Berkenalan Dengan DuckDuckGo , Browser Masa Kini

“Berkenalan Dengan DuckDuckGo , Browser Masa Kini”

Pengertian

Duckduckgo adalah search engine yang memprioritaskan privasi dan keamanan pribadi para penggunanya. Di halaman official websitenya, Duckduckgo menyampaikan bahwa misi mereka ialah guna menciptakan standar baru tentang kepercayaan online. Jadi, tidak ada tempat untuk iklan remarketing di Duckduckgo.

Duckduckgo adalah mesin pencari yang tidak akan melacak aktivitas penggunanya. Mesin pencari ini tidak akan menggunakan cookie, tidak mengumpulkan alamat IP, serta tidak mengharuskan penggunanya untuk membuat profil pribadi.

Ketika menggunakan Duckduckgo, Anda akan terhindar dari filter bubble yang biasanya digunakan oleh sebagian besar search engine. Jadi, ketika Anda melakukan pencarian melalui Duckduckgo, Anda akan memperoleh hasil atau rekomendasi yang sama persis dengan pengguna lainnya. Artinya, hasil pencarian tidak akan disesuaikan dengan riwayat pencarian dan preferensi masing-masing penggunanya. 

Saat ini sebagian besar orang beranggapan bahwa privasi merupakan salah satu hal yang sulit dijaga di internet. Namun Duckduckgo hadir untuk mengatasinya. Di halaman official websitenya, Duckduckgo menyampaikan bahwa misi mereka adalah untuk menciptakan standar baru mengenai kepercayaan online.

Fitur andalan dari duckduckgo

1. Duckduckgo tidak melacak Anda

Sebagai search engine yang menjaga users privasi, Duckduckgo tidak akan melacak informasi pribadi atau aktivitas pencarian yang dilakukan oleh para penggunanya. Search engine ini juga tidak akan menampilkan riwayat pencarian sehingga semua pencarian akan terlihat seperti belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

2. Mendapatkan hasil pencarian yang tidak bias

Dengan Duckduckgo, Anda akan memperoleh hasil pencarian yang tidak bias. Hal ini terjadi karena Duckduckgo menghindari filter bubble dimana pencarian akan dipersonalisasi berdasarkan informasi tentang pengguna seperti perilaku klik atau riwayat penelusuran sebelumnya.

Jadi, ketika melakukan penelusuran, Duckduckgo akan menampilkan hasil tanpa mengetahui background penggunanya. Itulah sebabnya mengapa Duckduckgo bisa menjadi search engine yang baik untuk mencari sumber-sumber informasi untuk sebuah topik penelitian yang mudah terpengaruh oleh bias politik ataupun budaya. 

3. Tidak memiliki banyak iklan

Ketika Anda melakukan pencarian melalui Google, Anda dapat melihat banyak ads di halaman pertama. Berbeda dengan Duckduckgo yang meminimalkan tampilan iklan di dalam hasil penelusurannya. Iklan yang ditampilkan juga hanya berdasarkan kata kunci yang diinput oleh users, bukan berdasarkan profil pribadi atau riwayat pencarian sebelumnya.

4. Tidak ada Google Remarketing

Google remarketing atau retargeting adalah cara yang dipergunakan oleh para pengiklan di Google Ads untuk mengikuti calon pelanggan kemanapun mereka pergi di internet setelah mereka mengunjungi situs web mereka. Ketika menggunakan Duckduckgo, Anda tidak akan terganggu dengan iklan-iklan tersebut karena Duckduckgo tidak akan menyimpan riwayat pencarian Anda. 

5. Fitur !bangs

Salah satu fitur yang diunggulkan oleh Duckduckgo adalah fitur !bangs. Fitur ini merupakan shortcuts yang dapat memberikan hasil pencarian di situs web lain secara langsung. Tanda seru yang Anda pergunakan (!) akan memberitahu Duckduckgo bahwa Anda ingin melakukan pencarian di halaman website tertentu. 

6. Bisa digunakan untuk membuka website atau domain yang di blokir oleh pemerintah

Ada kalanya user ingin membuka website yang di blokir oleh pemerintah . Dengan membuat safe search OFF , maka domain – domain yang di blokir bisa di akses.

Cara Menggunakan Duckduckgo

  • Masukan keyword yang akan di cari , lalu enter

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Berkenalan Dengan DuckDuckGo , Browser Masa Kini . Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

Klik untuk berbagi dengan orang lain
%d bloggers like this: