Tuesday, June 11, 2024
Lisensi Mikrotik Router RouterOS

Cara Generate Key License Level 1 Mikrotik

key

“Cara Generate Key License Level 1 Mikrotik”

Pengantar

License Level 1 pada MikroTik adalah salah satu level lisensi yang menentukan sejauh mana RouterOS dapat digunakan pada perangkat MikroTik. License Level 1 adalah level lisensi yang paling rendah dan memberikan akses dasar ke fitur-fitur RouterOS.

Karakteristik Level 1

Di bawah ini adalah beberapa karakteristik License Level 1 pada MikroTik:

  1. Ketersediaan Fitur Dasar:
    • License Level 1 memberikan akses ke sejumlah fitur dasar RouterOS, termasuk fungsi dasar routing, manajemen antarmuka, dan beberapa fitur lainnya. Namun, beberapa fitur lanjutan mungkin tidak tersedia atau terbatas pada level ini.
  2. Bebas dari Pembatasan Waktu:
    • Lisensi Level 1 tidak memiliki batasan waktu. Ini berarti Anda dapat menggunakan RouterOS pada perangkat MikroTik dengan License Level 1 secara permanen tanpa perlu khawatir tentang lisensi yang kadaluwarsa.
  3. Cocok untuk Penggunaan Rumah Tangga dan Kecil:
    • License Level 1 umumnya cocok untuk penggunaan di rumah tangga atau kecil, di mana kebutuhan akan fitur dan kinerja tinggi mungkin tidak sebesar pada skenario jaringan yang lebih besar.
  4. Batas Maksimal Antarmuka Ethernet:
    • Pada License Level 1, jumlah antarmuka Ethernet yang diizinkan pada perangkat MikroTik dibatasi. Ini membatasi kemampuan perangkat untuk mengelola banyak antarmuka fisik pada tingkat yang lebih tinggi.
  5. Lisensi RouterBOARD Tertentu:
    • License Level 1 biasanya cocok untuk beberapa jenis perangkat RouterBOARD MikroTik tertentu, khususnya perangkat yang diarahkan untuk penggunaan rumahan atau kecil.

Penting untuk memahami bahwa pemilihan License Level harus sesuai dengan kebutuhan jaringan Anda. Jika Anda membutuhkan lebih banyak fitur atau mengelola jaringan yang lebih besar, maka License Level yang lebih tinggi mungkin diperlukan. Perhatikan bahwa dalam beberapa kasus, perangkat MikroTik dapat disertakan dengan License Level yang sesuai, atau Anda dapat membeli dan meng-upgrade lisensi sesuai kebutuhan Anda.

Cara Generate Key License Level 1 Mikrotik

  • Pastikan sudah mempunyai akun di mikrotik.com, lalu login ke akun anda
  • Munculkan toggle menu yang ada di kiri atas, lalu klik “make a demo key”
  • Cek Software ID RouterOS anda, Software ID ini digunakan untuk generate key license. Buka Winbox, masuk ke System -> License.
  • Masukkan Software ID router ke bagian Software ID yang ada di web mikrotik, lalu generate
  • Copy license key yang sudah ter generate
  • Buka kembali winbox, masih di menu license, klik paste key, lalu yes untuk reboot
  • Setelah reboot selesai, buka Kembali winbox, dan perhatikan di bagian license, pastikan lisensi sudah berubah ke Level 1

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Generate Key License Level 1 Mikrotik. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 221 times, 1 visits today)

Similar Posts