Thursday, September 19, 2024
Kernel Linux Rocky Linux

Cara Mengganti Kernel Default pada Rocky Linux

image

“Cara Mengganti Kernel Default pada Rocky Linux”

Pengantar

Kernel Linux adalah inti dari sistem operasi berbasis Linux. Kernel ini pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 sebagai proyek pribadi dan kini telah menjadi salah satu kernel paling populer di dunia, yang digunakan dalam berbagai perangkat, mulai dari komputer, server, hingga ponsel dan perangkat embedded.

Berikut beberapa karakteristik dan fungsi utama dari kernel Linux:

1. Sumber Terbuka (Open Source)

Kernel Linux bersifat open source, artinya kode sumbernya tersedia secara bebas dan dapat dimodifikasi, disebarluaskan, serta digunakan oleh siapa saja sesuai dengan lisensi GNU General Public License (GPL).

2. Manajemen Sumber Daya

Kernel Linux mengelola sumber daya seperti memori, CPU, dan perangkat keras lainnya. Ini termasuk manajemen proses, manajemen memori, serta manajemen input/output (I/O).

3. Multi-User dan Multi-Tasking

Linux mendukung penggunaan oleh banyak pengguna sekaligus (multi-user) serta menjalankan banyak proses pada waktu yang bersamaan (multi-tasking). Kernel memastikan semua pengguna dan proses mendapatkan sumber daya yang tepat.

4. Modular

Kernel Linux adalah kernel monolitik yang bersifat modular. Ini berarti bahwa bagian-bagian kernel, seperti driver perangkat, dapat dimuat atau dilepas dari sistem tanpa perlu me-restart sistem. Ini membuat Linux sangat fleksibel dalam mendukung berbagai perangkat keras.

5. Portabilitas

Kernel Linux dirancang untuk dapat berjalan di berbagai platform perangkat keras, dari komputer pribadi hingga perangkat embedded dan superkomputer. Ini berkat sifat portabel dari kode sumbernya.

6. Keamanan dan Stabilitas

Kernel Linux dikenal stabil dan aman. Sistem keamanan berlapis seperti manajemen hak akses file dan pengguna, serta firewall berbasis kernel seperti Netfilter dan iptables, menjadikannya populer di kalangan penyedia layanan server dan perusahaan.

7. Komunitas Pengembangan Global

Kernel Linux dikembangkan secara kolaboratif oleh ribuan pengembang dari seluruh dunia. Ada ribuan kontributor yang secara aktif terlibat dalam memperbarui dan meningkatkan kernel melalui Linux Foundation dan proyek-proyek terkait.

Kernel Linux menjadi dasar dari banyak distribusi sistem operasi Linux (seperti Ubuntu, Fedora, CentOS), serta digunakan sebagai kernel pada sistem Android untuk perangkat mobile.

Jadi, kernel Linux adalah komponen esensial yang menyediakan dasar bagi berbagai sistem operasi berbasis Linux untuk bekerja dengan perangkat keras dan menjalankan aplikasi.

Cara Mengganti Kernel Default pada Rocky Linux

Cara Melihat Kernel yang di gunakan Saat ini

[root@localhost ~]# uname -a
Linux localhost.localdomain 4.18.0-240.22.1.el8.x86_64 #1 SMP Mon Apr 12 04:29:16 UTC 2021 x86_64 x86_64 x86_64 GNU/Linux

Cara Melihat List Kernel yang sudah terinstall

[root@localhost ~]# rpm -q kernel
kernel-4.18.0-240.22.1.el8.x86_64
kernel-4.18.0-372.9.1.el8.x86_64
kernel-4.18.0-477.21.1.el8_8.x86_64
[root@localhost ~]#

Cara merubah Kernel default

Misalkan pada list kernel di atas ada 3 kernel , dan saat ini yang di gunakan 4.18.0-240.22.1.el8.x86_64 , berdasarakan posisi jadi ada posisi (0,1,2) , misalkan mau di pndah ke kernel ke 3 ( posisi 2)

[root@localhost ~]# grub2-set-default 2
[root@localhost ~]# grep saved /boot/grub2/grubenv
saved_entry=2
[root@localhost ~]# grub2-mkconfig -o /boot/grub2/grub.cfg
Generating grub configuration file ...
done

reboot

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Mengganti Kernel Default pada Rocky Linux . Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *