Monday, June 10, 2024
Windows

Solusi Baterai Laptop tidak bisa di Charger (Plugged In Not Charging) Windows 11

not

“Solusi Baterai Laptop tidak bisa di Charger (Plugged In Not Charging) Windows 11”

Pengantar

Pesan “Baterai Laptop Plugged In Not Charging” adalah pesan yang sering muncul ketika laptop terhubung ke daya listrik (plugged in), tetapi baterai tidak mengisi daya. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, dan berikut adalah beberapa penyebab umum serta langkah-langkah yang dapat Anda coba untuk memperbaikinya:

Penyebab Umum:

  1. Kabel atau Sambungan Rusak: Mungkin ada masalah dengan kabel daya atau konektor laptop yang menyebabkan pengisian daya yang tidak berfungsi.
  2. Baterai Tua atau Rusak: Baterai yang sudah tua atau rusak mungkin tidak lagi dapat mengisi daya dengan benar, dan perlu diganti.
  3. Driver Baterai Ketinggalan Zaman: Driver baterai yang ketinggalan zaman atau rusak di sistem operasi Anda mungkin menyebabkan masalah dengan pengisian daya.
  4. Kondisi Fisik Baterai: Kadang-kadang kondisi fisik baterai, seperti keausan atau kerusakan fisik, dapat memengaruhi kemampuan baterai untuk mengisi daya.
  5. Masalah Perangkat Keras: Masalah dengan perangkat keras laptop, seperti masalah pada port daya atau motherboard, juga dapat menyebabkan masalah pengisian daya.

Solusi Baterai Laptop tidak bisa di Charger (Plugged In Not Charging) Windows 11

Langkah-langkah Perbaikan:

  1. Periksa Kabel Daya dan Konektor: Pastikan kabel daya terhubung dengan baik ke laptop dan sumber daya listrik, dan tidak rusak atau aus. Pastikan juga konektor laptop tidak kotor atau rusak.
  2. Periksa Baterai dan Port Daya: Bersihkan kontak baterai dan port daya laptop dengan lembut menggunakan kompresi udara atau kain bersih. Pastikan tidak ada debu atau kotoran yang menghalangi kontak yang baik.
  3. Restart Laptop: Coba restart laptop Anda untuk melihat apakah masalahnya sementara.
  4. Periksa Driver Baterai: Perbarui atau reinstal driver baterai melalui “Device Manager” di Windows.
  5. Nonaktifkan dan Aktifkan Ulang Baterai: Nonaktifkan driver baterai melalui “Device Manager”, cabut baterai laptop (jika dapat dilepas), lalu pasang kembali baterai dan aktifkan driver baterai kembali.
  6. Lakukan Pemulihan Sistem: Jika masalahnya baru terjadi setelah instalasi perangkat lunak tertentu, coba lakukan pemulihan sistem ke titik pemulihan sebelum masalah terjadi.
  7. Ganti Baterai: Jika baterai sudah tua atau rusak, pertimbangkan untuk menggantinya dengan baterai baru.
  8. Periksa dengan Teknisi: Jika Anda tidak yakin cara mengatasi masalahnya, pertimbangkan untuk membawa laptop Anda ke teknisi komputer untuk diperiksa lebih lanjut.
Baca Juga :  Solusi Low Disk Space pada Windows 11

Pesan “Baterai Laptop Plugged In Not Charging” bisa disebabkan oleh berbagai faktor, dan langkah-langkah di atas dapat membantu Anda menentukan penyebabnya dan memperbaiki masalahnya.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Solusi Baterai Laptop tidak bisa di Charger (Plugged In Not Charging) Windows 11. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 25 times, 1 visits today)

Similar Posts