Monday, June 10, 2024
Adress List Domain Mikrotik

Cara Memblokir Situs Domain Menggunakan Address List Mikrotik

situs

“Cara Memblokir Situs Domain Menggunakan Address List Mikrotik”

Pengantar

Menu “Address List” di MikroTik RouterOS menyediakan tampilan dan manajemen untuk daftar alamat IP dan jangkauan alamat IP yang dapat digunakan dalam berbagai konfigurasi dan kebijakan pada router. Daftar alamat ini dapat digunakan dalam aturan firewall, QoS, dan konfigurasi lainnya. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang menu “Address List”:

  1. Melihat Address List: Anda dapat melihat daftar alamat yang telah ditambahkan ke “Address List” dengan mengakses menu ini. Pergi ke menu dengan perintah berikut di terminal: /ip firewall address-list print
  2. Menambahkan Alamat ke Address List: Untuk menambahkan alamat IP atau jangkauan alamat IP ke “Address List,” gunakan perintah berikut: /ip firewall address-list add list=myList address=192.168.1.1 Gantilah myList dengan nama daftar yang ingin Anda buat dan sesuaikan alamat IP sesuai kebutuhan.
  3. Menggunakan Address List dalam Aturan Firewall: Setelah menambahkan alamat ke “Address List,” Anda dapat menggunakannya dalam aturan firewall untuk mengontrol lalu lintas. Misalnya, memblokir atau memberikan izin akses berdasarkan daftar alamat tertentu: /ip firewall filter add chain=forward src-address-list=myList action=drop Dalam contoh di atas, aturan firewall tersebut akan menjatuhkan semua paket yang berasal dari alamat IP yang terdaftar dalam “myList.”
  4. Mengelola Address List: Untuk mengelola daftar alamat, Anda dapat menggunakan berbagai perintah termasuk pengeditan, penghapusan, dan penyesuaian opsi lainnya. Contoh perintah untuk mengedit: /ip firewall address-list set numbers=1 comment="Updated comment" Gantilah numbers dengan nomor entri pada daftar, dan sesuaikan comment dengan komentar baru yang diinginkan.
  5. Melakukan Pencarian pada Address List: Jika daftar alamat cukup besar, Anda dapat melakukan pencarian menggunakan perintah berikut: /ip firewall address-list find address=192.168.1.1 Ini akan menampilkan nomor entri yang sesuai dengan pencarian alamat IP tertentu.
Baca Juga :  Penjelasan Queue Tree & PCQ serta Penerapannya di Mikrotik

Menu “Address List” di MikroTik memberikan fleksibilitas dalam mengelola dan menggunakan daftar alamat IP untuk keperluan konfigurasi firewall dan kebijakan jaringan lainnya. Pastikan untuk merinci dan mendokumentasikan penggunaan daftar alamat dengan baik untuk memudahkan pemeliharaan jaringan.

Cara Memblokir Situs Domain Menggunakan Address List Mikrotik

  • Coba lookup dengan cmd atau terminal situs / domain yang akan kalian blok , misal bola.com

nslookup bola.com

Misal yang muncul seperti gambar di atas , bola.com memiliki 4 IP adresses

  • Buka WInbox mikrotik
  • Masuk ke menu IP -> Firewall -> Adress List

Copy IP hasil lookup ke adress list.

  • Buat Filter Rules , Masuk ke IP -> Firewall -> Filter Rule

Pada Tab General :

Pilih Chain : forward , Pilih interface yang akan anda blokir misal , ether 2 .

Pada Tab Advanced , masukan Dst. Adress List nya

Pada Tab Action

pilih action : drop

  • SIilahkan coba di test akses domain tersebut dari device yang connect ke ether 2. harusnya domain sudah di blokir.

Penutup

Sahabat Blog Learning & Doing demikianlah penjelasan mengenai Cara Memblokir Situs Domain Menggunakan Address List Mikrotik. Semoga Bermanfaat . Sampai ketemu lagi di postingan berikut nya.

(Visited 58 times, 1 visits today)

Similar Posts