Friday, March 1, 2024
Netdata Rocky Linux

Install Netdata pada Rocky Linux

netdata

“Install Netdata pada Rocky Linux”

Pengantar

Netdata adalah sebuah perangkat lunak pemantauan kinerja sistem yang dirancang untuk memberikan visibilitas real-time terhadap berbagai metrik sistem dan jaringan. Netdata dapat dipasang pada sebagian besar sistem operasi dan memberikan informasi terperinci tentang penggunaan CPU, memori, disk, jaringan, serta statistik aplikasi dan layanan lainnya.

Netdata berbeda dengan banyak solusi pemantauan tradisional karena kemampuannya untuk memberikan data secara real-time dengan latensi yang sangat rendah. Ini memungkinkan pengguna untuk melihat dan menganalisis performa sistem secara mendalam dengan pembaruan yang hampir instan.

Perangkat lunak ini juga dilengkapi dengan antarmuka pengguna web yang intuitif dan dapat disesuaikan. Netdata mendukung grafik interaktif, pemberitahuan, dan integrasi dengan alat-alat lain seperti Grafana untuk visualisasi data yang lebih lanjut.

Netdata sangat berguna untuk mengawasi kesehatan sistem, mendeteksi masalah kinerja dengan cepat, dan mengoptimalkan konfigurasi untuk meningkatkan efisiensi. Hal ini berguna bagi administrator sistem, pengembang perangkat lunak, dan siapa saja yang ingin memantau dan memahami performa sistem secara real-time.

Kelebihan dan Kekurangan

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Netdata:

Kelebihan Netdata:

  1. Real-time dan Responsif: Netdata memberikan data pemantauan sistem dengan pembaruan real-time dan latensi yang sangat rendah, sehingga memungkinkan pengguna untuk melihat perubahan dan masalah dengan cepat.
  2. Antarmuka Pengguna Intuitif: Netdata dilengkapi dengan antarmuka web yang user-friendly, dengan grafik interaktif yang mudah dipahami dan dikustomisasi.
  3. Komprehensif: Netdata menyediakan informasi detail tentang berbagai aspek kinerja sistem, termasuk penggunaan CPU, memori, disk, jaringan, serta statistik aplikasi dan layanan lainnya.
  4. Pemberitahuan dan Integrasi: Netdata mendukung pemberitahuan yang dapat disesuaikan, memungkinkan pengguna untuk menerima notifikasi tentang perubahan atau masalah kinerja sistem. Selain itu, Netdata dapat diintegrasikan dengan alat-alat lain seperti Grafana untuk visualisasi data yang lebih lanjut.
Baca Juga :  Install Gitlab pada Rocky Linux

Kekurangan Netdata:

  1. Tidak Skalabel secara Horisontal: Meskipun Netdata sangat efektif dalam memantau kinerja sistem pada satu mesin, penggunaan Netdata pada lingkungan dengan ribuan mesin atau server yang tersebar dapat menjadi tantangan.
  2. Konsumsi Sumber Daya: Netdata dapat menggunakan sejumlah sumber daya sistem untuk mengumpulkan dan menyajikan data pemantauan secara real-time. Pada sistem dengan sumber daya terbatas, hal ini dapat berdampak pada kinerja keseluruhan sistem.
  3. Kurangnya Fungsionalitas Pemantauan Jarak Jauh: Netdata umumnya dirancang untuk pemantauan lokal pada mesin tempat ia diinstal. Fungsionalitas pemantauan jarak jauh yang lengkap mungkin membutuhkan konfigurasi dan pengaturan tambahan.

Meskipun Netdata memiliki beberapa kekurangan, kelebihan-kelebihan yang ditawarkan dalam hal pemantauan sistem real-time yang responsif dan antarmuka pengguna yang intuitif membuatnya menjadi pilihan yang populer bagi administrator sistem dan pengembang perangkat lunak.

Install Netdata

# install epel release
dnf install epel-release -y

# Update server
dnf update -y

# Install dependensi
dnf install git libuuid-devel autoconf automake pkgconfig zlib-devel curl findutils libmnl gcc make -y

# Clone Git
git clone https://github.com/netdata/netdata.git --depth=100
cd netdata

./packaging/installer/install-required-packages.sh --non-interactive --dont-wait netdata

dnf --enablerepo=powertools install libuv-devel
./netdata-installer.sh

# Service netdata
systemctl start netdata
systemctl enable netdata
systemctl status netdata

# firewall config

firewall-cmd --permanent --add-port=19999/tcp
firewall-cmd --reload

# Akses

http://<Enter Your IP Here>:19999/

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Install Netdata pada Rocky Linux. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 56 times, 1 visits today)

Similar Posts