Sunday, May 29, 2022
Debian Linux Mint Ubuntu Wine

Cara Install Wine pada Ubuntu 20.04 / Debian 11 / Linux Mint

wine

“Cara Install Wine pada Ubuntu 20.04 / Debian 11 / Linux Mint”

Pendahuluan

Wine adalah lapisan kompatibilitas sumber terbuka yang memungkinkan Anda menjalankan aplikasi Windows pada sistem operasi mirip Unix seperti Linux, FreeBSD, dan macOS. Wine adalah akronim dari “Wine Is Not an Emulator”. Ini menerjemahkan panggilan sistem Windows ke panggilan POSIX setara yang digunakan oleh sistem operasi berbasis Unix, memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan program Windows dengan mulus ke lingkungan desktop Anda.

Tidak semua aplikasi Windows akan berjalan di Wine, dan bahkan jika mereka melakukannya, mereka mungkin tidak berperilaku seperti biasanya. Wine AppDB adalah database yang berisi daftar aplikasi yang telah diuji dan dikonfirmasi untuk bekerja di bawah Wine.

Wine tidak selalu merupakan pilihan terbaik untuk menjalankan program Windows di Linux. Anda juga dapat menggunakan alat virtualisasi seperti VirtualBox atau VMware , tetapi mereka membutuhkan lebih banyak sumber daya sistem dan file instalasi Windows.

Install Wine pada Ubuntu 20.04 / Debian 11 / Linux Mint

sudo dpkg --add-architecture i386
sudo apt update
  • Install Wine
sudo apt install wine64 wine32
  • Cek Versi
wine --version

Konfigurasi Wine

winecfg

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Install Wine pada Ubuntu 20.04 / Debian 11 / Linux Mint. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 144 times, 1 visits today)
Klik untuk berbagi dengan orang lain
Baca Juga :  Cara Install Wine 7 pada Linux Mint 20

Similar Posts