5G Techno Info Tips

Kelebihan Jaringan 5G

5G

“Kelebihan Jaringan 5G”

Seiring pesatnya perkembangan di dunia teknologi , semua negara berlomba – lomba mengembangkan teknologi yang sudah ada bahkan membuat teknologi baru yang bisa bisa membuat suatu negara menjadi lebih powerfull dari sisi teknologi di banding negara lain nya. Hal inilah yang membuat raksasa teknologi asal China, Huawei Technologies gencar mengembangkan teknologi 5G.

Teknologi 5G merupakan jaringan seluler generasi kelima (fifth generation / 5G) yang menjanjikan kecepatan pengunduhan dan pengunggahan data 10 sampai 20 kali lebih cepat dari kecepatan internet generasi sebelumnya.

Kelebihan Jaringan 5G

1. Kecepatan Maksimal

Dibandingkan 4G, 5G menawarkan bandwidth dan kapasitas yang jauh lebih besar dan tinggi. Secara teori kecepatan maksimal 4G adalah di kisaran 300 Mbs. Angka ini tentu jauh berbeda dengan kenyataan yang ada, karena realitanya kecepatan 4G rata-rata berada di kisaran 40 – 60 Mbps saja.

Untuk kecepatan 5G ini bisa mencapai 1 Gbps , Bahkan perusahaan teknologi seperti Huawei mengklaim telah menciptakan sebuah modem 5G dengan kecepatan maksimum mencapai 6,5 Gbps.

2. Kecepatan Upload

Jaringan 5G memiliki kecepatan upload yang bisa mencapai 23,7 Mbps.

3. Kekuatan Sinyal

Dengan penggunaan gelombang yang lebih pendek jaringan 5G memiliki sebaran sinyal yang lebih baik, terarah dan tidak menimbulkan gangguan.

4. Kecerdasan Perangkat

Dengan teknik radio kognitif yang dapat mengidentifikasi tiap perangkat, jaringan 5G mampu membedakan perangkat tetap/fixed dan mobile.

5. Latency

Latency adalah lama waktu yang dibutuhkan data untuk sampai ke tujuan yang diukur dalam satuan mili detik. Dimana semakin kecil latency maka jaringan tersebut semakin baik. Jaringan 5G justru menawarkan latency yang jauh lebih singkat. Standar latency rendah milik 5G biasa disebut sebagai URLLC: ultra-reliable, low-latency connections.

Baca Juga :  Cara Daftar Twitter untuk Pemula 2021

6. Berdampak ke Ekonomi Global

Melalui studi Ekonomi 5G yang penting, kami menemukan bahwa efek ekonomi penuh 5G kemungkinan akan terwujud di seluruh dunia pada tahun 2035—mendukung berbagai industri dan berpotensi memungkinkan barang dan jasa senilai hingga $13,1 triliun.

Dampak ini jauh lebih besar dari generasi jaringan sebelumnya. Persyaratan pengembangan jaringan 5G baru juga berkembang melampaui pemain jaringan seluler tradisional ke industri seperti industri otomotif.

Studi ini juga mengungkapkan bahwa rantai nilai 5G (termasuk OEM, operator, pembuat konten, pengembang aplikasi, dan konsumen) sendiri dapat mendukung hingga 22,8 juta pekerjaan, atau lebih dari satu pekerjaan untuk setiap orang di Beijing, Cina. Dan masih banyak lagi aplikasi yang muncul dan baru yang masih akan didefinisikan di masa depan. Hanya waktu yang akan memberi tahu seperti apa “efek 5G” penuh pada ekonomi nantinya.

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Kelebihan Jaringan 5G. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

Klik untuk berbagi dengan orang lain

Similar Posts