Membuat Watermark Pada Channel Youtube

“Cara Membuat Watermark Pada Channel Youtube”

Watermark atau tanda air sering kali kita jumpai di dalam sebuah karya atau konten. Watermark merupakan sebuah logo atau identitas pencipta, saat menciptakan sebuah karya atau konten. Watermark juga merupakan hak cipta yang dimiliki oleh seorang konten kreator, agar karyanya tidak dicuri atau diklaim oleh orang lain.

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, watermark merupakan sebuah tanda yang ada di dalam kertas, yang tampak samar-samar jika terkena sinar. Seperti yang terdapat di dalam uang kertas. Watermark di uang kertas, hanya bisa dilihat dengan sinar. Watermark ini digunakan sebagai penanda uang yang legal.

Tetapi di era digital ini, watermark tidak hanya digunakan untuk tanda di dalam kertas saja. Watermark juga digunakan dalam sebuah karya digital seperti foto, ilustrasi, video dan desain-desain digital lainnya.

Fungsi Watermark

Watermark sangat penting dalam membuat sebuah konten atau karya. Karena watermark memiliki fungsi utama untuk melindungi hasil karya atau konten, agar tidak di klaim atau dicuri orang lain.

Selain watermark digunakan untuk penanda karya asli dari sang pencipta, watermark juga memiliki fungsi sebagai sarana promosi seperti logo. Baik untuk promosi perusahaan yang menciptakan karya atau konten tersebut, dan juga untuk promosi diri sendiri sebagai pencipta karya atau konten.

Watermark yang tampak pada sebuah karya atau konten, bisa membuat penikmat karya mudah mengenali karya yang kamu buat. Hal ini juga bisa membuat karyamu mudah untuk dicari, dan membuat karya dan namamu lebih populer dikalangan penikmat karya.

Tutorial

1. Login ke Youtube Channel anda

2. kemudian klik logo channel di pojok kanan nanti akan tampil menu , pilih menu Youtube Studio

Baca Juga :  Cara Download Video Youtube untuk Pemula

3. Kemudian pilih menu Custumization atau Penyesuaian

4. Setelah itu pilih menu branding

5. lalu Scroll ke bawah ada menu Video watermark, anda upload image watermark yang anda sudah siapkan

6. Jika sudah di upload . Langsung publish.


Tutorial Via Video

Klik untuk berbagi dengan orang lain
%d bloggers like this: