Wednesday, June 12, 2024
Lisensi Mikrotik

RouterOS License

license

“RouterOS License”

Pengantar

RouterOS License adalah jenis lisensi yang diberikan oleh MikroTik untuk mengaktifkan dan menggunakan sistem operasi RouterOS pada perangkat keras MikroTik. RouterOS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh MikroTik untuk mengelola perangkat jaringan mereka, seperti router dan switch.

Lisensi RouterOS menentukan sejauh mana fitur dan fungsionalitas tertentu dapat diakses dan digunakan pada perangkat MikroTik. Jenis lisensi ini juga dapat mempengaruhi kapasitas maksimum dari beberapa fitur dan layanan pada perangkat tersebut.

Aspek dan Jenis Lisensi

Berikut adalah beberapa aspek dan jenis lisensi RouterOS yang umumnya ditemui:

  1. Level Lisensi:
    • RouterOS memiliki beberapa level lisensi, mulai dari Level 3 hingga Level 6. Level ini menentukan sejauh mana fitur tertentu dapat diakses dan digunakan. Level 6 memberikan akses penuh ke semua fitur dan fungsionalitas RouterOS.
  2. License Key:
    • Setiap perangkat MikroTik memerlukan License Key untuk mengaktifkan dan menggunakan RouterOS. License Key adalah kode unik yang diberikan oleh MikroTik dan harus dimasukkan pada perangkat untuk membuka semua fitur dan fungsionalitas yang terkunci.
  3. Paket Lisensi Tambahan:
    • Selain lisensi utama, MikroTik juga menawarkan beberapa paket lisensi tambahan yang dapat diaktifkan untuk fitur-fitur spesifik. Contoh paket lisensi tambahan termasuk lisensi Hotspot, lisensi CAPsMAN (Controlled Access Point Manager), dan lainnya.
  4. RouterBOARD License Level:
    • RouterBOARD adalah merek perangkat keras MikroTik. Level lisensi yang sesuai dengan perangkat RouterBOARD juga perlu dipertimbangkan saat memilih lisensi RouterOS. Sebagai contoh, perangkat RouterBOARD dengan level lisensi 4 hanya dapat menggunakan License Key dengan level 4 atau lebih rendah.
  5. Free License (Demo):
    • RouterOS dapat digunakan secara gratis dalam mode demo untuk mencoba semua fitur selama periode tertentu sebelum memutuskan untuk membeli lisensi.
  6. Cloud Hosted Router (CHR) License:
    • CHR adalah solusi MikroTik untuk menjalankan RouterOS di lingkungan virtual atau cloud. Lisensi CHR dapat dibeli berdasarkan throughput yang diinginkan.
Baca Juga :  Cara Memblokir Aplikasi Game dengan Router Mikrotik Terbaru

Penting untuk memahami jenis lisensi yang sesuai dengan kebutuhan dan perangkat MikroTik Anda sebelum melakukan pembelian dan aktivasi lisensi.

Free license

MikroTik menawarkan “Free License” untuk RouterOS, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan RouterOS secara gratis dalam mode demo. Dalam mode demo, pengguna dapat mencoba semua fitur dan fungsionalitas RouterOS selama periode tertentu tanpa membayar lisensi. Free License ini memungkinkan pengguna untuk menguji dan membiasakan diri dengan sistem operasi MikroTik sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian lisensi penuh.

Beberapa poin penting mengenai Free License MikroTik:

  1. Mode Demo:
    • Free License berfungsi dalam mode demo, yang berarti pengguna dapat mengakses dan menggunakan fitur-fitur penuh RouterOS tanpa membayar. Namun, mode ini memiliki batas waktu tertentu, dan setelah itu, lisensi penuh diperlukan untuk melanjutkan penggunaan.
  2. Batas Waktu:
    • Periode waktu yang ditentukan untuk mode demo dapat bervariasi. Pengguna dapat menggunakan RouterOS dalam mode demo selama beberapa hari atau minggu tertentu tergantung pada kebijakan MikroTik.
  3. Pembatasan Beberapa Fitur:
    • Meskipun mode demo memberikan akses ke sebagian besar fitur RouterOS, ada beberapa fitur tertentu yang dapat memiliki pembatasan atau keterbatasan dalam mode ini. Misalnya, beberapa paket tambahan atau fitur lanjutan mungkin tidak sepenuhnya aktif.
  4. Upgrade ke Lisensi Penuh:
    • Jika pengguna puas dengan pengalaman menggunakan RouterOS dan ingin terus menggunakannya setelah berakhirnya mode demo, mereka dapat memutuskan untuk membeli dan mengaktifkan lisensi penuh. Lisensi penuh memberikan akses tanpa batas ke semua fitur dan fungsionalitas RouterOS.
  5. Lisensi Pada Perangkat MikroTik:
    • Beberapa perangkat MikroTik, terutama yang lebih murah atau yang ditujukan untuk penggunaan rumahan, dapat disertakan dengan lisensi Free License sebagai bagian dari paket penjualan.

Sebelum menggunakan RouterOS dalam mode demo atau membeli lisensi, penting untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku. Informasi terbaru dan detail lebih lanjut dapat ditemukan di situs web resmi MikroTik atau kontak langsung dengan distributor atau reseller MikroTik terpercaya.

Yang Mencakup License Gratis :

  1. Lisensi Level 0
  2. Lisensi Level 1

Paid License

Paid License MikroTik adalah lisensi yang dibeli dan diaktifkan untuk RouterOS pada perangkat MikroTik. Lisensi ini memberikan akses penuh dan tanpa batas ke semua fitur dan fungsionalitas RouterOS, tanpa pembatasan waktu seperti yang ditemui dalam mode demo dari Free License. Dengan membeli lisensi berbayar, pengguna dapat menggunakan perangkat MikroTik secara komersial dan memanfaatkan seluruh kapabilitas RouterOS.

Beberapa poin penting mengenai Paid License MikroTik:

  1. Akses Penuh ke Fitur:
    • Dengan lisensi berbayar, pengguna mendapatkan akses penuh ke semua fitur dan fungsi RouterOS. Ini mencakup berbagai fitur jaringan, manajemen pengguna, keamanan, routing, dan banyak lagi.
  2. Tidak Ada Batasan Waktu:
    • Berbeda dengan mode demo pada Free License, lisensi berbayar tidak memiliki batasan waktu. Pengguna dapat terus menggunakan RouterOS tanpa harus khawatir tentang lisensi kadaluwarsa.
  3. Diperlukan untuk Penggunaan Komersial:
    • Lisensi berbayar diperlukan jika RouterOS akan digunakan untuk keperluan komersial atau di lingkungan bisnis. Ini mencakup penggunaan RouterOS pada perangkat jaringan yang mendukung operasi bisnis.
  4. Bervariasi sesuai Level dan Paket Lisensi Tambahan:
    • Biaya dan fitur yang termasuk dalam lisensi berbayar dapat bervariasi berdasarkan level lisensi dan apakah pengguna memilih untuk menambahkan paket lisensi tambahan, seperti lisensi Hotspot atau lisensi CAPsMAN.
  5. Pembelian melalui Distributor Resmi atau Reseller:
    • Lisensi MikroTik dapat dibeli melalui distributor resmi atau reseller MikroTik yang sah. Dianjurkan untuk membeli lisensi hanya dari sumber-sumber terpercaya untuk memastikan keaslian dan dukungan yang baik.
  6. Upaya Dukungan dan Pembaruan:
    • Pengguna dengan lisensi berbayar biasanya mendapatkan dukungan teknis yang lebih baik dari MikroTik, serta mendapatkan akses ke pembaruan perangkat lunak yang terkini.

Penting untuk membaca syarat dan ketentuan lisensi serta memahami level dan fitur yang termasuk dalam lisensi yang dibeli. Informasi ini dapat ditemukan di situs web resmi MikroTik atau melalui distributor dan reseller resmi mereka.

Yang Mencakup License Berbayar :

  1. Lisensi Level 4
  2. Lisensi Level 5
  3. Lisensi Level 6

Cara Cek Lisensi RouterOS Mikrotik

Untuk memeriksa status lisensi RouterOS MikroTik, Anda dapat melakukannya melalui antarmuka pengguna (Winbox) atau menggunakan Command Line Interface (CLI). Berikut adalah cara memeriksa lisensi RouterOS MikroTik menggunakan Winbox:

Baca Juga :  Cannot Read License File Cpanel Setelah Ganti IP Public
  1. Menggunakan Winbox:
    • Buka aplikasi Winbox dan terhubung ke perangkat MikroTik.
    • Pada jendela utama Winbox, lihat di bagian atas untuk melihat status lisensi. Anda dapat menemukan informasi tentang level lisensi, waktu pembaruan terakhir, dan informasi lisensi lainnya.
  2. Menggunakan Command Line Interface (CLI):
    • Buka aplikasi Terminal atau koneksi SSH ke perangkat MikroTik.
    • Gunakan perintah berikut untuk melihat informasi lisensi:bashCopy code/system license print Hasilnya akan menampilkan informasi lisensi seperti level lisensi, tipe lisensi, tanggal kedaluwarsa, dan lainnya.
    • Anda juga dapat menggunakan perintah berikut untuk melihat informasi lebih rinci tentang lisensi:bashCopy code/system license print detail Ini akan memberikan informasi lebih rinci tentang lisensi, termasuk ID lisensi dan waktu pembaruan terakhir.
    Pastikan bahwa Anda memiliki hak administratif yang memadai untuk melihat informasi lisensi. Jika Anda tidak memiliki izin yang cukup, hubungi administrator jaringan atau orang yang bertanggung jawab atas perangkat MikroTik tersebut.

Perlu diingat bahwa informasi ini sesuai dengan status pengetahuan saya hingga Januari 2022, dan antarmuka atau perintah tertentu mungkin mengalami perubahan dalam versi perangkat lunak MikroTik yang lebih baru. Jika Anda memiliki versi RouterOS yang lebih baru, disarankan untuk merujuk ke dokumentasi resmi MikroTik atau sumber daya lainnya yang diperbarui.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai RouterOS License. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 552 times, 1 visits today)

Similar Posts