Saturday, May 18, 2024
Centos Centos 8 Debian Linux Ubuntu

Solusi Minimal BASH like line editing is supported GRUB Error di Linux

error

“Solusi Minimal BASH like line editing is supported GRUB Error di Linux”

Pengantar

rror “Minimal BASH-like line editing is supported” pada GRUB merupakan pesan kesalahan yang umumnya muncul saat ada masalah dalam proses booting sistem operasi. Pesan ini menandakan bahwa GRUB tidak dapat menemukan konfigurasi atau file yang diperlukan untuk melanjutkan proses booting.

Beberapa penyebab umum dari pesan kesalahan ini meliputi:

  1. Konfigurasi GRUB yang Rusak atau Salah: Pengaturan yang tidak benar atau perubahan pada file konfigurasi GRUB dapat menyebabkan kesalahan ini.
  2. Perubahan pada Partisi Boot atau File yang Terhapus: Jika terjadi perubahan pada partisi boot atau file sistem yang dibutuhkan oleh GRUB, maka GRUB tidak dapat menemukan file-file tersebut.

Solusi

Untuk mengatasi masalah ini, berikut beberapa langkah yang bisa dicoba:

Metode 1: Menggunakan Perintah GRUB

  1. Atur Parameter Boot Secara Manual: Cobalah untuk mengatur parameter boot secara manual menggunakan perintah-perintah GRUB. Gunakan perintah ls untuk menampilkan daftar partisi dan perintah set untuk mengatur nilai-nilai yang benar.
  2. Perbaiki Bootloader: Lakukan perbaikan bootloader dengan menjalankan perintah-perintah seperti insmod, set, dan linux/initrd untuk menentukan lokasi boot yang benar, lalu coba untuk booting.

Metode 2: Menggunakan Live USB/DVD

  1. Boot dari Live USB/DVD: Boot sistem Anda menggunakan Live USB/DVD dari sistem operasi yang terpasang.
  2. Akses Sistem yang Terpasang: Setelah masuk ke lingkungan Live, akses terminal dan mount partisi sistem Anda di mana OS terpasang (misalnya, /dev/sda1).
  3. Reinstall atau Perbaiki GRUB: Lakukan reinstall atau perbaikan GRUB menggunakan perintah-perintah seperti grub-install untuk menginstal ulang GRUB ke dalam partisi yang benar.
Baca Juga :  Cara installasi webmin di vps / dedicated centos

Perlu diingat bahwa langkah-langkah ini bergantung pada situasi spesifik pada sistem Anda. Jika tidak yakin atau merasa tidak nyaman dengan proses ini, disarankan untuk meminta bantuan dari seseorang yang memiliki pengalaman dalam penanganan masalah GRUB atau dari teknisi komputer.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Solusi Minimal BASH like line editing is supported GRUB Error di Linux. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 108 times, 1 visits today)

Similar Posts