tertentu atau topik untuk mendapatkan saran kata kunci baru yang relevan. Keyword Explorer menyediakan statistik penting seperti volume pencarian bulanan, tingkat kesulitan persaingan, dan estimasi klik organik potensial untuk setiap kata kunci.
  2. Tingkat Kesulitan: Alat ini menawarkan estimasi tentang seberapa sulitnya untuk bersaing di halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk setiap kata kunci. Hal ini membantu pengguna memahami seberapa menantang untuk mencapai peringkat yang baik untuk kata kunci tertentu.
  3. Analisis SERP: MOZ Keyword Explorer juga memberikan informasi tentang halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk setiap kata kunci, termasuk otoritas domain yang bersaing, tautan yang masuk, dan halaman otoritatif yang terkait dengan kata kunci tersebut.
  4. Saran Kata Kunci Terkait: Alat ini menyediakan saran kata kunci terkait yang dapat membantu pengguna memperluas daftar kata kunci yang relevan untuk digunakan dalam kampanye SEO dan pemasaran konten.
  5. Pemantauan Peringkat: MOZ Keyword Explorer memungkinkan pengguna untuk memantau peringkat kata kunci situs web mereka di mesin pencari dari waktu ke waktu.

8. Semrush

SEMrush adalah sebuah platform all-in-one yang menyediakan berbagai alat dan fitur untuk membantu profesional pemasaran digital, ahli SEO, dan pemilik bisnis dalam mengelola dan meningkatkan kinerja situs web mereka dalam berbagai aspek pemasaran online. Platform ini sangat terkenal dalam industri pemasaran digital dan memiliki reputasi yang kuat sebagai salah satu alat terkemuka untuk analisis persaingan, penelitian kata kunci, audit situs web, dan banyak lagi.

Baca Juga :  List tools untuk SEO

Fitur utama dari SEMrush termasuk:

  1. Penelitian Kata Kunci: SEMrush menyediakan alat penelitian kata kunci yang kuat untuk membantu pengguna menemukan kata kunci yang relevan dan berpotensi menghasilkan lalu lintas organik yang tinggi untuk situs web mereka. Ini mencakup informasi tentang volume pencarian bulanan, tingkat kesulitan persaingan, tren pencarian, dan banyak lagi.
  2. Analisis Persaingan: Platform ini memungkinkan pengguna untuk melakukan analisis persaingan yang mendalam, termasuk pemantauan peringkat kata kunci pesaing, analisis backlink pesaing, dan identifikasi strategi pemasaran online yang efektif dari pesaing.
  3. Audit Situs Web: SEMrush menyediakan alat untuk melakukan audit situs web yang komprehensif, yang membantu pengguna dalam mengidentifikasi masalah teknis, peluang optimasi SEO, dan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan kinerja situs web mereka.
  4. Pemantauan Peringkat: Platform ini memungkinkan pengguna untuk memantau peringkat kata kunci situs web mereka di mesin pencari dari waktu ke waktu.
  5. Analisis Backlink: SEMrush menyediakan analisis backlink yang mendalam untuk membantu pengguna memahami profil backlink situs web mereka dan pesaing, serta mengidentifikasi peluang untuk mendapatkan tautan balik berkualitas tinggi.
  6. Analisis Lalu Lintas: Platform ini juga menyediakan informasi tentang lalu lintas situs web, sumber lalu lintas, perilaku pengguna, dan banyak lagi.

9. Wordtracker

Wordtracker adalah alat penelitian kata kunci yang digunakan oleh profesional pemasaran digital dan ahli SEO untuk mengidentifikasi kata kunci potensial yang dapat meningkatkan visibilitas dan lalu lintas organik situs web mereka. Ini membantu pengguna dalam merencanakan strategi konten yang relevan dan efektif serta memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang tren pencarian.

Fitur utama dari Wordtracker termasuk:

  1. Penelitian Kata Kunci: Pengguna dapat memasukkan kata kunci atau topik tertentu untuk mendapatkan saran kata kunci baru yang relevan. Alat ini menawarkan informasi tentang volume pencarian bulanan, tingkat kesulitan persaingan, dan potensi lalu lintas organik untuk setiap kata kunci.
  2. Saran Kata Kunci Terkait: Wordtracker menyediakan saran kata kunci terkait yang membantu pengguna memperluas daftar kata kunci yang relevan untuk digunakan dalam kampanye SEO dan pemasaran konten.
  3. Analisis Persaingan: Alat ini juga menyediakan informasi tentang kata kunci yang digunakan oleh pesaing, serta performa kata kunci tersebut di mesin pencari.
  4. Filter dan Penyesuaian: Wordtracker memungkinkan pengguna untuk menyaring hasil berdasarkan berbagai kriteria seperti negara, bahasa, dan mesin pencari. Ini membantu pengguna menyesuaikan penelitian mereka untuk pasar target mereka.

10. Wordstream

WordStream adalah sebuah perusahaan yang menyediakan platform perangkat lunak untuk manajemen iklan online, terutama dalam konteks iklan berbayar seperti Google Ads dan Facebook Ads. Mereka menawarkan berbagai alat dan fitur yang dirancang untuk membantu profesional pemasaran digital dan pengiklan dalam mengelola kampanye iklan mereka dengan lebih efisien dan efektif.

Fitur utama dari WordStream termasuk:

  1. Optimasi Kampanye Iklan: Platform WordStream menyediakan alat untuk mengoptimalkan kampanye iklan berbayar, termasuk Google Ads dan Facebook Ads. Ini mencakup penyesuaian penawaran, pengelolaan kata kunci, dan penyesuaian strategi iklan untuk meningkatkan ROI (Return on Investment).
  2. Penelitian Kata Kunci: WordStream menawarkan alat penelitian kata kunci yang membantu pengguna dalam menemukan kata kunci yang relevan dan berpotensi menghasilkan lalu lintas yang lebih baik untuk kampanye iklan mereka.
  3. Optimasi Landing Page: Platform ini juga memiliki fitur untuk mengoptimalkan halaman arahan (landing page) untuk meningkatkan konversi dari kampanye iklan.
  4. Pelaporan dan Analisis: WordStream menyediakan fitur pelaporan dan analisis yang komprehensif untuk melacak kinerja kampanye iklan. Ini termasuk pengukuran metrik seperti CPC (Cost per Click), CTR (Click-Through Rate), dan konversi.
  5. Automatisasi: Platform ini menawarkan fitur otomatisasi untuk mempermudah manajemen kampanye iklan, termasuk penjadwalan kampanye dan pengelolaan penawaran otomatis.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai 10 Keyword Tools Gratis Untuk Riset Keyword SEO Terbaik. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 32 times, 1 visits today)

Similar Posts


Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /home/des1gn/hendro-wibiksono.web.id/wp-content/plugins/floating-related-posts/floating-related-posts-pro.php on line 270

Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /home/des1gn/hendro-wibiksono.web.id/wp-content/plugins/floating-related-posts/floating-related-posts-pro.php on line 270

Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /home/des1gn/hendro-wibiksono.web.id/wp-content/plugins/floating-related-posts/floating-related-posts-pro.php on line 270

Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /home/des1gn/hendro-wibiksono.web.id/wp-content/plugins/floating-related-posts/floating-related-posts-pro.php on line 270

Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /home/des1gn/hendro-wibiksono.web.id/wp-content/plugins/floating-related-posts/floating-related-posts-pro.php on line 270

Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /home/des1gn/hendro-wibiksono.web.id/wp-content/plugins/floating-related-posts/floating-related-posts-pro.php on line 270