Monday, July 4, 2022
Amazon Linux AWS ProxySQL

Cara Install ProxySQL pada Amazon Linux

proxysql

“Cara Install ProxySQL pada Amazon Linux

Pengantar

kita dapat mengetahui bahwa proxysql berasal dari kata proxy dan sql. Proxy yang berarti perantara dan sql(Structured Query Language). Proxysql merupakan sebuah proxy produk mysql yang berbasis opensource. Proxysql ini menjadi penghubung antara backend server dan database server. Proxysql hanya support untuk produk produk mysql lainnya seperti mysql, mariadb, percona dan galera cluster.

Kelebihan Proxysql


Jika Haproxy hanya bisa menggunakan 1 algoritma(Least conn, round robin atau source) saat pengimplementasian, lain halnya dengan proxysql. Proxysql dapat mengimplementasikan ketiga algoritma tersebut sekaligus. Kita juga sangat mudah dalam pengkonfigurasian proxysql ini dikarenakan pengoperasiannya 99% mirip dengan pengoperasian mysql cli.

Cara Kerja

1.  Query Routing Query select dapat diarahkan ke server yang kita inginkan( 1 atau lebih server). Demikian pula dengan query write, call, maupun select for update.

2.  Query caching Kita dapat melakukan pengecekan query yang paling sering di hit,  maupun yang paling lama saat di hit. Dan query query tersebut dapat kita arahkan ke server yang kita inginkan.

Install ProxySQL pada Amazon Linux

  • Tambah repositori
sudo tee /etc/yum.repos.d/proxysql.repo<<EOF
[proxysql_repo]
name= ProxySQL YUM repository
baseurl=https://repo.proxysql.com/ProxySQL/proxysql-2.0.x/centos/latest
gpgcheck=1
gpgkey=https://repo.proxysql.com/ProxySQL/repo_pub_key
EOF
  • Update yum
sudo yum makecache
  • Install proxysql
sudo yum install proxysql
  • start service
sudo systemctl enable --now proxysql

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Install ProxySQL pada Amazon Linux. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 48 times, 1 visits today)
Klik untuk berbagi dengan orang lain
Baca Juga :  Membuat Instance AWS EC2 untuk Pemula

Similar Posts