Tuesday, June 11, 2024
Access Point Modem ZTE Router

Cara Setting Modem ZTE Menjadi Router

router

“Cara Setting Modem ZTE Menjadi Router”

Pengantar

Modem ZTE adalah perangkat modem yang diproduksi oleh perusahaan ZTE Corporation, perusahaan teknologi asal Tiongkok. Modem ZTE digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer atau jaringan ke internet atau jaringan data seluler. Modem ZTE dapat beragam jenis, termasuk modem DSL, modem kabel, modem fiber optik, dan modem seluler. Mereka digunakan oleh individu dan perusahaan untuk mengakses internet atau menghubungkan perangkat mereka ke jaringan seluler.

ZTE Corporation adalah salah satu produsen peralatan telekomunikasi terkemuka di dunia dan memproduksi berbagai produk, termasuk modem, router, perangkat seluler, dan peralatan jaringan lainnya. Modem ZTE biasanya dapat dihubungkan ke komputer atau perangkat lain melalui kabel atau nirkabel, seperti Wi-Fi, untuk memberikan akses internet atau konektivitas data seluler.

Jika Anda memiliki modem ZTE dan memerlukan informasi lebih lanjut atau bantuan dalam penggunaannya, Anda dapat merujuk ke panduan pengguna yang disertakan dengan perangkat atau menghubungi dukungan pelanggan ZTE.

Keunggulan


ZTE adalah perusahaan teknologi asal Tiongkok yang memproduksi berbagai perangkat, termasuk modem. Keunggulan dari modem ZTE bisa bervariasi tergantung pada model dan spesifikasinya. Namun, beberapa keunggulan umum yang mungkin dimiliki oleh modem ZTE meliputi:

  1. Harga Terjangkau: ZTE seringkali menawarkan modem dengan harga yang kompetitif, membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis bagi banyak konsumen.
  2. Kualitas Konstruksi: ZTE biasanya memproduksi modem yang memiliki kualitas konstruksi yang baik, dengan bahan yang tahan lama.
  3. Dukungan untuk Berbagai Standar: Modem ZTE dapat mendukung berbagai standar jaringan, termasuk 3G, 4G, dan 5G, yang memungkinkan pengguna mengakses koneksi internet dengan kecepatan tinggi.
  4. Kinerja yang Stabil: Modem ZTE biasanya dirancang untuk memberikan kinerja yang stabil dan andal, sehingga pengguna dapat mengakses internet tanpa gangguan yang signifikan.
  5. Mudah Digunakan: Modem ZTE seringkali memiliki antarmuka pengguna yang mudah digunakan, membuatnya cocok untuk pengguna yang kurang berpengalaman dalam hal teknologi.
  6. Dukungan Layanan Pelanggan: ZTE biasanya menyediakan dukungan pelanggan yang baik, termasuk panduan pengguna, situs web dukungan, dan pusat layanan pelanggan.
  7. Desain Kompak: Beberapa modem ZTE memiliki desain yang kompak dan portabel, memudahkan pengguna untuk membawa mereka saat bepergian.
  8. Fitur Tambahan: Modem ZTE mungkin dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan, seperti slot kartu SIM ganda, konektivitas Wi-Fi, dan opsi manajemen jaringan yang canggih.
Baca Juga :  Membuat Jaringan Internet Untuk Gedung 4 Lantai Dengan 2 ISP – Part 6 – Setup AP untuk Jaringan Office Mikrotik

Cara Setting Modem ZTE Menjadi Router

Alat yang Diperlukan :

1. Laptop atau komputer yang masih normal.

2. Satu perangkat modem ZTE.

3. Kabel LAN utp dengan konektor RJ45.

Cara Setting Modem ZTE menjadi Router dan Langkah-Langkahnya :

  • Hidupkan dan hubungkan modem tersebut ke laptop atau komputer kamu dengan kabel LAN.
  • Jika sudah terhubung, buka alamat http://192.168.1.1 dengan browser yang sudah terpasang seperti Google Chrome, Mozilla Firefox dan sebagainya.
  • Kemudian buat jaringan baru, dengan create di bagian bawah untuk menyimpannya
  • Selanjutnya, cara setting modem ZTE menjadi router yang harus kamu lakukan adalah port binding jaringan tersebut dengan klik semua pilihan, lalu submit untuk menyimpannya. 
  • Kemudian, buka WLAN pada bagian network dan atur secara otomatis, dan melakukan konfigurasi sesuai pemakaian. Selanjutnya klik submit untuk menyimpan konfigurasi.
  • Setelah mengatur konfigurasi, kamu bisa mengganti nama SSID sesuai keinginan. 
  • Kemudian SSID tersebut bisa kamu gunakan dalam bentuk berbeda hingga 4 kali selanjutnya klik tombol submit untuk menyimpan konfigurasi
  • Pada bagian security, kamu bisa mengatur kata sandi sesuai kebutuhan dengan enkripsi WPA/WPA2-PSK agar lebih aman, lalu submit.
  • Buka bagian LAN dan atur alamat IP Address dan ubah angka 254, untuk subnet mengisi default 255.255.255.0, Checklist DHCP server dan isi IP belakang mulai dari 2 hingga 253, DNS dan default gateway sesuaikan dengan IP Address LAN, lalu nominal belakang diganti satu, kemudian isi angka 86400 sec dan submit.
  • Setelah selesai mengaturnya, tunggu beberapa saat kemudian biarkan modem melakukan reboot otomatis (untuk beberapa varian tidak melakukan proses reboot setelah konfigurasi).
  • Silahkan coba connect via wifi
Baca Juga :  Cara Setup Acces Point Unifi

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Setting Modem ZTE Menjadi Router. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 143 times, 1 visits today)

Similar Posts